KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TONDANO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6206

Keywords:

Kemampuan, Memahami, Kalimat efektif, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw< em> dalam pembelajaran memahami kalimat efektif pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Tondano Selain itu penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif dengan model pembelajaran Jigsaw< em> Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober November 2022 Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano yang berjumlah 30 siswa namun yang mengikuti tes yaitu 21 siswa Penelitian ini menggunakan Teknik Observasi Wawancara dan Tes Data yang diperoleh dianalisis dengan mendeskripsikan data yang diolah melalui formula persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tondano dalam memahami kalimat efektif pada teks prosedur sudah tergolong mampu dengan nilai rata rata secara klasikal yaitu 86 09 Rinciannya adalah sebagai berikut 11 siswa berada pada kategori sangat mampu pada rentang nilai 90 100 4 siswa berada pada kategori mampu pada rentang nilai 80 89 5 siswa berada pada kategori cukup mampu pada rentang nilai 70 79 dan 1 siswa berada pada kategori tidak mampu pada rentang nilai 0 69 Jika dihubungkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yaitu 76 maka nilai rata rata yang dicapai oleh siswa melampaui ketuntasan minimal < p>

References

Aji W N Ngumarno N 2017 Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten Jurnal Varidika 29 1 1 8

Arikunto S 2013 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi Jakarta: PT Rineka Cipta

Assapari M M 2014 Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi Prasi: Jurnal Bahasa Seni dan Pengajarannya 9 18

Astuti D 2010 Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karangan Argumentasi Pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Cyber Media Tahun Pelajaran 2010 2011 Skripsi UIN Jakarta

Daheri M Supriatna D Ismaya B 2023 Analisis Strategi Guru Mata Pelajaran Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik JUDIKA JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA 11 1 119 128

Hidayah N 2015 Penanaman nilai nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2 2 190 204

Hidayat R Khotimah K Saputra A 2019 Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Jurnal Ilmiah Telaah 4 1 31 35

Junus A M 2009 Pembentukan Kalimat Bahasa Indonesia Cet Ke 1 Makassar: Badan Penerbit UNM7

Khair U 2018 Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra BASASTRA di SD dan MI AR RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2 1 81

Kurnia D 2011 Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas XB SMA Islam 1 Gamping Sleman Yogyakarta Skripsi Yogyakarta

Lubis R S 2021 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 9 2 199 209

Marthinu C L Gama F I Toliwongi M F 2023 Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Di Sma Katolik Karitas Tomohon KOMPETENSI 3 03 2106 2116

Munandar D 1999 Kebakuan dan Ketidakbakuan dalam Bahasa Indonesia Yogyakarta: Mitra Gama Widy

Nurdiah N 2017 Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Metakognitif Siswa Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Nurzaenab 2018 Kemampuan menentukan kalimat efektif dan tidak efektif dengan menggunakan model pembelajaran saintitik pada siswa kelas VII SMPN 2 Towuti Kabupaten Luwu Timur Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar

Octavia S A 2020 Model model pembelajaran Deepublish

Purnamasari A Hartono W J 2023 Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Jotika Journal in Education 2 2 57 64

Setyawati N 2010 AnalisisKesalahan Berbahasa Indonesia Surakarta: Yuma Pustaka

Simaremare J A 2019 Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Kemampuan Menganalisis Surat Resmi Berperihal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Semester V TA 2018 2019 Jurnal Suluh Pendidikan 7 2 64 76

Wati D P Fatayan A 2023 Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar Journal on Education 5 2 5193 5200

Yulianto D Nugraheni A S 2021 Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Effectiveness Of Online Learning in Indonesian Language Learning Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1 1 33 42

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

KEMAMPUAN MEMAHAMI KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TONDANO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW. (2023). KOMPETENSI, 3(5), 2305 2314. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6206