PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i4.6183Keywords:
Puisi, Media Gambar, PembelajaranAbstract
Penelitian ini disusun untuk menggambarkan penggunaan media gambar terhadap keterampilan siswa dalam menulis puisi bebas terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tondano Penelitian disusun dalam kerangka penelitian deskriptif kualitatif di mana 20 siswa kelas VIII A dipilih menjadi objek penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2022 di SMP Negeri 3 Tondano Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi wawancara dan tes Teknik kualitatif analitik digunakan untuk menganalisis data yang didapat melalui wawancara dan observasi dan data yang diperoleh melalui tes Berdasarkan 4 indikator penilaian amanat pencitraan diksi dan objek terhadap puisi hasil karya siswa siswa kelas VIII A telah mampu menulis puisi dengan baik karena mencapai nilai rata rata sebesar 76 75 Ketercapaian siswa pada indikator amanat mencapai 95 dan 80 pada indikator pencitraan Pada indikator diksi keterecapaian siswa mencapai 77 Indikator objek dan judul mendapat tingkat ketercapaian paling rendah yaitu 57 Dengan demikian media gambar bisa membantu dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII A dalam menulis puisi meskipun belum efektif pada seluruh indikator penilaian terutama pada indikator objek dan judul < p>
References
Dewi N N K Kristiantari M R Ganing N N 2019 Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia Journal of Education Technology 3 4 278 285
Gereda A 2020 Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar Edu Publisher
Harianto E 2020 Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Didaktika: Jurnal Kependidikan 9 4 411 422
Hatmo K T 2021 Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Penerbit Lakeisha
Imadona I Fajriniski F Andia D 2020 Upaya Peningkatan Keterampilan Puisi Rakyat Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kabupaten Tebo Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 1 480 486
Kusmayani A 2023 Pembentukan Keterampilan Menulis Nonfiksi Siswa Kelas V SDN 069 Cipamokolan Jawa Barat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 4 1 9 18
Kusmiarti R Hamzah S 2019 Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industi 4 0 In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra pp 211 222
Laeli A N 2013 Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Media Gambar Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia 2 2
Lubis S S W 2021 Pembelajaran Menulis Essai Melalui Media Massa Surat Kabar Dalam Pembentukan Berpikir Kritis Pionir: Jurnal Pendidikan 10 2
Mamonto N Paath R C Polii I J 2022 Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam Siswa Kelas VII SMP KOMPETENSI 2 10 1714 1719
Maulana S F 2023 Apresiasi dan proses kreatif menulis puisi Nuansa Cendekia
Mongguwi J Polii I J Wengkang T 2022 Pembelajaran Menulis Teks Narasi Dengan Model Kooperatif Think Pair Share Pada Siswa Kelas IX SMP KOMPETENSI 2 06 1458 1463
Muktadir A 2021 Efektivitas Keterampilan Menulis Deskripsi Mahasiswa PGSD Melalui Pendekatan Pedagogi Genre Jurnal Pendidikan Tambusai 5 3 6047 6054
Mutia M B Polii I J Meruntu O S 2022 Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kotamobagu KOMPETENSI 2 05 1357 1365
Pahrun R 2021 Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian 1 1 11 22
Perayani K Rasna I W 2022 Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning PjBL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11 1 108 117
Ramadani N S 2022 Keterampilan Menulis Paragraf Induktif Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Soppeng Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan 4 2
Rinawati A Mirnawati L B Setiawan F 2020 Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar Education Journal: Journal Educational Research and Development 4 2 85 96
Riyanti S Susetyo S Wardhana D E C 2019 Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 1 42 51
Rohayati N 2023 Model Inovatif Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Sastra TOHAR MEDIA
Rukin S P 2019 Metodologi penelitian kualitatif Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Santika I G N Sudiana I N 2021 Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 11 4 464 472
Sarosa S 2021 Analisis Data Penelitian Kualitatif Pt Kanisius
Sukirman S 2020 Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Jurnal Konsepsi 9 2 72 81
Sukirman S 2021 Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Jurnal Konsepsi 10 1 17 27
Suwandi S 2022 July Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Inovatif untuk Mewujudkan Pembelajar Literat dan Humanis In Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 pp 27 44
Syafrina D 2021 Pembelajaran Integratif: Menyimak Puisi dan Menulis Cerita Pendek Lingua Susastra 2 2 67 79
Ulinsa S P 2023 Tujuan dan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Kreatif dan Menarik 33
Yanti N Gafar A Rofii A 2018 Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi rakyat siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017 2018 Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 2 67 76