PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP DIMEMBE

Authors

  • Larasita Gloria Onibala Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth C. Paath Universitas Negeri Manado
  • Elvie A. Sepang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6140

Keywords:

Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini disusun untuk memenuhi dua tujuan utama. Tujuan pertama adalah untuk menjelaskan tahapan pembelajaran dan menemukan pola informasi kausalitas dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan model membaca dan menulis terpadu kooperatif (cooperative integrated reading and composition). Tujuan kedua adalah untuk mendeskripsikan kapasitas siswa kelas VIII SMP dalam membedakan pola informasi kausalitas dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model membaca dan menulis terpadu kooperatif. Guna mencapai kedua tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian campuran (mixed method) yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Satu Atap Dimembe di mana 12 siswa kelas VIII menjadi sumber data sekaligus objek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif dan data yang diperoleh melalui tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model membaca dan menulis terpadu kooperatif dapat digunakan untuk mengoptimalkan keterampilan siswa sambil memahami pola kausalitas teks eksplanasi. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis kuantitatif terhadap tes yang menujukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas VIII dalam menguasai pola kausalitas pada teks eksplanasi yang mencapai angka 88,16. Nilai rata-rata tersebut mengindikasikan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Dimembe kompeten dalam memahami dan menguasai pola kausalitas dalam teks eksplanasi.

References

Ahmad, M. I. (2020). Kajian Kritis Landasan Hukum Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia. Antologi Pengembangan Pembiayaan Pendidikan Islam, 39.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113-123.

Awalukita, M., & Afriliani, A. (2022). Studi Kasus Penerjemahan Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Penerjemahan Semantis-Komunikatif pada" Routledge Handbook on Sufism". Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, dan Budaya, 2(1), 34-42.

Azkiya, H., & Isnandab, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTSN Durian Tarung Padang. Bahastra, 38(2), 95-98.

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43-56.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Chotimah, C., & Nisa, K. (2019, November). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 125-128).

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT, 2(01).

Kurniasih. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125-134.

Maufur, H. F. (2009). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikan. Semarang

Mongan, J. J. S. (2019). Pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia di Indonesia. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 4(2), 163-176.

Pambudi, A. S. (2021). Evaluasi On Going Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 Berbasis Intelligence Media Management (IMM). Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 1-7.

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71.

Purba, D. P., Dedi, F. S., & Rohana, R. (2021). PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-13.

Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Suara Guru, 4(1), 173-187.

Rimayanti, A. I., & Jaja, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak. Jurnal Tuturan, 7(2), 857-862.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Mohamad, A. M. İ. N., & Rohman, F. (2018). The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 50-56.

Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). KESULITAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIISMPNEGERI 14 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292-302.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE: RADEC. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-16.

Simatupang, H., Simanjuntak, M. P., Sinaga, L., & Hardinata, A. (2019). Telaah kurikulum SMP di Indonesia. Pustaka Media Guru.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1).

Tarigan, I. V. (2020). Peningkatkan Kemampuan Mengritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 20202021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 90-102.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35-56.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 229-234.

Wijayanti, E. A., Pratiwi, C. P., & Hartini, H. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran CIRC (cooperative integrated, reading, and composition) pada siswa kelas V SDN 1 Serangan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1369-1379.

Zakiyatunnisa, N. A., Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 256-264.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Onibala, L. G., Paath, R. C. ., & Sepang, E. A. . (2023). PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP DIMEMBE. KOMPETENSI, 3(4), 2189-2197. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6140