ANALISIS KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOVED YOU BEFORE I MET YOU KARYA LINA RAMDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Authors

  • Enjelin Yermias Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Kamajaya Al Katuuk
  • Selfvi Torar

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6224

Keywords:

Karakteristik, Tokoh utama, Novel, Loved You Before I Met You, Lina Ramda

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendesrkipsikan karakteristik psikologi sifat tokoh Hyo Ra dalam novel Loved You before I Met You < em>karya Lina Ramda serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di Sekolah Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif di mana novel Loved You before I Met You < em>karya Lina Ramda menjadi sumber data utama dalam penelitian ini Peneliti menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber data Data yang diperoleh dianalisis dalam 2 tahapan: menganalisis karakteristik psikologi sifat tokoh utama dan menganalisis karakter tokoh utama berdasarkan sikap dan tingkah lakunya Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakter utama menghadapi pertentangan dan kegelisahan di dalam dirinya Karakter tokoh utama juga memiliki karakter supel sopan imajinatif dan tenang Terkait dengan implikasinya dalam pembelajaran sastra novel ini dapat dijadikan sebagai referensi tambahan kepada siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka terkait tokoh utama dalam novel Loved You before I Met You < em>karya Lina Ramda Secara khusus dalam kurikulum 2013 dalam hal ini pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama SMP kelas VII novel ini dapat membantu pengajar sebagai referensi tambahan dalam mengajarkan kompetensi dasar yang berkaitan dengan materi pembacaan novel < p>

References

Adlini M N Dinda A H Yulinda S Chotimah O Merliyana S J 2022 Metode penelitian kualitatif studi pustaka Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 1 974 980

Aji M S Arifin Z 2021 Kritik Sosial dalam Novel Orang orang Oetimu karya Felix K Nesi serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA: tinjauan sosiologi sastra ENGGANG: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Seni dan Budaya 2 1 72 82

Alfiawati R 2020 Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Siswa Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra 2 1 81 92

Alpian M Suryaman M 2016 Pengaruh motivasi keyakinan diri dan persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa SMP LingTera 3 1 60 74

Bachri B S 2010 Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif Jurnal teknologi pendidikan 10 1 46 62

Byl J J 2016 Analisis karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 3 3

Djuanda D 2014 Pembelajaran sastra di SD dalam gamitan Kurikulum 2013 Mimbar Sekolah Dasar 1 2 191 200

Dondo L Djojosuroto K Wengkang T 2015 Karakter Tokoh Utama dalam Novel Hadiah Kecil dari Tuhan karya Adi Rustandi danmo Implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP suatu kajian Psikologi Sastra Skripsi

Fadli M R 2021 Memahami desain metode penelitian kualitatif Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21 1 33 54

Hidayah N 2015 Penanaman nilai nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2 2 190 204

Hilaliyah T Wahid F I 2020 November Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP Vol 3 No 1 pp 84 96

Hilaliyah T Wahid F I 2020 November Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP Vol 3 No 1 pp 84 96

Hoirunisa H 2015 Analisis tokoh lintang dalam novel Pulang karya Leila S Chudori dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA Skripsi UIN Jakarta

Idaningsih Y 2020 Analisis Wacana Kritis terhadap Nilai Pendidikan Multikultur Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Pemanfaaatannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di kelas XI SMA Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 3 2 155 169

Khan S Paath R Roty V 2021 Analisis Nilai Moral dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra KOMPETENSI 1 09 780 785

Kristiyani T 2020 Self regulated learning: Konsep implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia Sanata Dharma University Press

Kumalasari V K Sukirno S Purwanto J 2017 Analisis Sosiologi Sastra Novel Sepenggal Bulan Untukmu Karya Zhaenal Fanani Dan Rencana Pembelajarannya Di Sma SURYA BAHTERA 5 45

Marliati A 2018 Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 2 210 220

Pardede O B Sinaga E A Depari A W B Gultom R J B 2020 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Critical Thingking Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kode: Jurnal Bahasa 9 4 24 41

Patiung D 2016 Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 5 2 352 376

Pramadana Y Sari H L Sartika D 2022 Comparison Of Saw And Wp Method Through A Sensitivity Test Approach In Employee Performance Assessment At PT Port Of Indonesia II PERSERO Bengkulu Branch Jurnal Komputer Indonesia 1 2 67 72

Ramda L Loved You before I Met You Yogyakarta: Media Pressindo

Rosita I Leonard L 2015 Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3 1

Suarsih C 2018 Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang 1 01

Sumarta S 2022 Analisis Sosial Ekonomi Pembangunan Masyarakat Indramayu Khulasah: Islamic Studies Journal 4 2 31 44

Suwarsono V S Pengemanan N J Meruntu O S 2021 Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Mamanua dan Walansendow dan Burung Kekekow yang Malang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Jurnal Bahtra 1 2

Syahrul N 2017 Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Konteks Global Problematika dan Solusi FKIP e proceeding 197 208

Ulfah T 2020 November Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol 2 pp 727 736

Warsari S A 2020 Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam novel Senja dan Pagi Karya Alffy Rev dan Linka Angelia Diakses dari https: digilibadmin unismuh ac id upload 11491

Wicaksono A 2017 Pengkajian prosa fiksi Edisi revisi Garudhawaca

Widiastuti W Anwar S Asriyani W 2023 Nilai Nilai Religius pada Novel Hadiah Kecil dari Tuhan Karya Adi Rustandi dan Implikasi Pembelajaran di SMA Jurnal Pendidikan Tambusai 7 1 626 630

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

ANALISIS KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOVED YOU BEFORE I MET YOU KARYA LINA RAMDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. (2023). KOMPETENSI, 3(6), 2315 2323. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6224