SIKAP PEMERAN UTAMA DALAM FILM THE GREATEST SHOWMAN KARYA MICHAEL GRACEY DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5908Keywords:
Perubahan Sikap, Film, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan sikap pemeran utama dalam film The Greatest Showman karya Michael Gracey serta implikasinya terhadap pendidikan karakter di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan film The Greatest Showman karya Michael Gracey sebagai sumber data utamanya. Data yang diperoleh dengan teknik simak dan catat (note-taking) kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek perubahan sikap pemeran utama: kognitif, afektif, dan konatif. Film ini memiliki beberapa pesan yang penting bagi pendidikan karakter: keteguhan dalam menggapai mimpi, semangat kekeluargaan, tidak memandang rendah orang lain, berpikir kreatif adalah hal penting untuk mewujudkan cita-cita, dan tidak menjadi serakah karena sukses. Film ini mencerminkan 3 nilai pendidikan karakter: integritas, mandiri, dan bertanggungjawab. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa film ini sangat bermanfaat bagi siswa tingkat SMP sebagai sarana pendidikan karakter. Pesan yang tercermin dalam perubahan sikap pemeran utama film tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat dalam menggapi dan memujudkan cita-cita seseorang.
References
Abidin, J., & Suryani, Y. (2020). Kajian Perilaku Kelompok Dalam Organisasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 97-110.
Agustin, U. M., Mubina, N., & Hakim, A. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Empati Pada Narapidana Kasus Kekerasan Seksual Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Psikologi Prima, 4(2), 53-63.
Akbari, S. (2019, August). Identitas Daerah Dalam Cerita Pendek Karya Muhammad Yusuf. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni (Sesanti) (pp. 234-244).
Apriliany, L., & Hermiati, H. (2021, May). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Arini, W. D., & Baharuddin, B. H. (2022). Analisis Nilai-Nilai Religius Dalam Film Omar & Hana. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 5(2), 130-170.
Arsyad, L., Akhmad, E., & Habibie, A. (2021). Membekali anak usia dini dengan pendidikan karakter: Analisis cerita film animasi Upin dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59-71.
Ashifana, Z. (2019). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Bilal: A New Breed Of Hero (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Aslan, A. (2018). Makna Kurikulum Terhadap Teori Tentang Belajar Pada Perubahan Perilaku Anak Didik. Cross-border, 1(2), 56-65.
Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “nanti kita cerita tentang hari ini (nkcthi)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86.
Habsyah, N. Y. (2020). Penerapan Cinema Therapy dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VIII. QUANTA, 4(1), 20-37.
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.
Mokoginta, K. W., Polii, I. J., & Meruntu, O. S. (2022). Konflik Sosial Drama Korea Start-Up Karya Oh Choong Hwan dan Implikasinya Pada Pendidikan Karakter. KOMPETENSI, 2(05), 1348-1356.
Ovitamaya, E. (2021). Resepsi Penonton Remaja Film Dua Garis Biru Tentang Isu Pendidikan Seks. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 73-85.
Panggabean, S. (2022). Analisis Wacana Dalam Perspektif Linguistik Forensik. Penerbit Adab.
Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu”. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152-164.
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh lingkungan sosial dan sikap remaja terhadap perubahan tata nilai. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3 (1), 8-18.
Putri, W. S. (2018, February). Karya Sastra Asing “Little Women” Novel Klasik Karya Louisa May Alcott Sebagai Sebuah Sarana Alternatif Bagi Pendidikan Karakter Remaja Indonesia. In Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1 (1).
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Ratu, A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Semiotika Perubahan Sikap Tokoh Annelies dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo”. Jurnal Bahtra, 1(2).
Reynata, A. V. E., Fantino, R. A., & Santoso, M. T. (2022). Perubahan Gaya Hidup Hedonisme pada Kalangan Mahasiswa Rantau Di Kota Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 185-193).
Rohman, S., & Wicaksono, A. (Eds.). (2018). Tentang sastra: Orkestrasi teori dan pembelajarannya. Garudhawaca.
Santoso, S., Suyahmo, S., Rachman, M., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi pendidikan karakter pada masa pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 558-563).
Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55-59.
Sumarno, S. (2020). Analisis isi dalam penelitian pembelajaran bahasa dan sastra. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 36-55.
Sutardi, S., & Ernaningsih, E. (2022). Proses Kreatif Menulis Usaha Interpretasi Nilai Pendidikan Dalam Karya Sastra. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 31-40.
Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter pada film Adit dan Sopo Jarwo ditinjau dari aspek pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210.
Ulandari, R., & Suryadi, E. (2022). Perbandingan Unsur Intrinsik Dalam Novel Mariposa Karya Luluk Hf Dan Film Mariposa Sutradara Fajar Bustomi. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2), 34-44.
Umuhidayah, D., Ma'rufah, Y. A., & Rifani, M. (2022). Analisis Resepsi Transgender Dalam Film “Lovely Man”. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 706-714).
Wibowo, E. N. (2018). Relevansi Pendidikan Karakter Dalam Film Kungfu Panda Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 131-156.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wulandari, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman remaja korban broken home (studi kualitatif fenomenologis). Jurnal Empati, 8(1), 1-9.
Yeon, L. (2022). Bingkai Heterosexism Dalam Karya Sastra Indonesia Kontemporer Bertemakan Homoseksualitas. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 12(3), 5.
Yogantari, D. N., Ridwan, R., & Fadlan, A. (2023). Nilai–Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun Islam Omar Dan Hana (Kajian Materi Pendidikan Agama Islam Prasekolah PAUD). Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Yugistyowati, A. (2021). Perubahan Sikap Remaja terhadap Perilaku Seksual Pranikah melalui Edukasi. Tens: Trends of Nursing Science, 2(1), 53-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.