KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TONDANO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Authors

  • Tiurlan Rumapea Universitas Negeri Manado
  • Susan Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Oldie Stevie Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6206

Keywords:

Kemampuan, Memahami, Kalimat efektif, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran memahami kalimat efektif pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Tondano. Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif dengan model pembelajaran Jigsaw. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano yang berjumlah 30 siswa namun yang mengikuti tes yaitu 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik Observasi, Wawancara dan Tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan data yang diolah melalui formula persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif pada teks prosedur sudah tergolong mampu dengan nilai rata-rata secara klasikal yaitu 86,09 %. Rinciannya adalah sebagai berikut, 11 siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90%-100%, 4 siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80%-89%, 5 siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentang nilai 70%-79%, dan 1 siswa berada pada kategori tidak mampu pada rentang nilai 0%-69%. Jika dihubungkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76, maka nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa melampaui ketuntasan minimal.

References

Aji, W. N., & Ngumarno, N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal Varidika, 29(1), 1-8.

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 9(18).

Astuti, D. (2010). Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Cyber Media Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi, UIN Jakarta.

Daheri, M., Supriatna, D., & Ismaya, B. (2023). Analisis Strategi Guru Mata Pelajaran Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 11(1), 119-128.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Hidayat, R., Khotimah, K., & Saputra, A. (2019). Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Telaah, 4(1), 31-35.

Junus, A. M. (2009). Pembentukan Kalimat Bahasa Indonesia. Cet.Ke 1. Makassar: Badan Penerbit UNM7.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Kurnia, D. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.

Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199-209.

Marthinu, C. L., Gama, F. I., & Toliwongi, M. F. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Di Sma Katolik Karitas Tomohon. KOMPETENSI, 3(03), 2106-2116.

Munandar, D. (1999). Kebakuan dan Ketidakbakuan dalam Bahasa Indonesia.Yogyakarta: Mitra Gama Widy

Nurdiah, N. (2017). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognitif Siswa. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Nurzaenab. (2018). Kemampuan menentukan kalimat efektif dan tidak efektif dengan menggunakan model pembelajaran saintitik pada siswa kelas VII SMPN 2 Towuti Kabupaten Luwu Timur. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57-64.

Setyawati, N. (2010). AnalisisKesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Simaremare, J. A. (2019). Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Kemampuan Menganalisis Surat Resmi Berperihal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Semester V TA 2018/2019. Jurnal Suluh Pendidikan, 7(2), 64-76.

Wati, D. P., & Fatayan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 5193-5200.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Effectiveness Of Online Learning in Indonesian Language Learning. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Rumapea, T., Monoarfa, S. ., & Stevie Meruntu, O. . (2023). KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TONDANO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. KOMPETENSI, 3(5), 2305-2314. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6206