PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP DIMEMBE
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6140Keywords:
Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition, Teks EksplanasiAbstract
Penelitian ini disusun untuk memenuhi dua tujuan utama Tujuan pertama adalah untuk menjelaskan tahapan pembelajaran dan menemukan pola informasi kausalitas dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan model membaca dan menulis terpadu kooperatif cooperative integrated reading and composition< em> Tujuan kedua adalah untuk mendeskripsikan kapasitas siswa kelas VIII SMP dalam membedakan pola informasi kausalitas dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model membaca dan menulis terpadu kooperatif Guna mencapai kedua tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian campuran mixed method< em> yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Satu Atap Dimembe di mana 12 siswa kelas VIII menjadi sumber data sekaligus objek dalam penelitian ini Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan tes Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif dan data yang diperoleh melalui tes dianalisis secara kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa model membaca dan menulis terpadu kooperatif dapat digunakan untuk mengoptimalkan keterampilan siswa sambil memahami pola kausalitas teks eksplanasi Hal ini diperkuat dengan hasil analisis kuantitatif terhadap tes yang menujukkan bahwa nilai rata rata siswa kelas VIII dalam menguasai pola kausalitas pada teks eksplanasi yang mencapai angka 88 16 Nilai rata rata tersebut mengindikasikan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Dimembe kompeten dalam memahami dan menguasai pola kausalitas dalam teks eksplanasi < p>
References
Ahmad M I 2020 Kajian Kritis Landasan Hukum Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia Antologi Pengembangan Pembiayaan Pendidikan Islam 39
Ainia D K 2020 Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter Jurnal Filsafat Indonesia 3 3 95 101
Alifah S 2021 Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain Cermin: Jurnal Penelitian 5 1 113 123
Awalukita M Afriliani A 2022 Studi Kasus Penerjemahan Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Penerjemahan Semantis Komunikatif pada Routledge Handbook on Sufism Jurnal Humaya: Jurnal Hukum Humaniora Masyarakat dan Budaya 2 1 34 42
Azkiya H Isnandab R 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTSN Durian Tarung Padang Bahastra 38 2 95 98
Bahri S 2022 Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 1 43 56
Budiastuti D Bandur A 2018 Validitas dan reliabilitas penelitian Jakarta: Mitra Wacana Media
Chotimah C Nisa K 2019 November Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Vol 2 No 1 pp 125 128
Herdiansyah D Kurniati P S 2020 Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bandung Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi 8 1
Hermawan I 2019 Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed Method Hidayatul Quran
Indriyani V Zaim M Atmazaki A Ramadhan S 2019 Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa Sastra Dan Pengajarannya 5 1 108 118
Julaeha S Muslimin E Hadiana E Zaqiah Q Y 2021 Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum MUNTAZAM: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT 2 01
Kurniasih 2016 Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Jakarta: Kata Pena
Martin R Simanjorang M M 2022 Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia Prosiding Pendidikan Dasar 1 1 125 134
Maufur H F 2009 Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikan Semarang
Mongan J J S 2019 Pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan dan kesehatan terhadap indeks pembangunan manusia di Indonesia Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara dan Kebijakan Publik 4 2 163 176
Pambudi A S 2021 Evaluasi On Going Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 Berbasis Intelligence Media Management IMM Jurnal Kebijakan Pemerintahan 1 7
Pratiwi I 2019 Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia Jurnal pendidikan dan Kebudayaan 4 1 51 71
Purba D P Dedi F S Rohana R 2021 PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2021 2022 Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 1 1 13
Purwati S 2018 Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek Suara Guru 4 1 173 187
Rimayanti A I Jaja J 2018 Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak Jurnal Tuturan 7 2 857 862
Ristanto R H Zubaidah S Mohamad A M N Rohman F 2018 The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education International Journal of Educational Research Review 3 1 50 56
Sari E P Trianto A Utomo P 2020 KESULITAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIISMPNEGERI 14 KOTA BENGKULU Jurnal Ilmiah Korpus 4 3 292 302
Setiawan D Hartati T Sopandi W 2019 KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ ANSWER DISSCUSS EXPLAIN AND CREATE: RADEC Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4 1 1 16
Simatupang H Simanjuntak M P Sinaga L Hardinata A 2019 Telaah kurikulum SMP di Indonesia Pustaka Media Guru
Sudarsana I K 2018 Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa Jurnal Penjaminan Mutu 4 1 20 31
Suryana S 2020 Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan Edukasi 14 1
Tarigan I V 2020 Peningkatkan Kemampuan Mengritik Isi Teks Ceramah Dengan Model Pembelajaran Circ Cooperative Integrated Reading And Composition Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 20202021 Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 1 2 90 102
Ulfa M Saifuddin S 2018 Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran Suhuf 30 1 35 56
Ulfa M Saifuddin S 2018 Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran Suhuf 30 1 35 56
Widiansyah A 2018 Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 18 2 229 234
Wijayanti E A Pratiwi C P Hartini H 2022 Analisis kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran CIRC cooperative integrated reading and composition pada siswa kelas V SDN 1 Serangan Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3 1369 1379
Zakiyatunnisa N A Syaripudin T Heryanto D 2019 Penerapan metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 3 256 264