PEMBELAJARAN GITAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MODOINDING

Authors

  • Joshua Matindas Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Sri Sunarmi Manado State University image/svg+xml
  • Franklin E. Dumais Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6139

Keywords:

Pembelajaran, Gitar, SMP Negeri 1 Modoinding

Abstract

Muatan pelajaran Seni Budaya adalah muatan pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013 untuk semua tingkatan pendidikan wajib di Indonesia Muatan pelajaran Seni Budaya mencakup bidang seni rupa seni tari seni drama dan seni musik Secara khusus dalam materi pembelajaran seni musik siswa wajib untuk mempelajari tentang alat musik dan salah satu alat musik yang paling umum adalah gitar Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran gitar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Modoinding Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif adalah metode yang digunakan oleh peneliti untuk mencapai tujuan penelitian Objek dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas VII A Observasi wawancara studi dokumen dan dokumentasi adalah tekni teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan pemeriksaan data editing< em> klasifikasi verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang ditugaskan untuk mengajarkan muatan pelajaran seni budaya lebih khusus seni musik tidak memiliki latar belakang pendidikan seni musik Dalam proses pembelajaran guru menggunakan 3 metode pembelajaran: ceramah diskusi dan demonstrasi Proses pembelajaran gitar difokuskan pada teknik petikan gitar penjarian dan pengenal akor gitar Pembelajaran seni musik terutama dalam permainan gitar dilakukan oleh guru dan dibantu oleh beberapa mahasiswa PPL dari pendidikan seni musik Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 13 orang dari 22 orang siswa telah mampu mencapai standar ketuntasan belajar dan 9 siswa lainnya harus mengikuti remedial < p>

References

Adlini M N Dinda A H Yulinda S Chotimah O Merliyana S J 2022 Metode penelitian kualitatif studi pustaka Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 1 974 980

Anggito A Setiawan J 2018 Metodologi penelitian kualitatif CV Jejak Jejak Publisher

Arusi S 2021 Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Pada Masa Covid 19 Materi Pokok Seni Musik Memainkan Alat Musik Gitar Akustik Dikelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Keritang Kotabaru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Semester Ganjil TA 2020 2021 Doctoral dissertation Universitas Islam Riau

Azis T N 2019 December Strategi pembelajaran era digital In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science Vol 1 No 2 pp 308 318

Daulae T H 2019 June Langkah Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran In Forum Paedagogik Vol 10 No 1 pp 52 63 IAIN Padangsidimpuan

Deska F Y Sudarman Y Yensharti Y 2018 Kegiatan Pengembangan Diri Bermain Gitar di SMP Negeri 30 Padang Jurnal Sendratasik 7 3 23 30

Fakhrurrazi F 2018 Hakikat pembelajaran yang efektif At Tafkir 11 1 85 99

Fikri K Samino S R I 2019 Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Gitar di Era Industri 4 0 Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 6 2 210 219

Hamid A Hadi M S 2020 Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21 QUALITY 8 1 149 164

Hotimah H 2020 Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Edukasi 7 2 5 11

Hyun C C Tukiran M Wijayanti L M Asbari M Purwanto A Santoso P B 2020 Piaget versus vygotsky: Implikasi pendidikan antara persamaan dan perbedaan Journal of Industrial Engineering Management Research 1 3 286 293

Jaya I M L M 2020 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori Penerapan dan Riset Nyata Anak Hebat Indonesia

Jomes R Kadir T H 2020 Ekstrakurikuler Gitar Akustik Di SMAN 1 Kota Sungai Penuh Jurnal Sendratasik 10 2 118 123

Kurniahu J F 2020 Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang Doctoral dissertation Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kurniahu J F 2020 Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang Doctoral dissertation Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Lase D 2019 Pendidikan di era revolusi industri 4 0 SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora dan Kebudayaan 12 2 28 43

Lickona T 2022 Character matters Persoalan karakter : Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik integritas dan kebajikan penting lainnya Bumi Aksara

Majir A 2019 Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke 21 Sebatik 23 2 359 366

Mangobi J Monoarfa J Momongan N 2020 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MODOINDING JSME Jurnal Sains Matematika Edukasi 8 3 252 256

Marwiyati S 2021 Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak Kanak Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 135 149

Primayana K H 2020 Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss HOTS Pada Anak Sekolah Dasar Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 3 2 85 92

Ramadhani Y R Subakti H Masri S Brata D P N Salamun S Walukow D S Cecep H 2022 Pengantar Strategi Pembelajaran Yayasan Kita Menulis

Rukajat A 2018 Pendekatan penelitian kualitatif Qualitative research approach Deepublish

Sari F N I Darma Y Dafrita I E 2018 Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi Edukasi: Jurnal Pendidikan 16 2 281 289

Simbolon E T 2018 Pentingnya keterampilan sosial dalam pembelajaran Jurnal Christian Humaniora 2 1 40 52

Sukardi 2004 Metodologi Peneltian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya Jakarta: Bumi Aksara

Sumarli S 2018 Analisis Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa JIPF Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika 3 1 8 13

Surya P Rofiq M H 2021 Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2 1 31 37

Syaparuddin S Meldianus M Elihami E 2020 Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 1 30 41

Tafonao T 2018 Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Jurnal komunikasi pendidikan 2 2 103 114

Tarihoran E 2019 Guru dalam pengajaran abad 21 SAPA Jurnal Kateketik dan Pastoral 4 1 46 58

Telupun D 2020 Efektivitas penerapan model pembelajaran edutainment untuk memotivasi peserta didik selama pembelajaran secara daring di masa pandemi covid 19 Jurnal Syntax Transformation 1 06 254 262

Wuwung O C 2020 Strategi pembelajaran kecerdasan emosional Scopindo Media Pustaka

Yanuardianto E 2019 Teori Kognitif Sosial Albert Bandura Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 2 94 111

Yanuardianto E 2019 Teori Kognitif Sosial Albert Bandura Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 2 94 111

Yusanto Y 2020 Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif Journal of scientific communication jsc 1 1

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

PEMBELAJARAN GITAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MODOINDING. (2023). KOMPETENSI, 3(4), 2198 2212. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6139