EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON

Authors

  • Christophorus L. Marthinu Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Fitri Ifi Gama Universitas Negeri Manado
  • Mariam F. Toliwongi Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5889

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian  ini yaitu peneliti menemukan adanya masalah pada hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bahasa Jepang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan sample 20 orang siswa kelas XII MIPA 2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (pretest dan posttest) dan angket. Dari analisis data tes mengunakan uji statistik dengan menggunakan uji-t pada nilai pretest dan posttest ditemukan hasil yang cukup baik pada taraf signifikansi 0.05 maupun taraf signifikansi 0.01 dimana thitung lebih besar dari ttabel. Hasil dari thitung adalah 10,373; ttabel (0,05) = 1,725 dan ttabel (0,01) = 2,528. Jadi thitung >ttabel yaitu 10,38>1,725 dan 2,528. Dan analisis data angket keaktifan siswa mencapai 87,625 % sesuai dengan kriteria keaktifan yang di sediakan peneliti yakni pada interval 76% - 100% masuk dalam kriteria sangat aktif. Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektiv untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dikelas.

References

Aidah, S. N. 2020. Cara Efektif Penerapan dari Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Bellanca, J. 2011. 200+ Active Learning Strategies and Projects or Engaging Students’Multiple Intellegences Second Edition. California: Corwin press.

Lensun, Sherly. 2019. Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru-guru Bahasa Jepang di Manado. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1).

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Runtuwarouw, J. J. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2249-2254.

Sandjaja dan Heriyanto, A. 2006. Panduan Penelitian. Jayapura: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sarajar, D. R. (2021). EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING DI SMA NEGERI I TONDANO. KOMPETENSI, 1(07), 644-654.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toliwongi, M. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang “Kaiwa’’. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2336-2345.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Marthinu, C. L., Gama, F. I. ., & Toliwongi, M. F. . (2023). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON. KOMPETENSI, 3(03), 2106-2116. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5889