KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AGENDA KALIMAT SENTENCE JOURNAL
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6522Keywords:
Keterampilan Menulis, Cerita Fantasi, Sentence JournalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah unutk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal< em> Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dengan menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal< em> Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Tondano Data dikumpulkan melalui tes dan observasi dan dianalisis menggunakan teknik persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dikategorikan sebagai mampu dengan nilai rata rata kelas sebesar 81 2 Nilai rata rata siswa untuk aspek pesan isi teks adalah 77 45 yang tergolong cukup mampu sementara nilai rata rata siswa untuk aspek kebahasaan adalah 84 5 yang tergolong mampu Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal dalam pembelajaran menulis cerita fantasi telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa sebagaimana tercermin dalam nilai rata rata kelas siswa sebesar 81 2 < p>
References
Dadri C Dantes N Gunamantha M 2019 Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3 2 84 93
Harjono H S 2018 Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 8 1 1 7
Harsiati T Trianto A Kosasih E 2017 Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas VII Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta
Hutagaol P Lubis F 2018 Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Cerita Imajinasi dengan Menggunakan Media Komik In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed 2018 Vol 1 pp 160 166 FBS Unimed Press
Khakim M N L 2016 Telaah Penulisan Karya Sastra Sejarah sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah Budaya dan Pengajarannya 10 1 89 94
Lisa L Hanafi H Hanafi F 2019 Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Wawotobi Jurnal Bastra Bahasa Dan Sastra 4 2 268
Mahsun 2013 Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Moleong L 2004 Metodologi Penelitian Kualitatif RemajaRosdakarya
Nurgiyantoro B 2004 Sastra anak: persoalan genre Humaniora 16 2 107 122
Nurhayati S 2022 Cerita pendek dan cerita fantasi: Untuk guru dan siswa sekolah menengah pertama Penerbit P4I
Oktafianti E 2015 Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IB SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta Basic Education 4 9
Pabur H E Liando N V F 2018 A perspective on written corrective feedback Retrieved July 20 2023 from http: repository unima ac id:8080 bitstream 123456789 274 1 No 2024 20GCES 202018 20Proceeding 20 20Pabur 20 26 20Liando pdf
Pamungkas 2012 Bahasa Indonesia Dalam Berbagai Perspektif Yogyakarta: C V Andi Offset
Santika I G N Sudiana I N 2021 Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 11 4 464 472
Subandiyah H 2015 Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya 2 1
Sudaryanto 1993 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Yogyakarta: Duta Wacana University Press
Sugiarti U 2012 Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia Basastra 1 1
Sumarlan 2009 Teori dan Praktika Analisis Wacana Surakarta: Pustaka Cakra
Suparmo 2007 Terampil Berbahasa Jakarta Universitas Terbtyka
Titik Harsiasi 2017 Bahasa Indonesia Merajut Persatuan Bangsa SMP MTS Kelas VII Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta
Wicaksono A 2017 Pengkajian prosa fiksi Edisi revisi Garudhawaca
Zaini H 2000 Strategi Pembelajaran Aktif Jogyakarta CTSD