PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KRISTEN KEMBES

Authors

  • Ira Chenia Regar Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Franklin Dumais Manado State University image/svg+xml
  • Meyny Kaunang Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6229

Keywords:

Strategi, Motivasi, Tangga Nada, Seni Musik, SMP Kristen Kembes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pembelajaran seni musik di SMP Kristen Kembes pada materi modul skala mayor Penelitian ini juga disusun untuk menjelaskan strategi dan teknik yang digunakan guru dalam memotivasi siswa dan mengajarkan materi modul skala mayor kepada siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif Data dan materi penelitian ini dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi Setelah itu informasi dievaluasi menggunakan prosedur seperti mengkonfirmasi kebenaran informasi mengurangi informasi menampilkan informasi dan memvalidasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik dengan materi modul skala mayor berjalan dengan efektif Hal ini terlihat dari strategi yang digunakan guru untuk selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa merasa termotivasi untuk belajar Terlihat bahwa guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan baik dan menciptakan atmostif pembelejaran yang kondusif bagi siswa Selain itu untuk memastikan bahwa siswa terus termotivasi dalam proses pembelajaran siswa diberikan penghargaan oleh guru ketika mampu melalukan sebuah tugas yang diberikan oleh guru Untuk membuat pembelajaran menjadi semakin menarik guru juga menciptakan iklim kompetisi yang sehat di antara siswa sehingga menumbuhkan daya saing siswa Hasil temuan juga menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi dan teknik pembelajaran yang mengintegrasikan dan mengelaborasikan penggunaan media dan teknologi untuk membuat proses pembelajaran menjadi semakin kondusif Penggunaan berbagai strategi dan teknik pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran < p>

References

Aisara F Nursaptini N Widodo A 2020 Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial 9 2 149 166

Aritonang K T 2008 Jurnal pendidikan penabur: minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa Jakarta: SMPK 1 BPK PENABUR Jakarta

Astuti K S 2010 Pengembangan model evaluasi pembelajaran seni budaya SMP Jurnal Kependidikan 40 1

Bogdan R C Biklen S K 2014 Qualitative research for education: An introduction to theories and methods Pearson

Chrisnahanungkara A J 2020 Pendidikan Seni Musik Berbasis Bahan Ajar Multikultural Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni 3 1 39 50

Creswell J W 2013 Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches Sage publications

Digdoyo E 2019 Rumah Puspo Budaya Nusantara Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara Integralistik 30 1

Digdoyo E 2019 Rumah Puspo Budaya Nusantara Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara Integralistik 30 1

Fathurrohman M Sulistyorini 2012 Belajar dan pembelajaran Yogyakarta: Teras

Hudojo H 2005 Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika Malang: Universitas Negeri Malang

Kompri 2016 Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Malik M S 2020 Analisis HOTS 4C literasi dan pendidikan karakter dalam Seni Budaya dan Prakarya MI SD Kurikulum 2013 Elementary Islamic Teacher Journal 8 1 59 82

Martono M 2017 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengantar Kajian Pembelajara Efektif Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 9 1

Maunah B 2009 Landasan pendidikan Yogyakarta: Teras

Moleong L J 2002 Metodologi penelitian kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa 2015 Menjadi guru profesional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan Bandung: PT Grafindo Persada

Pradana R W B 2018 Menumbuhkan karakter peserta didik melalui pendidikan multikultural pada pembelajaran seni budaya Proceedings of the ICECRS 1 3 v1i3 1389

Prastowo A 2012 Metode penelitian kualitatif: dalam perspektif rancangan penelitian Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Rohidi T R 2014 Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Wayang Sebagai Sumber Gagasan Imajinasi: Jurnal Seni 7 1

Rosala D 2016 Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar Ritme 2 1 16 25

Setiawan D Hardiyani I K Aulia A Hidayat A 2022 Memaknai kecerdasan melalui aktivitas seni: analisis kualitatif pengembangan kreativitas pada anak usia dini Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 5 4507 4518

Suprihatiningrum J 2014 Guru profesional pedoman kinerja kualifikasi dan kompetensi guru Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Syeilendra S 2020 Belajar Pianika Pada Pembelajaran Seni Musik di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kabupaten Solok Selatan Jurnal Sendratasik 9 4 223 236

Triyo M S 2006 Tarbiyah Qur aniyah Malang: UIN Malang Press

Uno H B 2012 Profesi kependidikan: problema solusi dan reformasi pendidikan di indonesia Jakarta: Bumi Aksara

Uno H B 2012 Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Usman M U 2008 Menjadi guru profesional Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Walgito B 2004 Pengantar psikologi umum Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KRISTEN KEMBES. (2023). KOMPETENSI, 3(6), 2324 2332. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6229