PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297Keywords:
Teks Anekdot, Visual Imagination, Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dirancang untuk menjelaskan penerapan metode visual imagination< em> dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tondano Penelitian ini juga disusun untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot bertema tema sosial dengan menggunakan visual< em> imagination< em> Penelitian berlangsung pada bulan Februari 2023 di SMA Negeri 1 Tondano dengan 19 siswa dari kelas X 2 sebagai sumber datanya Pendekatan deskriptif analitik digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian ini Tes dan obrsevasi menjadi instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan formula persentase yang dikemukakan Arikunto 2010 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode visual imagination< em> dalam pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Metode tersebut juga membantu siswa untuk memamahi materi dengan lebih baik dan mampu mendorong mereka untuk dapat menemukan ide ide menarik dalam proses menulis Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata rata siswa di kelas X 2 dalam pembelajaran menulis teks anekdot adalah 73 15 Angka ini mengindikasikan bahwa rata rata siswa telah cukup mampu menguasai pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial < p>
References
Ali M 2020 Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra Basastra Di Sekolah Dasar PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 1 35 44
Angga A Suryana C Nurwahidah I Hernawan A H Prihantini P 2022 Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut Jurnal Basicedu 6 4 5877 5889
Arikunto S 2010 Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik Edisi Revisi 5 Rineka Cipta
Basari A 2014 Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar Prosiding Ilmu Pendidikan 1 1
Bude M Y Loho J J Pangemanan N J 2022 Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Dalam Menulis Teks Anekdot Siswa KOMPETENSI 2 04 1265 1278
Dalman H 2015 Keterampilan Menulis Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Fathoni A 2015 Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Al Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 5 1
Firdaus H Laensadi A M Matvayodha G Siagian F N Hasanah I A 2022 Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 4 686 692
Hendriana H dan Afrilianto M 2014 Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Bandung: PT Refika Aditama
Huda M 2015 Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isnaeni N Hildayah D 2020 Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa Jurnal Syntax Transformation 1 05 148 156
Kansil S S Mumu S E Pangemanan N J 2022 Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX SMP Katolik St Fransiskus de Salles KOKOLEH KOMPETENSI 2 12 1887 1895
Lestari H 2020 Ragam Metode Pembelajaran Kediri: PT Pemeral Edukreatif
Mamonto N Paath R C Polii I J 2022 Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam Siswa Kelas VII SMP KOMPETENSI 2 10 1714 1719
Mulyati L 2018 Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 2 2 187 194
Mulyati L 2018 Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 2 2 187 194
Ngalimun 2014 Strategi dan Model Pembelajaran Yogyakarta: Aswaja Presindo
Ningsih N M 2017 Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik Edukasi Lingua Sastra 15 2 31 42
Nurgiantoro B 2014 Penilaian Pembelajaran Bahasa Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Rachmawati R 2018 Analisis keterkaitan standar kompetensi lulusan SKL kompetensi inti KI dan kompetensi dasar KD dalam implementasi kurikulum 2013 Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 12 34 231 239
Rahman A 2022 Upaya peningkatan standar kompetensi lulusan Adiba: Journal Of Education 2 1 122 132
Rianto T 2019 CCM Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA MA SBMPTN Bumi Aksara
Rofi uddin A Zuhdi A 2001 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi Surabaya Universitas Negeri Malang
Siang A Monoarfa S Pangemanan N J 2021 Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK Jurnal Bahtra 2 1
Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi 2 Rineka Cipta
Sudaryanto 2015 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Syihabudin S A Ratnasari T 2020 Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar Jurnal BELAINDIKA Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan 2 1 21 31
Widaningsih I 2019 Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4 0 Uwais Inspirasi Indonesia