KAJIAN PESAN MORAL DALAM NOVEL “CERMIN TAK PERNAH BERDUSTA”KARYA MIRA W DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Mira Ketsi Ambat Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii Universitas Negeri Manado
  • Susan Monoarfa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6230

Keywords:

Nilai Moral, Pendidikan Karakter, Cermin Tak Pernah Berdusta, Mira W

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah (1) Mengungkap pesan moral dalam Novel “Cermin         Tak Pernah Berdusta” karya Mira W (2) Mengimplikasikan pesan moral dalam Novel “Cermin Tak Pernah Berdusta” karya Mira W pada pendidikan karakter. Dalam mengungkapkan pesan moral novel Cermin Tak Pernah Berdusta, penulis menggunakan teori Nurgiantoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis dengan memperhatikan ungkapan-ungkapan dalam Novel. Sumber data yang digunakan adalah novel Cermin Tak Pernah Berdusta karya Mira W. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 nilai moral yaitu Keimanan Ketakwaan, Kejujuran, Kecerdasan, Ketangguhan, Kepedulian. Dan dapat disimpulkan bahwa novel ini sangat. bermanfaat bagi kalangan anak muda atau remaja karena dapat memberikan pembelajaran atau manfaat sehingga dapat berpikir dalam melakukan sesuatu dan memiliki tujuan hidup yang benar. Penelitian ini kiranya dapat memberikan manfaat secara teoretis dan praktis. Baik bagi peneliti, pembaca, penikmat sastra serta untuk membentuk karakter menjadi lebih baik.

References

Astuti, R. E., Mujiyanto, Y., & Rohmadi, M. (2017). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 4(2), 175-187.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods. Boston: Allyn and Bacon.

Dumat, N. P. P., Iroth, S., & Rotty, V. N. (2022). Kajian Sikap Pemeran Utama Dalam Film “Matilda 1996” Karya Danny Devito Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(05), 1335-1347.

Endraswara, S. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 122-145.

Fadlan, Z., Maharani, S., & Ramadoni, M. A. (2022). Komunikasi Persuasif Komunitas Save Street Child Palembang Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Terhadap Anak Jalanan. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(2), 123-132.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1-12.

Gardner, H. (1993). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.

Harisuddin, M. I., & ST, M. P. (2019). Secuil esensi berpikir kreatif & motivasi belajar siswa. Pantera Publishing.

Harsanti, A. G. (2017). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Fkip E-Proceeding, 623-636.

Hasanuddin, W. S. (2009). Ensiklopedi Kesusastraan Indonesia. Bandung: Angkasa.

Hasanudin. (2015). Sastra Anak Kajian Tema, Amanat dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar. Bandung: Angkasa

Irawan, I. K. A. (2019, July). Persona Pemimpin Muda Di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 1-10).

Khaerudin, D., Kusmana, S., & Khaerudin, I. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang. Jurnal Tuturan, 8(2).

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 211-222).

Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.

Minderop, A. (2010). Psikologi sastra: karya, metode, teori, dan contoh kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mira, W. (2019). Cermin Tak Pernah Berdusta. Gramedia Pustaka Utama.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Nursalam. (2016). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: Pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Permana, A. O., Hutagalung, T., Dewi, R. R., & Zulaika, T. (2021). Konflik Batin Tokok Utama Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 187-194). FBS Unimed Press.

Perry, M. (2005). Confidence boosters. ESENSI.

Purba, S. (2014). Implementasi Dan Penanaman Nilai Karakter Kehormatan Dalam Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(01), 11-16.

Rachmatullah, A. (2020). Khazanah Kesusasteraan Dunia. LKIS PELANGI AKSARA.

Ramadhan, A. T. (2022). Pesan Moral dalam Film Anak Lanang Produksi Ravacana Films (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rianto, P. (2019). Literasi digital dan etika media sosial di era post-truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Rohmah, N., Raharjo, R. P., & Hamdiah, M. (2022). Strukturalisme Novel Sunset Bersama Rosie Karya Tere Liye. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 7(2), 245-250.

Saeful, A. (2021). Implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(2), 124-142.

Savitri, I. (2020). Belajar Jujur. JPBooks.

Singal, U. V. (2015). Kajian Psikologis Perwatakan Tokoh Novel pada Sebuah Kapal Karya NH. Dini dan Implikasinya dalam Pengajaran Sastra di SMP. BAHASANTODEA, 3(1).

Soilo, A. G., Iroth, S., & Meruntu, O. S. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib” Karya Robert Arthur Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(10), 1696-1704.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metod. Pengemb. Kogn, 1-35.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.

Surahni, S. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (PJOK) Sebagai Sarana Pendidikan Moral. URECOL, 39-46.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42-56.

Yanti, Z. P. (2022). Apresiasi Prosa (Teori dan Aplikasi). CV Literasi Nusantara Abadi.

Yodiq, M. (2016). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Islam Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 25.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Ambat, M. K., Polii, I. J. ., & Monoarfa, S. . (2023). KAJIAN PESAN MORAL DALAM NOVEL “CERMIN TAK PERNAH BERDUSTA”KARYA MIRA W DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER. KOMPETENSI, 3(6), 2333-2343. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6230