ANALISIS KARAKTER MORIGUCHI YUKO DALAM NOVEL CONFESSIONS KARYA MINATO KANAE
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6322Keywords:
Analisis Karakter, Moriguchi Yuko, Confessions, Minato Kanae, NovelAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesrkipsikan unsur-unsur intrinsik dan karakteristik tokoh utama, Moriguchi Yuko, dalam novel Confessions karya Minato Kanae. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam melaksanakan penelitian ini. Novel Confessions karya Minato Kanae adalah sumber data utama dalam penelitian ini. Peneliti juga menggunakan beberapa buku dan artikel ilmiah dengan tema terkait sebagai data sekunder dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa tema yang diangkat dalam novel Confessions karya Minato Kanae adalah balas dendam. Novel ini memiliki latar tempat dan waktu yang beragam namun tetap berpusat pada tokoh utama, Moriguchi Yuko. Minato Kanae menggambarkan Moriguchi Yuko sebagai seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya, Minami, sehingga dia rela membalas dendam kepada mereka yang membuat anaknya meninggal. Novel ini ditulis dari sudut pandang orang pertama tunggal dan menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami pembaca. Melalui novel ini, ada banyak pesan moral atau amanat yang bisa menjadi pelajaran hidup bagi pembacanya. Salah satu pesan moral yang sarat dalam novel ini adalah nilai tanggung jawab dan rasa cinta.
References
Buana, C. (2017). Nilai-Nilai Moralitas dalam Syair Jahiliyah Karya Zuhair Ibnu Abi Sulma. Buletin Al-Turas, 23(1), 87-101.
Elo, S., & Kyngäs, H. (2008). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107-115.
Fernando, V., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Pandangan dunia pengarang dalam novel mellow yellow drama karya audrey yu jia hui: kajian strukturalisme genetik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 2(1), 71-80.
Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 48-66.
Iye, R. (2019). Nilai-Nilai Moral Dalam Tokoh Utama Pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito Dan Rie Yanti. Telaga Bahasa, 7(2), 195-206.
Izzah, L. (2017). Karya Sastra: Media Untuk Memperkuat Kedudukan Raja. In Prosiding Seminar Nasional (p. 118).
Jatmiko, D. (2015). Estetika Sastra Populer dalam Novel Mencari Sarang Angin Karya Suparto Brata. Jurnal Lakon Universitas Airlangga, 24-42.
Kaswadi, K. (2015). Paradigma Ekologi dalam Kajian Sastra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(2).
Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra, Bandung: Yrama Widya.
Krippendorff, K. (2013). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage Publications.
La Madi, N. (2018, February). Sastra lama sebagai wahana pembelajaran moral dan karakter bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).
Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224.
Minato, K. (2021). Confessions. Penerbit Haru.
Mokoginta, S., Palar, W., & Wengkang, T. I. (2022). Kajian Unsur Intrinsik Novel I Am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(8), 1545-1555.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Neuendorf, K. A. (2016). The content analysis guidebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. UGM Press.
Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada
Nurjadin, R. (2021). Cerita Rakyat Tanjung Menangis: Kajian Resepsi Sastra. Mabasan, 15(2), 331-350.
Purba, R. R. M., Dedi, F. S., & Wicaksono, A. (2022). Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-11.
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian sosiologi sastra dan pendidikan karakter dalam novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta relevansinya dengan materi ajar di SMA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16-27.
Sangidu. (2004). Penelitian Sastra. Yogyakarta: Ilmu Budaya UGM.
Saputra, R. (2013). Representasi Budaya Populer Dalam Novel Anak B-Jell Cheers Karya Thalia Salsabilla (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal Bahtera Sastra Indonesia, 1(3).
Setijowati, A. (2018). Kekerasan Simbolik dalam Nyali Karya Putu Wijaya: Karya Sastra, Politik, dan Refleksi. Mozaik Humaniora, 18(1), 1-14.
Soraya, A. I., & Badaruddin, M. S. (2019). Efektifitas Cerita Pendek sebagai Media Kampaye “Stop Bullying” terhadap Siswa SMP dikota Makassar: Fungsi Edukatif Karya Sastra. Jurnal Ilmu Budaya, 7(2), 266-272.
Sudjana. (2012). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjiman, P. (1988). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Puskata Jaya
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tunardi, T. (2018). Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi. Media Pustakawan, 25(3), 65.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.