PENERAPAN MENGGAMBAR FLORA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ARSIR DI KELAS VII SMP NEGERI SIAU TIMUR KABUPATEN SITARO

Authors

  • Karel Hains Buno Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Jans Mangare Universitas Negeri Manado
  • Rully Rantung

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5909

Keywords:

Teknik Arsir, Flora, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk mendesripsikan pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Siau Timur, Kabupaten Sitaro, tentang teknik arsir. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran tentang hasil karya siswa dalam menggambar flora dengan menggunakan teknik arsir. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2022 di SMP Negeri 1 Siau Timur dengan melibatkan 12 orang siswa kelas VII.2 sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini disusun dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melalukan pemeriksaan data, reduksi data, klarifikasi data dan penafsiran data. Hasil penelitian memunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menggambar flora menggunakan teknik arsir berada pada kategori kurang. Siswa mengalami kendala dalam membedakan berbagai teknik arsir yang harus digunakan dalam menggambar. Hal lain yang turut berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam menggambar menggunakan tenik arsir adalah kurangnya tenaga pengajar seni rupa.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Aisyah, A. (2014). Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Amiruddin, A. (2019). Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of Education Science, 5(1).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Apriyanto, V. (2007). Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil. PT Kawan Pustaka.

Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem based learning dan argumentation sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197-205.

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233-243.

Azzahrah, F., Hartono, H., & Triyanto, T. (2017). Revitalisasi tari sigeh penguten melalui pendidikan seni budaya di SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Catharsis, 6(1), 38-48.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam pembelajaran matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-43.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5.0. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 182-190.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99-117.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto, W. (2018, February). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 239-247).

Hidayat, K. S. (2020). Kemampuan Menggambar Bentuk Teknik Arsir Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Barru. Skripsi Universitas Muhammadiay Makassar.

Inaku, M. S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 471-482.

Indriyani, S. P. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Pada Siswa Kelas IC-C Semester Ganjil Di SMP Negeri 5 Kota Mojokerto Pada Tahun Pelajarab 2019/2020. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru (JPKG), 2(1), 49-55.

Istiqomah, M., Sepdwiko, D., & Putra, R. E. (2022). PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MODEL ALAT MUSIK TRADISIONAL DENGAN TEKNIK POINTILIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 PALEMBANG. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 7(2).

Marga T. E. (2015). Mastering Pensil 3 Tahap Praktis Mahir Menggambar Dari Nol. SGenta Group.

Matey, M., & Mangare, J. (2019, November). The Learning of Filigree Handcraft Art towards Junior High School Students at Junior High School 2 Lirung in Moronge. In International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019) (pp. 879-882). Atlantis Press.

Megawanti, P. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75-82.

Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(2), 193-206.

Michie, M. (2019). Perbandingan kurikulum 2013 Indonesia dengan kurikulum Australia dengan fokus pada ilmu pengetahuan alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 257-268.

Murtafiah, A., & Sahara, O. A. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Banguntapan. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 3(2).

Nurhadiat. D. (2004). Pendidikan Seni Rupa SMP Kelas 2. Grasindo, Jakarta.

Pratasik, H. F., Pakasi, R., & Rantung, R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspresi Bebas Terhadap Hasil Belajar Membuat Ragam Hias Waruga. KOMPETENSI, 1(02), 261-270.

Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238-251.

Primasari, D. A. G., Dencik, D., & Imansyah, M. (2019, March). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Risal, M. (2016). Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Balusu Kabupaten Barru. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.

Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, T., Sitorus, E., ... & Simarmata, J. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Suparwi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menggambar Model Dengan Teknik Arsir Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Science and Education Journal (SICEDU), 2(1), 89-97.

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55-60.

Tamboto, V., Tulus, A., & Pangkey, F. (2022). Wajah Petani Kecamatan Modoinding Dalam Kanvas. KOMPETENSI, 2(8), 1586-1594.

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100-106.

Windi, W. (2019, May). Pengembangan Model PBM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Media Presentasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 402-411).

Yusra, R., & Jamaris, J. (2021). Pelaksanaan Kerjasama Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 16 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 327-332.

Zubaidah, S. (2018, October). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13, No. 2, pp. 1-18).

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Buno, K. H., Mangare, J., & Rantung, R. (2023). PENERAPAN MENGGAMBAR FLORA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ARSIR DI KELAS VII SMP NEGERI SIAU TIMUR KABUPATEN SITARO. KOMPETENSI, 3(03), 2119-2129. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5909