KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.6394Keywords:
Keterampilan menulis, Menulis teks berita, Model Investigasi KelompokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1 menggambarkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII dengan menggunakan model investigasi kelompok; dan 2 menggambarkan penggunaan model investigasi kelompok dalam proses pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan siswa kelas VIII A sebagai objek penelitiannya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif Penelitian ini memberi informasi dan menambah pengetahuan kepada khalayak ramai mengenai peristiwa yang baru saja berlangsung atau yang dapat menarik perhatian orang banyak Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi tes dan wawancara Penilaian terhadap karya siswa didasarkan pada kriteria kelengkapan unsur berita: keruntutan pemaparan penggunaan kalimat penggunaan kosakata pemilihan judul dan ketetapan penggunaan ejaan dalam teks Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tondano tergolong mampu dengan rincian nilai rata rata yang diperoleh siswa yaitu 83 25 Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII dapat meningkatkan kualitas pembelajaran teks berita Meski demikian pengujian pada sampel yang beragam disarankan agar dapat memperdalam pembahasan di kemudian hari < p>
References
Aunurrahman 2011 Belajar dan Pembelajaaaran Alfabeta
Bangun E P Koagouw F V Kalangi J S 2019 Analisis Isi unsur kelengkapan berita pada media online manadopostonline com Acta Diurna Komunikasi 1 3
Budiyono H 2012 Mengembangkan paragraf sesuai fungsi dan posisi dalam rangka menulis sebuah tulisan esai Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 2
Hidayat T W 2015 Analisis Berita Kesehatan di Media Massa terhadap Pelayanan Publik JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study 1 2
Holik A 2021 Peningkatan Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cooperative Learning Standar Kompetensi Dzikir dan Do a Setelah Sholat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wibawamulya 01 Kabupaten Bekasi Jurnal Pedagogiana 9 8 175 185
Kokasih 2017 Buku Teks Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 Kemendikbud
Komalasari K 2013 Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi PT Refika Adiatama
Manangka G N 2022 Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Unsur Teks Berita Dengan Model Teams Group Tournament TGT Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu KOMPETENSI 2 07 1534 1544
Mirontoneng D Sepang E A Monoarfa S 2021 Pembelajaran Menyimak Teks Pidato Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan Jurnal Bahtra 2 2
Momongan Paath R C dan Meruntu O 2015 Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share TPS Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi 3 2
Posumah Y R Ratu D M Meruntu O S 2021 Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan Jurnal Bahtra 2 1
Renza M A Affandi L H Setiawan H 2022 Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7 2 445 451
Sahempa O Mandang F H dan Palar W R 2014 Kemampuan Menentukan Kelas Kata Bahasa Indonesia Melalui Model STAD Siswa Kelas VIII SMP Gonzaga Tomohon Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi 2 2
Sumarni 2012 Model Model Pembelajaran Geografi Aditya Media Publishing
Tarigan H G 1985 Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Angkasa
Tibahary A R Muliana M 2018 Model model pembelajaran inovatif Scolae: Journal of Pedagogy 1 1 54 64
Winataputra U S 1996 Model Model Pembelajaran PAUPPAI Universitas Terbuka
Yarmi G 2017 Pembelajaran menulis di sekolah dasar Perspektif Ilmu Pendidikan 31 1 1 6 DOI: https: doi org 10 21009 PIP 311 1