PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI REMBOKEN

Authors

  • Yuni Sartika Dapi Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje Revlin Palar Manado State University image/svg+xml
  • Intama J. Polii Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6323

Keywords:

Teks Negosiasi, Pendekatan Kontekstual, Analisis, Struktur Kebahasaan

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk memahami dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Remboken dalam menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi Penelitian ini juga disusun untuk memahami dan mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi Pendekatan deskriptif analitis diterapkan dalam penelitian ini di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes pre test< em> dan post test< em> 32 siswa kelas X SMA Negeri 1 Remboken adalah sumber data dalam penelitian ini Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis terhadap data kuantitatif tes dan data kualitatif observasi dan wawancara Hasil analisis pada data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap minat dan sikap belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan kontekstual Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai post test < em> 77 53 dibandingkan nilai pre test < em> 56 06 Peningkatan ini tidak hanya terjadi pada nilai rata rata tapi juga pada setiap aspek penilaian Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi < p>

References

Abidin Y Mulyati T Yunansah H 2021 Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika sains membaca dan menulis Bumi Aksara

Amir I Nursalam N Mustafa I 2022 Tantangan Implementasi Nilai Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 204 215

Aprelia D A Baedowi S Mudzantun M 2019 Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Mimbar PGSD Undiksha 7 3

Arianti Y 2017 Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Inquiry Jurnal Diksatrasia 1 2 358 362

Arifin Z 1996 Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas Jakarta: AKAPRES

Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Dewi K 2004 Teknik Lengkap Surat Menyurat Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Dewi P N S Suandi I N Yasa I N 2015 Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas xb akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 3 1

Dhania E R Anam S Awalludin A 2019 Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 2 122 132

Dimyati J 2013 Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Djamarah S B dkk 1996 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Farhan A Martha I N Putrayasa I B 2018 Peningkatan kemampuan siswa menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode karyawisata kelas x ipa 1 man 1 buleleng Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 8 2

Gita S D Annisa M Nanna W I 2018 Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual LENSA Lentera Sains : Jurnal Pendidikan IPA 8 1

Handiwiguna R Mila F H Firmansyah D 2018 Pembelajaran menganalisis menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual imajinatif Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 4 577 584

Haryadi dan Zamzani 1997 Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Yokyakarta

Indriani M S Artika I W Ningtias D R W 2021 Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi kelas x boga di SMK negeri 2 singaraja Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 11 1 25 36

Irwan I Hasnawi H 2021 Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 1 235 245

Kadir A 2013 Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah Dinamika ilmu

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2015 Bahasa Indonesia Kelas X SMA MA Jakarta

Kunandar 2008 Langkah Muda Penelitian Sebagai Profesi Guru Jakarta : Rajawali Pers

Kurniawan K 2006 Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta

Latifah S 2019 November Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia SENASBASA Vol 3 No 2

Makauntung S Paath R C Meruntu O S 2021 Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Fabel dengan Menggunakan Model Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri Bolaang Jurnal BAHTRA 2 2

Makmun S 2013 Memahami orang lain melalui keterampilan mendengar secara empatik Humaniora 4 1 422 431

Manangka G N 2022 Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Unsur Teks Berita Dengan Model Teams Group Tournament TGT Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu KOMPETENSI 2 07 1534 1544

Nursolihah M 2020 Analisis karakteristik khusus teks negosiasi LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah 10 1 24 41

Owon R A S 2017 Pengembangan bahan ajar menulis berbagai jenis teks bertema kearifan lokal Sikka bagi siswa SMP JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran 3 1 528 541

Patonah S Syahrullah A Firmansyah D San Fauziya D 2018 Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah problem based learning pada pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas X SMK Lentera Bangsa Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 5 807 814

Posumah Y R Ratu D M Meruntu O S 2021 Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan Jurnal Bahtra 2 1

Rahman T 2017 Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan CV Pilar Nusantara

Ramdani E 2018 Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial 10 1 1 10

Santoso E 2017 Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar Jurnal Cakrawala Pendas 3 1

Sardila V 2015 Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa An Nida 40 2 110 117

Sobari T 2012 Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional Semantik 1 1

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta

Sukirman S 2020 Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Jurnal Konsepsi 9 2 72 81

Susilana R dkk 2009 Metodologi Penelitian Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Susilana R dkk 2009 Metodologi Penelitian Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Sutrisno Kusmawan R 2007 Modul Melakukan Neegosiasi Bisnis dan Manajemeen Sukabumi: Yudistira

Widiyarto S 2017 Pengaruh penggunaan media permainan scrabble terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Tugu Ibu Depok Jawa Barat Deiksis 9 03 323 335

Wiratama N A Fatimah I D Widiyati E 2022 Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 6 3 3428 3434

Yanti N Suhartono S Kurniawan R 2018 Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu Jurnal Ilmiah KORPUS 2 1 72 82

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI REMBOKEN. (2023). KOMPETENSI, 3(7), 2412 2423. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6323