PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA NOVEL SELAMAT TINGGAL KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i5.6214Keywords:
Diksi, Gaya bahasa, Pembelajaran SastraAbstract
Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa yang digunakan dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra. Secara khusus diksi yang didiskusikan dalam tulisan ini adalah diksi denotasi dan konotasi; dan gaya bahasa yang dibahas dalam penelitian ini adalah gaya bahasa perbandingan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan desrkiptif kualitatif. Novel Selamat Tinggal karya Tere Liye adalah sumber data utama dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini merupakan sebuah penelitian pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui teknik menyimak dan mencatat (note taking). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye terdapat 8 diksi konotasi dan 5 diksi denotasi. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa terdapat 6 jenis majas perbadingan yang terdiri atas 12 majas perumpamaan, 5 majas metafora, 3 majas personifikasi, 1 matas antithesis, 1 majas alegori dan 1 majas koreksio. Novel ini juga dapat memberikan implikasi dalam pembelajaran Sastra di tingkat SMA, khususnya kelas 12, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi pembelajaran unsur kebahasaan novel. Pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk menemukan tema utama novel dengan lebih mudah, mengembangkan pemikiran kritis, dan memperkaya kosa kata. Adanya penggunaan diksi dan gaya bahasa pada novel Selamat Tinggal dapat dijadikan sebagai referensi tambahan dalam pembelajaran sastra.
References
Aliyansyah, M., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Analisis kelayakan isi buku teks siswa kurikulum 2013 kelas III SD/MI tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 183-188.
Amri, C., & Kurniawan, D. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Student Research, 1(1), 202-214.
Faisah, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Surat-Menyurat Di Kantor Kelurahan Layana Indah. Bahasa dan Sastra, 4(1).
Febrina, L. (2019). Gaya kepenyairan taufik ismail dalam sajak malu (aku) jadi orang indonesia. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 197-202.
Kakumboti, I. P., Al Katuuk, K., & Torar, S. (2023). Kajian Psikoanalisis Tokoh Aku Dalam Novel Kita Semua Pernah Sedih Karya Boy Candra Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Kompetensi, 3(02), 2055-2063.
Karimang, N. E., Ratu, D. M., & Pangemanan, N. J. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Editorial Melalui Penerapan Strategi Pemodelan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna. Jurnal Bahtra, 1(1).
Kasmi, H. (2020). Kajian Majas pada Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 219-230.
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa (edisi digital). Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Liye, T. (2020). Selamat Tinggal. Gramedia Pustaka Utama.
Madiyant, M. (2021). Copywriting: Retorika iklan dan storytelling teori dan teknik menulis naskah iklan. UGM PRESS.
Menggana, V. O., Polii, I. J., & Rotty, V. N. (2022). Tragedi Cinta Tokoh Cerita Pada Novel I’m Not Antagonist Karya Palupii Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Komptensi, 1624-1637.
Nasution, M. A., Azhari, M., Ramadhani, A., Sazali, S., & Dalimunthe, M. A. (2022). Representasi Bahasa dan Budaya dalam Music Video Lathi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14453-14461.
Natalia, S., & Irsyad, F. (2022). Makna Tiga Lirik Lagu Mayumi Itsuwa (Telaah Stilistika Bahasa dalam Bahasa Jepang). Jurnal Ilmu dan Budaya, 43(2), 142-156.
Naufal, M., Azzahra, A. A., & Wahyudi, I. (2022). Stilistika Dalam Puisi “Kita Saksikan” Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 2(1), 42-47.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).
Nurdianti, S. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana pada Masyarakat Kebon Agung Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 145-159.
Praningrum, H. I., & Wati, R. (2021). Berbagai topik sastra dalam ranah cyber: Dari popularitas hingga komunitas cerita bertopik misteri. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(1), 11-19.
Purba, C. A., Sitanggang, M., Sari, A., & Manik, B. M. B. Analisis Diksi Dan Majas Dalam Novel Kami Bukan Sarjana Kertas Karya JS Khairen Tinjauan Stilistika dan Implementasi Sebagai Bahan Ajar Pada SMP. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 58-71.
Soilo, A. G., Iroth, S., & Meruntu, O. S. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib” Karya Robert Arthur Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. Komptensi, 2(10), 1696-1704.
Sulistriyani, S., & Kuntoro, K. (2021). Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 83-99.
Syamhari, S. P. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Menerapkan Metode Curah Gagasan (Brainstorming). Jurnal Adabiyah Vol. XII Nomor, 54.
Tarigan, H. G. (2001). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: ANGKASA CV.
Tudjuka, N. S. (2019). Makna denotasi dan konotasi pada ungkapan tradisional dalam konteks pernikahan adat suku Pamona. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), 1-15.
Wadhi, H., Purba, C. A., Sitanggang, M. A., & Waruwu, N. (2021). Jurnal Analisis Kohesi Gramatikal Dan Leksikal Pada Novel Kekang Karya Stefani Bella. Jurnal Sociohumaniora Kodepena (JSK), 2(2), 185-199.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.