KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE

Authors

  • Iyenyuh Srivin Nalung Universitas Negeri Manado
  • Susan Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Viktory N. J. Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6429

Keywords:

Keterampilan Menulis, Memproduksi Teks Eksplanasi, Question Student Have

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kemampuan siswa kelas XI dalam memproduksi teks eksplanasi dengan menggunakan strategi ‘Question Student Have’ Penelitian ini juga disusun dalam rangka mendeskripsikan penerapan strategi ‘Question student have’ dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tondano dan merupakan sebuah penelitian deskriptif pada pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tondano yang berjumlah 20 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan tes. Untuk menganalisis data yang peneliti peroleh teknik yang digunakan adalah menarik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tondano tergolong mampu dalam memproduksi teks eksplanasi. Hal ini tergambar melalui presentase nilai rata-rata yang dicapai secara klasikal yiatu 84,3%. Aspek-aspek yang dinilai dalam memproduksi teks eksplanasi adalah kesesuaian isi teks berdasarkan topik (96.5%), ketepatan organisasi atau struktur teks (81.25%), kosakata yang digunakan (87.5%), Penggunaan bahasa/keefektifan kalimat (80.5%), dan ketepatan mekanik atau tanda baca yang digunakan (61.5%). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Strategi Question Student Have mampu memaksimalkan kemampuan siswa dalam kegiatan memproduksi teks eksplanasi.

References

Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126.

Aji, W. N. (2016). Model pembelajaran Dick and Carrey dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126.

Ali, M. (1985). Penelitian pendidikan prosedur dan model. Angkasa.

Atmazaki, A. (2013, October). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. In International Conference on Languages and Arts (pp. 15-22).

Budi, E. N. (2017). Penerapan pembelajaran virtual class pada materi teks eksplanasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62-75.

Damaianti, V. S., & Abidin, Y. (2020). Penggunaan Model Brainwriting dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 293-300).

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemdikbud.

Kemdikbud. (2017). Bahasa Indonesia Kelas XI SMA MA/SMK/MAK. Kemendikbud.

Kumenap, Y. E., Pelealu, F. T., & Paat, R. C. (2014). Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tondano. Kompetensi, 2 (3) diakases melalui http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/3028

Mansyur, U. (2016). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 256786.

Mansyur, U. (2016). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 256786.

Momongan, Kevin Y.R., Paath, Ruth C., & Meruntu, Oldie S. (2015). Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Kompetensi 3(2). Diakses melalui http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/8334

Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 98-114.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pabur, H. E., & Liando, N. V. F. (2018). A perspective on written corrective feedback. Retrieved July 20, 2023, from http://repository.unima.ac.id:8080/bitstream/123456789/274/1/No.%2024%20GCES%202018%20Proceeding%20-%20Pabur%20%26%20Liando.pdf

Poli, E, Senduk, T. M., & Wengkang, T. I. M. (2021). Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Bahtra 2 (1).

Ramadania, F. (2016). Konsep bahasa berbasis teks pada buku ajar kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 1 (2). Diakases melalui https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/STI/article/view/372

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Saragih, A., Saragih, A. T., & Pane, I. (2016). Pembelajaran Genre Tulis Dalam Sistem Persekolahan Indonesia Di Sumatera Utara (Learning Of Writting Genre In Indonesia School System In North Sumatera). Widyaparwa, 44(1), 21-33.

Sasongke, S. O., Mandang, F. H., & Palar, W. R. (2015). Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Beo Dalam Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar. Kompetensi, 3 (1). Diakses melalui http://ejournal.unima.ac.id/index.php/komp/article/view/7212

Suwandi, S. (2019). Mengadvokasi Siswa Menghasilkan “Karya Buku” Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V, 5(1), 1-10.

Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417.

Windhiarty, W., Haruna, J., & Sulistyowati, E. D. (2017). Efektivitas pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media berbasis adobe flash siswa kelas XI SMA. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 1(4), 367-376.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Nalung, I. S., Monoarfa, S. ., & Rotty, V. N. J. . (2023). KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE. KOMPETENSI, 3(9), 2518-2532. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6429