KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AGENDA KALIMAT SENTENCE JOURNAL
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6522Keywords:
Keterampilan Menulis, Cerita Fantasi, Sentence JournalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah unutk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dengan menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Tondano. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dikategorikan sebagai 'mampu,' dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81.2%. Nilai rata-rata siswa untuk aspek pesan/isi teks adalah 77.45%, yang tergolong cukup mampu, sementara nilai rata-rata siswa untuk aspek kebahasaan adalah 84.5%, yang tergolong mampu. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Agenda Kalimat 'Sentence Journal' dalam pembelajaran menulis cerita fantasi telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa, sebagaimana tercermin dalam nilai rata-rata kelas siswa sebesar 81.2%.
References
Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.
Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.
Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Hutagaol, P., & Lubis, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Menggunakan Media Komik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 160-166). FBS Unimed Press.
Khakim, M. N. L. (2016). Telaah Penulisan Karya Sastra Sejarah sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(1), 89-94.
Lisa, L., Hanafi, H., & Hanafi, F. (2019). Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(2), 268.
Mahsun (2013). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Moleong L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. RemajaRosdakarya
Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra anak: persoalan genre. Humaniora, 16(2), 107-122.
Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi: Untuk guru dan siswa sekolah menengah pertama. Penerbit P4I.
Oktafianti, E. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IB SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Basic Education, 4(9).
Pabur, H. E., & Liando, N. V. F. (2018). A perspective on written corrective feedback. Retrieved July 20, 2023, from http://repository.unima.ac.id:8080/bitstream/123456789/274/1/No.%2024%20GCES%202018%20Proceeding%20-%20Pabur%20%26%20Liando.pdf
Pamungkas. (2012). Bahasa Indonesia Dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: C.V. Andi Offset
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1).
Sumarlan. (2009). Teori dan Praktika Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra
Suparmo. (2007). Terampil Berbahasa. Jakarta, Universitas Terbtyka,
Titik Harsiasi. (2017). Bahasa Indonesia Merajut Persatuan Bangsa. SMP/MTS Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.
Zaini, H. (2000). Strategi Pembelajaran Aktif. Jogyakarta CTSD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.