PROSES PEMBENTUKAN KOMPOSITA NOMINA BAHASA JERMAN DAN BAHASA INDONESIA
SUATA ANALISIS KONTRASTIF
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6153Keywords:
Komposita, Nomina, KonstrastifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan komposita nomina bahasa Jerman dan bahasa Indonesia Selain itu penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan menganalisa dan mengetahui bagaimana persamaan dan perbedaan komposita nomina dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis kontrastif Sumber data dalam penelitian ini berupa buku buku yang berhubungan dengan pembentukan komposita nomina dalam bahasa Jerman dan bahasa Indonesia Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan Data data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kontrastif yang dikemukakan oleh Ellis dalam Sengko 2022 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dalam proses pembentukan komposita nomina bahasa Jerman dan bahasa Indonesia Salah satu persamaan adalah bahasa Jerman maupun bahasa Indonesia adalah kedua bahasa tersebut memiliki komposita nomina Sedangkan perbedaanya adalah semua komposita nomina dalam bahasa Jerman harus memiliki artikel< em> dan penentuan artikel< em> ini adalah menggunakan artikel< em> kata yang kedua Bestimmungswort< em> dan dalam bahasa Indonesia tidak mengenal Artikel kata benda Maka dari itu salah satu kesalahan yang memungkinkan terjadi pada pembelajar bahasa Jerman dalam pembentukan komposita nomina yaitu sulitnya menetukan Artikel untuk komposita yang baru dibentuk karena kemungkinan mereka akan menempatkan Artikel dari kata yang pertama Banyak pembelajar yang mengalami kesulitan menentukan Artikel nomina mana yang tergabung dalam suatu komposita yang dapat mewakili Artikel komposita tersebut < p>
References
Adhima F 2022 Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten: Model Pembelajaran Latihan Konjungsi Bahasa Jerman Menggunakan Satzkarten Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 9 1 97 111
Astawa I N T 2022 Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Bangsa Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah 2 1 72 82
Bani I 2017 Buku Pintar Belajar Bahasa Jerman untuk Pemula Anak Hebat Indonesia
Biring S S Burhanuddin B Achmad A K 2021 Kalimat Imperatif Bahasa Jerman Phonologie: Journal of Language and Literature 2 1 47 52
Dirga R N 2016 Inovasi Pembelajaran Sastra pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman di SMA Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 10 1 101 108
Firdaussi A L 2019 Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Era Global Jurnal Linguistik Dan Sastra 10 10 1 10
Harianto E 2020 Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Didaktika: Jurnal Kependidikan 9 4 411 422
Hidayat E 2013 Bentuk Pengingkaran dalam Komunikasi Silang Budaya Antara Native Speaker dan Pembelajar Bahasa Jerman di Indonesia Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
Kabangunang C 2013 Pembentukan Anak Kalimat yang berperan sebgai Obyek Kalimat dalam Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia Suatu Analisis Kontrastif Skripsi Univesitas Negeri Manado
Kridalaksana H 2007 Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia Jakarta
Kusumawati T I 2019 Komunikasi verbal dan nonverbal Al Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling 6 2
Mannahali M 2022 Task Based Learning dalam Pembelajaran bersetzung in der Praxis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman INTERFERENCE Journal of Language Literature and Linguistics 3 1 90 97
Marpaung J 2018 Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program 5 2
Munadzdzofah O 2018 Pentingnya Bahasa Inggris China dan Jepang Sebagai bahasa Komunikasi Bisnis di era Globalisasi VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari 1 2 58 73
Muslich M 2008 Tata Bentuk Bahasa Indonesia Bumi Aksara
Ningrum R K Waluyo H J Winarni R 2017 June BIPA Bahasa Indonesia Penutur Asing sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia In Proceedings Education and Language International Conference Vol 1 No 1
Oktapiani W Mulyati Y Idris N S 2020 Kajian Kontrastif Idiom Berleksikon Anggota Tubuh Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Pengayaan BIPA In Seminar Internasional Riksa Bahasa pp 51 57
Oktapiani W Mulyati Y Idris N S 2020 Kajian Kontrastif Idiom Berleksikon Anggota Tubuh Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jerman serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Pengayaan BIPA In Seminar Internasional Riksa Bahasa pp 51 57
Oktarina Y Abdullah Y 2017 Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik Deepublish
Pabumbun A R Dalle A 2017 Problematika Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 2 88 94
Salamah S 2022 Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 7 1 27 34
Sari A C Hartina R Awalia R Irianti H Ainun N 2018 Komunikasi dan media sosial Jurnal The Messenger 3 2 69
Sengko M M G 2022 Afiksasi Pembentuk Kata Benda Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia Suatu Analisis Kontrastif Skripsi Univesitas Negeri Manado
Sitanggang S M Fatimah S Saud S 2018 Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 2 1 28 34