PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG DI SMP NEGERI 1 RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6195Keywords:
Pembelajaran, Musik Kolintang, SMP Negeri 1 RatahanAbstract
Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pembelajaran musik kolintang di SMP Negeri 1 Ratahan Penelitian ini juga memberikan gambaran tentang permainan kelompok musik kolintang di SMP Negeri 1 Ratahan Penelitian ini disusun dengan metode penelitian deskriptif dalam kerangka pendekatan kualitatif Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ratahan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman 1994 dengan teknik pengujian keabsahan data yang dikemukakan oleh Lincoln dan Guba 1985 Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 1 Ratahan strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan musik kolintang adalah strategi pembelajaran terbuka Dalam hal ini Pelatih membuat strategi dan materi selama pembelajaran berlangsung Dalam pembelajaran musik kolintang untuk pemula ada faktor pendukung dan faktor penghambat Faktor pendukung meliputi ketersediaan alat kolintang tempat untuk menyimpan alat pelatih atau pengajar minat peserta pemilihan strategi dan materi dan promosi Sementara faktor penghambat meliputi peserta yang belum memiliki rasa musikal yang baik anggota yang tidak tetap dan konflik internal antara peserta < p>
References
Diniafiat D Loho A M 2020 NILAI FILOSOFIS KULTURAL MUSIK KOLINTANG Jurnal Budaya Nusantara 3 2 99 105
Hartati D S 2012 Menelusuri Asal Muasal Lahirnya Orkes Kolintang Minahasa SELONDING 2 2
Hendrik N Goni S Y Pongoh H W 2016 Pelestarian Musik Kolintang Di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat ACTA DIURNA KOMUNIKASI 5 5
Lalita E M Donsu A 2019 October Kolintang Music Therapy on Labor in Manado City In Proceeding 2nd Manado Health Polytechnic International Conference pp 72 76
Lincoln Y S Guba E G 1985 Naturalistic Inquiry SAGE Publication Inc
Lolong R G Rumengan P Dumais F E 2021 Penerapan Style Dalam Orkestrasi Ansambel Musik Kolintang Kayu Minahasa KOMPETENSI 1 02 289 301
Lumingkewas S D Kaunang M Sunarmi S 2022 Pembelajaran Musik Kolintang Di SMP Negeri 1 Eris KOMPETENSI 2 12 1832 1839
Miles M B Huberman A M 1994 Qualitative data analysis: An expanded sourcebook SAGE Publication Inc
Moelong L J 2002 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya
Prastowo A 2012 Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Priawara I P P 2017 Upaya Peningkatan Pembelajaran Kolintang Melalui Pendekatan Spiral Di SMP Bruderan Purworejo Kelas VIII B Tahun Ajaran 2016 2017 Pend Seni Musik S1 6 1 43 48
Rumengan P 2007 Musik vokal etnik Minahasa: Kontinuitas dan perubahan dalam struktur dan fungsi Doctoral dissertation Universitas Gadjah Mada
Rumengan P 2012 Tracing the Influence of the Concept System and Element of the Western Conventional Musical Elements on the Minahasa Musical Genre in the Western Colonial Era Mudra JURNAL SENI BUDAYA 27 1 1 1
Rumengan P Hartati D S 2020 Transmutasi Satu Proses Lahirnya Genre Musik Baru; Studi Tentang Kelahiran Ansambel Musik Kolintang Kayu Satu Genre Musik di Minahasa Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik 1 12
Saputra A D 2018 Strategi Pembelajaran Musik Kolintang pada Grup Bapontar Ladies di Sanggar Bapontar Jakarta Doctoral dissertation Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Soputan F A 2020 Aransemen Musik Populer dalam Ansambel Musik Kolintang Kayu Minahasa Urban: Jurnal Seni Urban dan Industri Budaya 4 1 43 60
Sunarmi S Luntungan G 2021 Tari Tumatenden: Bentuk Koreografi Dan Fungsinya Bagi Masyarakat Airmadidi Minahasa Utara Sebuah Penelitian Etno Art Jurnal Ilmiah Indonesia 2495 2508
Wataf E 2016 Perancangan Alat Musik Kolintang untuk Anak TK Usia 4 6 Tahun Tesis Universitas Surabaya