PENERAPAN MENGGAMBAR FLORA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ARSIR DI KELAS VII SMP NEGERI SIAU TIMUR KABUPATEN SITARO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5909Keywords:
Teknik Arsir, Flora, KreativitasAbstract
Penelitian ini dirancang untuk mendesripsikan pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Siau Timur Kabupaten Sitaro tentang teknik arsir Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran tentang hasil karya siswa dalam menggambar flora dengan menggunakan teknik arsir Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2022 di SMP Negeri 1 Siau Timur dengan melibatkan 12 orang siswa kelas VII 2 sebagai objek penelitiannya Penelitian ini disusun dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara dan studi pustaka Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melalukan pemeriksaan data reduksi data klarifikasi data dan penafsiran data Hasil penelitian memunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menggambar flora menggunakan teknik arsir berada pada kategori kurang Siswa mengalami kendala dalam membedakan berbagai teknik arsir yang harus digunakan dalam menggambar Hal lain yang turut berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam menggambar menggunakan tenik arsir adalah kurangnya tenaga pengajar seni rupa < p>
References
Abidin Z Hudaya A Anjani D 2020 Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid 19 Research and Development Journal of Education 1 1 131 146
Aisyah A 2014 Kemampuan Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep Skripsi Universitas Negeri Makassar
Amiruddin A 2019 Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif Journal of Education Science 5 1
Anggito A Setiawan J 2018 Metodologi penelitian kualitatif CV Jejak Jejak Publisher
Anggraeni R N Fakhriyah F Ahsin M N 2021 Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 2 105 117
Apriyanto V 2007 Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil PT Kawan Pustaka
Ariyanto S R Lestari I W P Hasanah S U Rahmah L Purwanto D V 2020 Problem based learning dan argumentation sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran 6 2 197 205
Azizah I N Widjajanti D B 2019 Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6 2 233 243
Azzahrah F Hartono H Triyanto T 2017 Revitalisasi tari sigeh penguten melalui pendidikan seni budaya di SMP Negeri 1 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Catharsis 6 1 38 48
Badjeber R Purwaningrum J P 2018 Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam pembelajaran matematika di SMP Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1 1 36 43
Buchari A 2018 Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran Jurnal Ilmiah Iqra 12 2 106 124
Fadhilah A N 2022 Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5 0 Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi 2 1 182 190
Farib P M Ikhsan M Subianto M 2019 Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6 1 99 117
Firdausi Y N Asikin M Wuryanto W 2018 February Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities MEA In PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol 1 pp 239 247
Hidayat K S 2020 Kemampuan Menggambar Bentuk Teknik Arsir Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Barru Skripsi Universitas Muhammadiay Makassar
Inaku M S 2022 Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8 1 471 482
Indriyani S P 2021 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Pada Siswa Kelas IC C Semester Ganjil Di SMP Negeri 5 Kota Mojokerto Pada Tahun Pelajarab 2019 2020 Jurnal Profesi dan Keahlian Guru JPKG 2 1 49 55
Istiqomah M Sepdwiko D Putra R E 2022 PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MODEL ALAT MUSIK TRADISIONAL DENGAN TEKNIK POINTILIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 41 PALEMBANG Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya 7 2
Marga T E 2015 Mastering Pensil 3 Tahap Praktis Mahir Menggambar Dari Nol SGenta Group
Matey M Mangare J 2019 November The Learning of Filigree Handcraft Art towards Junior High School Students at Junior High School 2 Lirung in Moronge In International Conference on Social Science 2019 ICSS 2019 pp 879 882 Atlantis Press
Megawanti P 2020 Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19 Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 2 75 82
Meria A 2018 Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian 6 2 193 206
Michie M 2019 Perbandingan kurikulum 2013 Indonesia dengan kurikulum Australia dengan fokus pada ilmu pengetahuan alam Jurnal Penelitian Pendidikan 19 2 257 268
Murtafiah A Sahara O A 2019 Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Banguntapan Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling 3 2
Nurhadiat D 2004 Pendidikan Seni Rupa SMP Kelas 2 Grasindo Jakarta
Pratasik H F Pakasi R Rantung R 2021 Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspresi Bebas Terhadap Hasil Belajar Membuat Ragam Hias Waruga KOMPETENSI 1 02 261 270
Prijanto J H De Kock F 2021 Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11 3 238 251
Primasari D A G Dencik D Imansyah M 2019 March Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Vol 12 No 01
Risal M 2016 Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Balusu Kabupaten Barru Skripsi Universitas Negeri Makassar
Rukin S P 2019 Metodologi penelitian kualitatif Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Salsabila U H Lestari W M Habibah R Andaresta O Yulianingsih D 2020 Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid 19 Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2 2 1 13
Santoso E D Sholihah R A Mu ti Y A 2021 Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6 1 1029 1039
Simarmata N I P Hasibuan A Rofiki I Purba S Tasnim T Sitorus E Simarmata J 2021 Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi Yayasan Kita Menulis
Suparwi S 2023 Peningkatan Keterampilan Menggambar Model Dengan Teknik Arsir Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019 2020 Science and Education Journal SICEDU 2 1 89 97
Susanto S 2020 Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Jurnal Pendidikan Modern 6 1 55 60
Tamboto V Tulus A Pangkey F 2022 Wajah Petani Kecamatan Modoinding Dalam Kanvas KOMPETENSI 2 8 1586 1594
Wadu L B Samawati U Ladamay I 2020 Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 4 1 100 106
Windi W 2019 May Pengembangan Model PBM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Media Presentasi In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 No 1 pp 402 411
Yusra R Jamaris J 2021 Pelaksanaan Kerjasama Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 16 Padang Jurnal Pendidikan Tambusai 5 1 327 332
Zubaidah S 2018 October Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4 0 In 2nd Science Education National Conference Vol 13 No 2 pp 1 18