KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AGENDA KALIMAT SENTENCE JOURNAL

Authors

  • Livitasi Marzela Ering Universitas Negeri Manado
  • Selvie S.D Torar Universitas Negeri Manado
  • Susan Monoarfa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6522

Keywords:

Keterampilan Menulis, Cerita Fantasi, Sentence Journal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah unutk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dengan menggunakan strategi Agenda Kalimat Sentence Journal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Tondano. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tondano dalam menulis cerita fantasi dikategorikan sebagai 'mampu,' dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81.2%. Nilai rata-rata siswa untuk aspek pesan/isi teks adalah 77.45%, yang tergolong cukup mampu, sementara nilai rata-rata siswa untuk aspek kebahasaan adalah 84.5%, yang tergolong mampu. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Agenda Kalimat 'Sentence Journal' dalam pembelajaran menulis cerita fantasi telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa, sebagaimana tercermin dalam nilai rata-rata kelas siswa sebesar 81.2%.

References

Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84-93.

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.

Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Hutagaol, P., & Lubis, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi (Cerita Imajinasi) dengan Menggunakan Media Komik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 160-166). FBS Unimed Press.

Khakim, M. N. L. (2016). Telaah Penulisan Karya Sastra Sejarah sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 10(1), 89-94.

Lisa, L., Hanafi, H., & Hanafi, F. (2019). Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(2), 268.

Mahsun (2013). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Moleong L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. RemajaRosdakarya

Nurgiyantoro, B. (2004). Sastra anak: persoalan genre. Humaniora, 16(2), 107-122.

Nurhayati, S. (2022). Cerita pendek dan cerita fantasi: Untuk guru dan siswa sekolah menengah pertama. Penerbit P4I.

Oktafianti, E. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IB SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Basic Education, 4(9).

Pabur, H. E., & Liando, N. V. F. (2018). A perspective on written corrective feedback. Retrieved July 20, 2023, from http://repository.unima.ac.id:8080/bitstream/123456789/274/1/No.%2024%20GCES%202018%20Proceeding%20-%20Pabur%20%26%20Liando.pdf

Pamungkas. (2012). Bahasa Indonesia Dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: C.V. Andi Offset

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1).

Sumarlan. (2009). Teori dan Praktika Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra

Suparmo. (2007). Terampil Berbahasa. Jakarta, Universitas Terbtyka,

Titik Harsiasi. (2017). Bahasa Indonesia Merajut Persatuan Bangsa. SMP/MTS Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.

Zaini, H. (2000). Strategi Pembelajaran Aktif. Jogyakarta CTSD.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Ering, L. M., Torar, S. S. ., & Monoarfa, S. . (2023). KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AGENDA KALIMAT SENTENCE JOURNAL. KOMPETENSI, 3(10), 2610-2617. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6522