KAJIAN NILAI MORAL DAN NILAI SOSIAL DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Rahelea Worek Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii Universitas Negeri Manado
  • Nontje Pangemanan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6488

Keywords:

Nilai moral, Nilai Sosial, Kajian Novel, Pembelajaran Sastra, Tere Liye

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai moral dan sosial yang terdapat dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi dan pencatatan terhadap informasi yang relevan dalam novel serta tanggapan siswa terkait nilai moral dan sosial yang ada dalam karya tersebut. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai-nilai moral dan sosial dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye tercermin melalui perilaku dan karakteristik tokoh-tokoh dalam alur cerita. Adanya empat jenis nilai moral yang teridentifikasi dalam novel ini, yaitu nilai-nilai yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Di samping itu, nilai-nilai sosial dalam novel ini membantu pembaca untuk mengenali dan memahami konsep baik dan buruk dalam konteks sosial, melalui perjalanan karakter-karakter dalam kisah yang memengaruhi persepsi masyarakat terhadap nilai-nilai tersebut.

References

Abadi, H. S. (2019). Ekspresi Metaforis dalam Antologi Puisi Doa untuk Anak Cucu Karya WS Rendra: 9 Klasifikasi Metafora Perspektif Michael C. Halley. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 154-163.

Alfianie, A., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Nurfitria, I. (2022, May). Ekranisasi Unsur Intrinsik Novel Antares Karya Rweinda ke Dalam Film Antares yang Disutradarai oleh Rizal Mantovani. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 1, No. 1, pp. 165-178).

Endraswara, S. (Ed.). (2016). Sastra Ekologis: Teori dan Praktik Pengkajian. Media Pressindo.

Fransori, A. (2017). Analisis stilistika pada puisi kepada peminta-minta karya chairil anwar. Deiksis, 9(01), 1-12.

Hendrawanto, Y. (2017). Pemilihan Novel Indonesia Bermuatan Nilai Kearifan Lokal Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerita Fiksi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 46-53.

Hidayat, Y. (2021). Kajian Psikologi Sastra dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Penerbit YLGI.

Lestari, N. S., Wibowo, W., & Waslam, W. (2022). Pengaruh Novel Katarsis Karya Anastasia Aemilia Terhadap Psikologis Pembaca. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 42-54.

Liye, T. (2018). Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Gramedia Pustaka Utama.

Magnis-Suseno, F. (2001). Etika Jawa. PT Gramedia.

Marentek, C., Palar, W. R., & Pangemanan, N. J. (2021). Citra Perempuan dan Ketidakadilan Gender dalam Novel “Saat Hati Telah Memilih” Karya Mira W dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 2(1).

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.

Pabur, H. E., Ali, M. I., & Tatipang, D. P. (2023). The Use of Literature in English as a Foreign Language Teaching and Learning Process: The Relationship and Suggested Techniques to be Used in EFL Classrooms. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2660-2670.

Pantow, M. F., Ratu, D. M., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai-nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).

Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Deepublish.

Ratna, N. K. (2007). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta:Pustaka Pembelajaran.

Santosa, S. (2014). Drama sosial: imajinasi dalam seni. ISI Press.

Tumbelaka, S. O., Sepang, E., & Pangemanan, N. J. (2014). Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Siswa Kelas VIII. SMP Negeri 1 Poigar. KOMPETENSI, 2(4).

Ulwia, R., & Nurelysa, E. (2019). Indonesia Membaca. GUEPEDIA.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.

Wuryani, W. (2013). Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Semantik, 2(2), 87-101.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Worek, R., Polii, I. J. ., & Pangemanan, N. . (2023). KAJIAN NILAI MORAL DAN NILAI SOSIAL DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA. KOMPETENSI, 3(10), 2634-2643. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6488