PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Calvin S. L. Mantiri Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth C. Paath Manado State University image/svg+xml
  • Oldie S. Meruntu Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297

Keywords:

Teks Anekdot, Visual Imagination, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menjelaskan penerapan metode visual imagination< em> dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tondano Penelitian ini juga disusun untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot bertema tema sosial dengan menggunakan visual< em> imagination< em> Penelitian berlangsung pada bulan Februari 2023 di SMA Negeri 1 Tondano dengan 19 siswa dari kelas X 2 sebagai sumber datanya Pendekatan deskriptif analitik digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian ini Tes dan obrsevasi menjadi instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan formula persentase yang dikemukakan Arikunto 2010 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode visual imagination< em> dalam pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Metode tersebut juga membantu siswa untuk memamahi materi dengan lebih baik dan mampu mendorong mereka untuk dapat menemukan ide ide menarik dalam proses menulis Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata rata siswa di kelas X 2 dalam pembelajaran menulis teks anekdot adalah 73 15 Angka ini mengindikasikan bahwa rata rata siswa telah cukup mampu menguasai pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial < p>

References

Ali M 2020 Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra Basastra Di Sekolah Dasar PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 1 35 44

Angga A Suryana C Nurwahidah I Hernawan A H Prihantini P 2022 Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut Jurnal Basicedu 6 4 5877 5889

Arikunto S 2010 Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik Edisi Revisi 5 Rineka Cipta

Basari A 2014 Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar Prosiding Ilmu Pendidikan 1 1

Bude M Y Loho J J Pangemanan N J 2022 Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Dalam Menulis Teks Anekdot Siswa KOMPETENSI 2 04 1265 1278

Dalman H 2015 Keterampilan Menulis Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fathoni A 2015 Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Al Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 5 1

Firdaus H Laensadi A M Matvayodha G Siagian F N Hasanah I A 2022 Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan dan Konseling JPDK 4 4 686 692

Hendriana H dan Afrilianto M 2014 Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas Bandung: PT Refika Aditama

Huda M 2015 Model Model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isnaeni N Hildayah D 2020 Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa Jurnal Syntax Transformation 1 05 148 156

Kansil S S Mumu S E Pangemanan N J 2022 Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX SMP Katolik St Fransiskus de Salles KOKOLEH KOMPETENSI 2 12 1887 1895

Lestari H 2020 Ragam Metode Pembelajaran Kediri: PT Pemeral Edukreatif

Mamonto N Paath R C Polii I J 2022 Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam Siswa Kelas VII SMP KOMPETENSI 2 10 1714 1719

Mulyati L 2018 Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 2 2 187 194

Mulyati L 2018 Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 2 2 187 194

Ngalimun 2014 Strategi dan Model Pembelajaran Yogyakarta: Aswaja Presindo

Ningsih N M 2017 Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik Edukasi Lingua Sastra 15 2 31 42

Nurgiantoro B 2014 Penilaian Pembelajaran Bahasa Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Rachmawati R 2018 Analisis keterkaitan standar kompetensi lulusan SKL kompetensi inti KI dan kompetensi dasar KD dalam implementasi kurikulum 2013 Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 12 34 231 239

Rahman A 2022 Upaya peningkatan standar kompetensi lulusan Adiba: Journal Of Education 2 1 122 132

Rianto T 2019 CCM Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA MA SBMPTN Bumi Aksara

Rofi uddin A Zuhdi A 2001 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi Surabaya Universitas Negeri Malang

Siang A Monoarfa S Pangemanan N J 2021 Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK Jurnal Bahtra 2 1

Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya Edisi Revisi 2 Rineka Cipta

Sudaryanto 2015 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Syihabudin S A Ratnasari T 2020 Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar Jurnal BELAINDIKA Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan 2 1 21 31

Widaningsih I 2019 Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4 0 Uwais Inspirasi Indonesia

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO. (2023). KOMPETENSI, 3(7), 2393 2401. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297