PEMBELAJARAN GITAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MODOINDING

Authors

  • Joshua Matindas Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Sri Sunarmi Universitas Negeri Manado
  • Franklin E. Dumais Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6139

Keywords:

Pembelajaran, Gitar, SMP Negeri 1 Modoinding

Abstract

Muatan pelajaran Seni Budaya adalah muatan pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013 untuk semua tingkatan pendidikan wajib di Indonesia. Muatan pelajaran Seni Budaya mencakup bidang seni rupa, seni tari, seni drama dan seni musik. Secara khusus dalam materi pembelajaran seni musik, siswa wajib untuk mempelajari tentang alat musik, dan salah satu alat musik yang paling umum adalah gitar. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran gitar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Modoinding. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif adalah metode yang digunakan oleh peneliti untuk mencapai tujuan penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas VII A. Observasi, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi adalah tekni-teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan pemeriksaan data (editing), klasifikasi, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang ditugaskan untuk mengajarkan muatan pelajaran seni budaya, lebih khusus seni musik, tidak memiliki latar belakang pendidikan seni musik. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan 3 metode pembelajaran: ceramah, diskusi dan demonstrasi. Proses pembelajaran gitar difokuskan pada teknik petikan gitar, penjarian dan pengenal akor gitar. Pembelajaran seni musik, terutama dalam permainan gitar, dilakukan oleh guru dan dibantu oleh beberapa mahasiswa PPL dari pendidikan seni musik. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa 13 orang dari 22 orang siswa telah mampu mencapai standar ketuntasan belajar dan 9 siswa lainnya harus mengikuti remedial.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arusi, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Pada Masa Covid-19 Materi Pokok Seni Musik (Memainkan Alat Musik Gitar Akustik) Dikelas X. MIA. 1 SMA Negeri 1 Keritang, Kotabaru, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Semester Ganjil TA 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318).

Daulae, T. H. (2019, June). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. In Forum Paedagogik (Vol. 10, No. 1, pp. 52-63). IAIN Padangsidimpuan.

Deska, F. Y., Sudarman, Y., & Yensharti, Y. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Bermain Gitar di SMP Negeri 30 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(3), 23-30.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Fikri, K., & Samino, S. R. I. (2019). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Gitar di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 210-219.

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. QUALITY, 8(1), 149-164.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget versus vygotsky: Implikasi pendidikan antara persamaan dan perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 286-293.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Jomes, R., & Kadir, T. H. (2020). Ekstrakurikuler Gitar Akustik Di SMAN 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Sendratasik, 10(2), 118-123.

Kurniahu, J. F. (2020). Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Kurniahu, J. F. (2020). Penerapan Metode Scott Tennant Dalam Pembelajaran Gitar Klasik di Rumah Musik Sole Mio Magelang (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.

Majir, A. (2019). Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke-21. Sebatik, 23(2), 359-366.

Mangobi, J., Monoarfa, J., & Momongan, N. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MODOINDING. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(3), 252-256.

Marwiyati, S. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 135-149.

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., ... & Cecep, H. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Sari, F. N. I., Darma, Y., & Dafrita, I. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289.

Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya keterampilan sosial dalam pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40-52.

Sukardi. (2004). Metodologi Peneltian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31-37.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 46-58.

Telupun, D. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran edutainment untuk memotivasi peserta didik selama pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 1(06), 254-262.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Scopindo Media Pustaka.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94-111.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94-111.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Matindas, J., Sunarmi, S. ., & Dumais, F. E. . (2023). PEMBELAJARAN GITAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MODOINDING. KOMPETENSI, 3(4), 2198-2212. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6139