KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.6459Keywords:
Menulis teks narasi, Model Quantum Learning, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kapasitas menghasilkan teks naratif dengan memanfaatkan model pembelajaran quantum< em> pada siswa kelas IX SMP Penelitian deskriptif analitik ini dilaksanakan di SMP Kristen Getsemani Sario Kotabaru Manado Sumber data dalam penelitian ini berasal dari 16 murid kelas IX di SMP Kristen Getsemani Sario Kotabaru Manado Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan tes Menurut temuan penelitian kompetensi siswa kelas dalam menyusun teks naratif dengan memanfaatkan model pembelajaran quantum< em> termasuk dalam kelompok kompeten dengan skor rata rata 86 59 Skor ini didapat dari 4 kriteria penilaian: 1 Aspek Oientasi mendapat skor 93 75 ; 2 Aspek komplikasi mendapat 96 87 ; 3 Aspek Resolusi mendapat skor 72 91 ; dan 4 Aspek koda mendapat skor 79 68 Berdasarkan hasil karya siswa diketahui bahwa 7 siswa mendapatkan nilai di antara 90 100 7 siswa mendapat nilai di atnara 80 89 dan 1 siswa pada rentang nilai 70 79 Selain itu didapati juga bahwa 1 siswa berada pada rentang nilai 0 69 Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks naratif siswa kelas XI di SMP Kristen Getsemani Sario Kotabaru Manado berada pada kategori kompeten < p>
References
Ali 1987 Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi Angkasa
Arikunto S 2007 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI Rineka Apta Jakarta
Gultom N 2012 Pemanfaatan Teks Feature Perjalanan sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Karangan Naratif Basastra 1 1
Haris A Amalia A 2018 Makna Dan Simbol Dalam Proses Interaksi Sosial Sebuah Tinjauan Komunikasi Jurnal Dakwah Risalah 29 1 16 19
Keraf G 2001 Argumentasi dan Narasi PT Gramedia Pustaka
Lagu M 2016 Komunikasi Antarbudaya Di Kalangan Mahasiswa Etnik Papua dan Etnik Manado Di Universitas Sam Ratulangi Manado Acta Diurna Komunikasi 5 3
Mailani O Nuraeni I Syakila S A Lazuardi J 2022 Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia Kampret Journal 1 2 1 10
Noermanzah N 2019 Bahasa sebagai alat komunikasi citra pikiran dan kepribadian In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra pp 306 319
Pabur H E Liando N V F 2018 A perspective on written corrective feedback Retrieved July 20 2023 from http: repository unima ac id:8080 bitstream 123456789 274 1 No 2024 20GCES 202018 20Proceeding 20 20Pabur 20 26 20Liando pdf
Prihatin Y 2017 Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia Jurnal Sastranesia 5 3 47
Rahardjo M 2007 Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Publik dan Pembangunan Wacana LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra 2 1
Sari A C Hartina R Awalia R Irianti H Ainun N 2018 Komunikasi dan media sosial Jurnal The Messenger 3 2 69
Septiani E Ansari K Dewi F P K Aprilla N 2021 Kesulitan Menulis Teks Cerita Inspiratif Berdasarkan Struktur Siswa Kelas Ix 10 SMPN 1 Labuhan Deli In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SemNas PBSI 3 pp 307 316 FBS Unimed Press
Subandiyah H 2015 Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya 2 1
Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta
Sumitro E A Romadhan S 2021 Upaya Peningkatan Motivasi dan Kreatifitas serta Skill Menulis Teks Narasi dengan Tekhnik Parafrase Wacana Dialog Pada Siswa Sekolah Dasar Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 4 2 121 134
Tarigan H G 1982 Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa Angkasa
Wicaksono L 2016 Bahasa dalam komunikasi pembelajaran Jurnal Pembelajaran Prospektif 1 2