METODE PENGAJARAN BIOLA NOLDI WENAS BAGI ANAK USIA DINI (6-8 TAHUN)

Authors

  • Ralf Sorongan Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Perry Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Franklin Dumais Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6379

Keywords:

Biola, Pengajaran Biola, Metode Pengajaran, Anak Usia Dini, Noldi Wenas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengajaran biola Noldi Wenas bagi anak usia dini (6-8 tahun). Subjek dalam penelitian ini adalah Noldi Wenas sendiri sebagai guru biola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung kepada Noldi Wenas, dan wawancara hanya dengan Noldi Wenas sendiri, serta dokumentasi yang berupa foto-foto Noldi Wenas menunjukkan metodenya. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian metode pengajaran biola Noldi Wenas Bagi anak usia dini (6-8 Tahun) adalah mempunyai 11 tahap dalam pengajarannya, yaitu: (1) Pengenalan alat musik biola, (2) Cara memegang biola, (3) Cara memegang bow, (4) Cara menggesek di strings, (5) Memperkenalkan nada di ke 4 strings. (6) Memperkenalkan nomor jari, (7) Not balok open strings, (8) Menekan strings biola, (7) Mengenal pembagian menggesek bow (8) Mengenal letak not balok dan ketukannya, (9) Pembagian bow, (10) belajar lagu “twinkle-twinkle little star”, dan (11) materi dilanjutkan dengan buku “A Tune a day by C. Paul Herfurth”. Dalam metode pengajaran Noldi Wenas, terdapat juga pendekatan yang dilakukan dalam pengajaran untuk menunjang keberhasilan dari pengajarannya.

References

Alfiansah, A. K. (2015). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua Dalam Jam Belajar Sekolah Paud Usia 4-5 Tahun (Studi Paud Kartika Di Desa Mojoagung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan). Skripsi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Aprilo, E. D. (2022). Pembelajaran Lagu Daerah Menggunakan Instrumen Pianika Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermusik Anak Autis. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 1-16.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Arukunto. S. (1998). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

A'yun, W. Q., & Rachman, A. (2019). Keroncong in Jamaican Sound. Jurnal Seni Musik, 8(1), 34-42.

Bagas, Eka. (2017). Pembelajaran Biola Dengan Metode Suzuki Pada Anak Usia Dini Di All Mozart School Di Kabupaten Kudus. Skripsi, Universitas Negeri Semarang (UNNES). (diakses dari https://files.osf.io/v1/resources/6hr3w/providers/osfstorage/59c26acf9ad5a10260b37184?action=download&direct&version=1)

Bakar, Z. (2016). Pemamfaatan Lagu Sebagai Implementasi Model Pakem Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2).

Bernadetta, A. N. (2018). Implementasi Metode Suzuki dalam Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Era Musika Medan. Grenek: Jurnal Seni Musik, 7(2), 213-223.

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian dampak negatif aplikasi berbagi video bagi anak-anak di bawah umur di Indonesia. Communication, 10(1), 1-15.

Daud, M., Siswanti, D. N., & Jalal, N. M. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Prenada Media.

Gunawan, I. (2017). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Keterampilan Menyanyikan Lagu Wajib Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Media Audiovisual. In Seminar Nasional PGSD 2017. (Diakases dari http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/PGSD17/PGSD2017/paper/viewFile/2428/2395).

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165-172.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartanti, C. D., & Sasongko, H. (2021). Manajemen Kreativitas Pengajaran Musik Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 16-32.

Listari, A., Imansyah, F., & Marleni, M. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar Terhadap Siswa Kelas V Tahun 2021. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 451-460.

Mamahi, F., & Pandaleke, S. M. (2022). Strategi Kegiatan Pembelajaran Piano Klasik Bagi Anak di Jackson’s Piano Private Learning. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 3(2), 100-111.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Santosa, D. A. (2019). Urgensi pembelajaran musik bagi anak usia dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Soufina, F. (2017). Pengajaran Piano Klasik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autism) Pada Pendidikan Nonformal Di Sekolah Musik Mutiara. Tesis, Universitas Islam Riau (diakses dari http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5583).

Surbakti, G. T. A. J. (2018) Penerapan Teknik Permainan Biola untuk Anak–Anak (6-11 Tahun) di Yamaha Music School Pekanbaru. Thesis, Universitas Islam Riau (diakses dari https://repository.uir.ac.id/5543/).

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.

Wijaya, D. H. I. (2022). Pembelajaran Musik Untuk Anak ABK Dengan Metode Garap Di Pondok Sosial Kalijudan Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 51-69.

Yuliarti, M. S. (2015). Komunikasi musik: Pesan nilai-nilai cinta dalam lagu Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2).

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130-131.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Sorongan, R., Rumengan, P. ., & Dumais, F. . (2023). METODE PENGAJARAN BIOLA NOLDI WENAS BAGI ANAK USIA DINI (6-8 TAHUN). KOMPETENSI, 3(6), 2355-2365. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6379