EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5889Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw, Hasil Belajar, Keaktifan SiswaAbstract
Masalah yang melatar belakangi penelitian nbsp; ini yaitu peneliti menemukan adanya masalah pada hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang tingkat SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bahasa Jepang Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan sample 20 orang siswa kelas XII MIPA 2 Pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan angket Dari analisis data tes mengunakan uji statistik dengan menggunakan uji t pada nilai pretest dan posttest ditemukan hasil yang cukup baik pada taraf signifikansi 0 05 maupun taraf signifikansi 0 01 dimana thitung< sub>< em> lebih besar dari ttabel< sub>< em> Hasil dari thitung< sub>< em> adalah 10 373; ttabel< sub>< em> 0 05 = 1 725 dan ttabel< sub>< em> 0 01 = 2 528 Jadi thitung< sub>< em> gt;ttabel< sub>< em> yaitu 10 38 gt;1 725 dan 2 528 Dan analisis data angket keaktifan siswa mencapai 87 625 sesuai dengan kriteria keaktifan yang di sediakan peneliti yakni pada interval 76 100 masuk dalam kriteria sangat aktif Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektiv untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dikelas < p>
References
Aidah S N 2020 Cara Efektif Penerapan dari Model Pembelajaran Yogyakarta: KBM Indonesia
Bellanca J 2011 200 Active Learning Strategies and Projects or Engaging Students Multiple Intellegences Second Edition California: Corwin press
Lensun Sherly 2019 Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru guru Bahasa Jepang di Manado ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 12 1
Octavia S A 2020 Model Model Pembelajaran Yogyakarta: Deepublish
Runtuwarouw J J 2021 EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO Jurnal Inovasi Penelitian 1 11 2249 2254
Sandjaja dan Heriyanto A 2006 Panduan Penelitian Jayapura: PT Prestasi Pustakaraya
Sarajar D R 2021 EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING DI SMA NEGERI I TONDANO KOMPETENSI 1 07 644 654
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Toliwongi M 2021 Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Kaiwa Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6 5 2336 2345