ANALISIS KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOVED YOU BEFORE I MET YOU KARYA LINA RAMDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6224Keywords:
Karakteristik, Tokoh utama, Novel, Loved You Before I Met You, Lina RamdaAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendesrkipsikan karakteristik psikologi sifat tokoh Hyo Ra dalam novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di Sekolah. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif di mana novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda menjadi sumber data utama dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber data. Data yang diperoleh dianalisis dalam 2 tahapan: menganalisis karakteristik psikologi sifat tokoh utama dan menganalisis karakter tokoh utama berdasarkan sikap dan tingkah lakunya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakter utama menghadapi pertentangan dan kegelisahan di dalam dirinya. Karakter tokoh utama juga memiliki karakter supel, sopan, imajinatif dan tenang. Terkait dengan implikasinya dalam pembelajaran sastra, novel ini dapat dijadikan sebagai referensi tambahan kepada siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka terkait tokoh utama dalam novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda. Secara khusus dalam kurikulum 2013, dalam hal ini pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII, novel ini dapat membantu pengajar sebagai referensi tambahan dalam mengajarkan kompetensi dasar yang berkaitan dengan materi pembacaan novel.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Aji, M. S., & Arifin, Z. (2021). Kritik Sosial dalam Novel Orang-orang Oetimu karya Felix K. Nesi serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA: tinjauan sosiologi sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 72-82.
Alfiawati, R. (2020). Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Siswa. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 2(1), 81-92.
Alpian, M., & Suryaman, M. (2016). Pengaruh motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa SMP. LingTera, 3(1), 60-74.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.
Byl, J. J. (2016). Analisis karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3(3).
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran sastra di SD dalam gamitan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 191-200.
Dondo, L., Djojosuroto, K., Wengkang, T. (2015). Karakter Tokoh Utama dalam Novel “Hadiah Kecil dari Tuhan” karya Adi Rustandi danmo Implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP suatu kajian Psikologi Sastra. Skripsi.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.
Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020, November). Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal. In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 84-96).
Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020, November). Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal. In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 84-96).
Hoirunisa, H. (2015). Analisis tokoh lintang dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Skripsi, UIN Jakarta
Idaningsih, Y. (2020). Analisis Wacana Kritis terhadap Nilai Pendidikan Multikultur Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Pemanfaaatannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di kelas XI SMA. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 155-169.
Khan, S., Paath, R., & Roty, V. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI, 1(09), 780-785.
Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.
Kumalasari, V. K., Sukirno, S., & Purwanto, J. (2017). Analisis Sosiologi Sastra Novel Sepenggal Bulan Untukmu Karya Zhaenal Fanani Dan Rencana Pembelajarannya Di Sma. SURYA BAHTERA, 5(45).
Marliati, A. (2018). Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 210-220.
Pardede, O. B., Sinaga, E. A., Depari, A. W. B., & Gultom, R. J. B. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thingking) Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 24-41.
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.
Pramadana, Y., Sari, H. L., & Sartika, D. (2022). Comparison Of Saw And Wp Method Through A Sensitivity Test Approach In Employee Performance Assessment At PT. Port Of Indonesia II (PERSERO) Bengkulu Branch. Jurnal Komputer Indonesia, 1(2), 67-72.
Ramda, L. Loved You before I Met You. Yogyakarta: Media Pressindo.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).
Sumarta, S. (2022). Analisis Sosial Ekonomi Pembangunan Masyarakat Indramayu. Khulasah: Islamic Studies Journal, 4(2), 31-44.
Suwarsono, V. S., Pengemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow “dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).
Syahrul, N. (2017). Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Konteks Global Problematika dan Solusi. FKIP e-proceeding, 197-208.
Ulfah, T. (2020, November). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736).
Warsari, S. A. (2020). Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam novel Senja dan Pagi Karya Alffy Rev dan Linka Angelia. Diakses dari https://digilibadmin. unismuh. ac. id/upload/11491.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.
Widiastuti, W., Anwar, S., & Asriyani, W. (2023). Nilai-Nilai Religius pada Novel ‘’Hadiah Kecil dari Tuhan’’Karya Adi Rustandi dan Implikasi Pembelajaran di SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 626-630.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.