KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6429

Keywords:

Keterampilan Menulis, Memproduksi Teks Eksplanasi, Question Student Have

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kemampuan siswa kelas XI dalam memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan strategi Question Student Have< em> Penelitian ini juga disusun dalam rangka mendeskripsikan penerapan strategi Question student have< em> dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano dan merupakan sebuah penelitian deskriptif pada pendekatan kualitatif Sumber data pada penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tondano yang berjumlah 20 orang Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah observasi wawancara dan tes Untuk menganalisis data yang peneliti peroleh teknik yang digunakan adalah menarik presentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tondano tergolong mampu dalam memproduksi teks eksplanasi Hal ini tergambar melalui presentase nilai rata rata yang dicapai secara klasikal yiatu 84 3 Aspek aspek yang dinilai dalam memproduksi teks eksplanasi adalah kesesuaian isi teks berdasarkan topik 96 5 ketepatan organisasi atau struktur teks 81 25 kosakata yang digunakan 87 5 Penggunaan bahasa keefektifan kalimat 80 5 dan ketepatan mekanik atau tanda baca yang digunakan 61 5 Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Strategi Question Student Have< em> mampu memaksimalkan kemampuan siswa dalam kegiatan memproduksi teks eksplanasi < p>

References

Aji W N 2016 Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Kajian Linguistik dan Sastra 1 2 119 126

Aji W N 2016 Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia Kajian Linguistik dan Sastra 1 2 119 126

Ali M 1985 Penelitian pendidikan prosedur dan model Angkasa

Atmazaki A 2013 October Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir Pendekatan Ilmiah Teks Genre dan Penilaian Otentik In International Conference on Languages and Arts pp 15 22

Budi E N 2017 Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017 Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27 2 62 75

Damaianti V S Abidin Y 2020 Penggunaan Model Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi In Seminar Internasional Riksa Bahasa pp 293 300

Kemdikbud 2013 Kurikulum 2013 Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas SMA Kemdikbud

Kemdikbud 2017 Bahasa Indonesia Kelas XI SMA MA SMK MAK Kemendikbud

Kumenap Y E Pelealu F T Paat R C 2014 Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano Kompetensi 2 3 diakases melalui http: ejournal unima ac id index php komp article view 3028

Mansyur U 2016 Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses RETORIKA: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya 9 2 256786

Mansyur U 2016 Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses RETORIKA: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya 9 2 256786

Momongan Kevin Y R Paath Ruth C Meruntu Oldie S 2015 Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share TPS Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon Kompetensi 3 2 Diakses melalui http: ejournal unima ac id index php komp article view 8334

Nurholis D Khodijah N Suryana E 2022 Analisis Kebijakan Kurikulum 2013 MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9 1 98 114

Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal misykat 3 1 171 187 Nurrita T 2018 Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal misykat 3 1 171 187

Pabur H E Liando N V F 2018 A perspective on written corrective feedback Retrieved July 20 2023 from http: repository unima ac id:8080 bitstream 123456789 274 1 No 2024 20GCES 202018 20Proceeding 20 20Pabur 20 26 20Liando pdf

Poli E Senduk T M Wengkang T I M 2021 Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Jurnal Bahtra 2 1

Ramadania F 2016 Konsep bahasa berbasis teks pada buku ajar kurikulum 2013 Stilistika: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya 1 2 Diakases melalui https: mathdidactic stkipbjm ac id index php STI article view 372

Ramdhan Muhammad 2021 Metode penelitian Cipta Media Nusantara

Saragih A Saragih A T Pane I 2016 Pembelajaran Genre Tulis Dalam Sistem Persekolahan Indonesia Di Sumatera Utara Learning Of Writting Genre In Indonesia School System In North Sumatera Widyaparwa 44 1 21 33

Sasongke S O Mandang F H Palar W R 2015 Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Beo Dalam Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Kompetensi 3 1 Diakses melalui http: ejournal unima ac id index php komp article view 7212

Suwandi S 2019 Mengadvokasi Siswa Menghasilkan Karya Buku Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V 5 1 1 10

Trinaldi A Afriani M Budiyono H Rustam R Priyanto P 2022 Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe Jurnal Basicedu 6 4 7408 7417

Windhiarty W Haruna J Sulistyowati E D 2017 Efektivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media berbasis adobe flash siswa kelas XI SMA Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa Sastra Seni dan Budaya 1 4 367 376

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE. (2023). KOMPETENSI, 3(9), 2518 2532. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6429