PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK VOKAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.6026Keywords:
Problem-based Learning (PBL), Seni Musik, Vokal, PembelajaranAbstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem-based Learning (PBL) pada pembelajaran seni musik di kelas VIII SMP Negeri 4 Tondano. Penelitian disusun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif di mana peneliti menjadi instrument utama dalam proses penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan terbagi ke dalam dua jenis, primer dan sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan dari hasil pertanyaan-pertanyaan kepada responden atau yang bertindak sebagai informan. Data sekunder adalah data pendukung data primer yang berbentuk buku, artikel ilmiah, dan dokumentasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik yang menerapkan model Problem based Learning (PBL) memiliki tahapan-tahapan yang membentuk keterampilan siswa dalam memecahkan permasalahan secara aktif dan efektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik dengan materi vokal yang dilaksanakan dalam model pembelajaran berbasis masalah (Problem-based Learning) memberikan banyak manfaat bagi siswa: mendorong siswa untuk berpikir secara aktif, kritis dan kreatif, meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dengan baik, dan menyampaikan pendapat berdasarkan pengalaman terkait dengan materi vokal.
References
Alam, S. (2019). Higher order thinking skills (HOTS): Kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan seni untuk menghadapi revolusi industri 4.0 pada era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 790-797).
Almanda, H. H., Yuwana, S., & Yanuartuti, S. (2022). Kajian Pertunjukan Musik “Thungka” dalam Tinjauan Etnomusikologi. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 189-200.
Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232.
Dewi, K. P., Pratama, M. D., Aisyah, S., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 333-341.
Dewi, N. W. R. (2021). Optimalisasi Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 381-391.
Ertina, S. (2022). Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) Melalui Daring Di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 318-330.
Fitriyadi, I., & Alam, G. (2020). Globalisasi Budaya Populer Indonesia (Musik Dangdut) di Kawasan Asia Tenggara. Padjadjaran Journal of International Relations, 1(3), 251-269.
Guntara, D., & Putra, I. E. D. (2020). Pembelajaran Vokal Di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sendratasik, 10(1), 433-440.
Heldisari, H. P. (2019). Pembelajaran Teknik Rekam di Sekolah Menengah Kejuruan (Seni Musik) Melalui Model Pembelajaran Personal. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 199-206.
Hidayatullah, R., & Kurniawan, A. (2018). Pembelajaran Seni Budaya Pada Materi Seni Tari Di SMA Negeri 11 Bandarlampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran, 6(1).
Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Syiah Kuala University Press.
Julita, W. R., & Syeilendra, S. (2020). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Seni Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Pariaman. Jurnal Sendratasik, 9(1), 42-49.
Kalensang, A. T., Kaunang, M., & Takalumang, L. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran seni musik materi tangga nada di SMP Negeri 2 Bitung. KOMPETENSI, 1(12), 1001-1008.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Latuni, G., Kaunang, M., & Moonik, A. (2021). Pengaruh Musik Bagi Tingkat Kesenangan Penumpang Mikrolet Tuminting Pasar 45. KOMPETENSI, 1(09), 771-779.
Lomban, H. B., Hartati, D. S., & Sunarmi, S. (2022). Lagu Amen Brother Sebagai Musik Pengiring Breaking Dance Pada Komunitas Rejasq Squad Manado. KOMPETENSI, 2(12), 1840-1855.
Madina, A., Ardipal, A., Hakim, R., & Miaz, Y. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3134-3141.
Maisasna, M. (2018). Peningkatan Strategi Pembelajaran Seni Musik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IX. 10 di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 1(2), 67-80.
Malikha, D. R. (2018, October). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. In Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV (pp. 88-98).
Mayar, F., Sari, D. N., & Hijriani, A. (2019). Analisa Manfaat Seni Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1359-1364.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Putri, Y. A., & Handayaningrum, W. (2020). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Musik Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 13-28.
Rahayu, N. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Teknik Vokal) Melalui Metode Pendekatan Saintifik di Kelas VII. 3 SMPN 20 Pekanbaru TA 2017/2018. Skripsi, Universitas Islam Riau.
Ripai, I., & Sutarna, N. (2019, September). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 1146-1155).
Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63-75.
Sari, A. R. (2019). Pelatihan Teknik Vokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Pada Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.
Sari, E. T., Mering, A., & Muniir, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Solfegio Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Di Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10).
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.
Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., ... & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.
Syeilendra, S. (2020). Belajar Pianika Pada Pembelajaran Seni Musik di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Sendratasik, 9(4), 223-236.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yelmi, F., & Putra, I. E. D. (2022). Pembelajaran Musik Ansambel Tradisional Minangkabau di SMP Angkasa Lanud Padang. Jurnal Sendratasik, 11(3), 309-320.
Yulina, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Student Centered Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Rejang Lebong Tahun 2021. EL-TA'DIB (Journal of Islamic Education), 2(1), 243-255.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.