PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI REMBOKEN

Authors

  • Yuni Sartika Dapi Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Wimsje Revlin Palar Universitas Negeri Manado
  • Intama J. Polii Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6323

Keywords:

Teks Negosiasi, Pendekatan Kontekstual, Analisis, Struktur Kebahasaan

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk memahami dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Remboken dalam menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi. Penelitian ini juga disusun untuk memahami dan mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi. Pendekatan deskriptif analitis diterapkan dalam penelitian ini, di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes (pre-test dan post-test). 32 siswa kelas X SMA Negeri 1 Remboken adalah sumber data dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis terhadap data kuantitatif (tes) dan data kualitatif (observasi dan wawancara). Hasil analisis pada data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap minat dan sikap belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan kontekstual. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai post-test (77,53) dibandingkan nilai pre-test (56,06). Peningkatan ini tidak hanya terjadi pada nilai rata-rata tapi juga pada setiap aspek penilaian. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur kebahasaan teks negosiasi.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 204-215.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Arianti, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Inquiry. Jurnal Diksatrasia, 1 (2), 358-362.

Arifin , Z . (1996). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta: AKAPRES

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, K. (2004). Teknik Lengkap Surat Menyurat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, P. N. S., Suandi, I. N., & Yasa, I. N. (2015). Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas xb akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122-132.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djamarah, S.B, dkk, (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhan, A., Martha, I. N., & Putrayasa, I. B. (2018). Peningkatan kemampuan siswa menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode karyawisata kelas x ipa 1 man 1 buleleng. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2).

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).

Handiwiguna, R., Mila, F. H., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran menganalisis menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual imajinatif. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(4), 577-584.

Haryadi dan Zamzani. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yokyakarta

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. R. W. (2021). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi kelas x boga di SMK negeri 2 singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 25-36.

Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235-245.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA. Jakarta

Kunandar. (2008). Langkah Muda Penelitian Sebagai Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Kurniawan, K. (2006). Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Latifah, S. (2019, November). Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).

Makauntung, S. Paath, R.C. & Meruntu, O.S. 2021. Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Fabel dengan Menggunakan Model Kontekstual Siswa Kelas VII SMP Negeri Bolaang. Jurnal BAHTRA, 2(2).

Makmun, S. (2013). Memahami orang lain melalui keterampilan mendengar secara empatik. Humaniora, 4(1), 422-431.

Manangka, G. N. (2022). Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Dengan Model Teams Group Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu. KOMPETENSI, 2(07), 1534-1544.

Nursolihah, M. (2020). Analisis karakteristik khusus teks negosiasi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 10(1), 24-41.

Owon, R. A. S. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis berbagai jenis teks bertema kearifan lokal Sikka bagi siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528-541.

Patonah, S., Syahrullah, A., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada pembelajaran menulis teks negosiasi di kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(5), 807-814.

Posumah, Y. R., Ratu, D. M., & Meruntu, O. S. (2021). Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan. Jurnal Bahtra, 2(1).

Rahman, T. (2017). Teks dalam kajian struktur dan kebahasaan. CV. Pilar Nusantara.

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Sardila, V. (2015). Strategi pengembangan linguistik terapan melalui kemampuan menulis biografi dan autobiografi: sebuah upaya membangun keterampilan menulis kreatif mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.

Sobari, T. (2012). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional. Semantik, 1(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Susilana R. dkk., (2009). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Susilana R. dkk., (2009). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Sutrisno, & Kusmawan, R. (2007). Modul Melakukan Neegosiasi Bisnis dan Manajemeen.Sukabumi: Yudistira.

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media permainan scrabble terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas X, SMA Tugu Ibu, Depok, Jawa Barat. Deiksis, 9(03), 323-335.

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428-3434.

Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72-82.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Dapi, Y. S., Palar, W. R. ., & Polii, I. J. . (2023). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI REMBOKEN. KOMPETENSI, 3(7), 2412-2423. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6323