OPTIMALISASI PENGGUNAAAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN GITAR PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6537Keywords:
Metode drill, Hasil belajar, Seni Musik, Pembelajaran gitar pemulaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak metode drill< em> terhadap pengembangan keterampilan siswa SMA Negeri 3 Tondano dalam memahami materi teori dasar dan praktek bermain gitar pemula Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas PTK Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes observasi wawancara dan dokumentasi 30 orang siswa kelas X SMA Negeri 3 Tondano dipilih menjadi sampel dalam penelitian melalui teknik probability < em>sampling Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian kompetensi belajar mengalami peningkatan yang signifikan dengan hanya tiga siswa 10 mencapai tingkat kelulusan pada siklus I meningkat menjadi dua puluh siswa 61 5 pada siklus II dan akhirnya mencapai proporsi kelulusan sebanyak 90 pada siklus III Selain itu dalam hal kemampuan membawakan lagu hanya lima siswa 16 7 yang mampu melakukannya pada siklus I namun angka ini meningkat menjadi dua puluh satu siswa 70 pada siklus II mencapai persentase penyelesaian pembelajaran sebanyak 86 3 pada pelaksanaan siklus III Dengan demikian penerapan metode drill< em> pada pembelajaran gitar pemula di SMA Negeri 1 Tondano memiliki dampak yang positif bagi siswa < p>
References
Amin R Rahayu S 2021 Penerapan Metode Pembelajaran DRILL Pada Pendidikan Menengah Kejuruan VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal 2 2 113 119
Athiyah C U 2019 Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah sebagai alternatif desentralisasi pendidikan di MAN 4 Jakarta Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 7 1 130 145
Azzahra M Amaliyah N 2022 Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar Jurnal Cakrawala Pendas 8 3 851 859
Darto M 2005 Prospek dan Tantangan Desentralisasi Pendidikan di Kalimantan Timur Jurnal Borneo Administrator 1 3
Dinata T P Reinita R 2020 Pendekatan Value Clarification Technique Sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Jurnal Pendidikan Tambusai 4 2 1189 1202
Fajrin R 2018 Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 2 125 156
Gusasi R 2019 Pembelajaran Chord Dasar Gitar pada Siswa Kelas VII dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Paguyaman Skripsi Universitas Negeri Gorontalo https: repository ung ac id skripsi show 341411023 pembelajaran chord dasar gitar pada siswa kelas vii dalam kegiatan ekstrakurikulerdi smp negeri 1 paguyaman html
Hartati S 2022 Systematisasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Journal of Islamic Education and Learning 2 1 37 48
Kemmis S McTaggart R 1988 The action research planner 3rd ed Geelong: Deakin University
Maisyanah M 2018 Analisis Dampak Desentralisasi Pendidikan Dan Relevansi School Based Management Quality 6 2 1 13
Mawardi M 2014 Pemberlakuan Kurikulum SD MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 4 3 107 121
Pangesti Y S Wadiyo W 2021 Applications Of Demonstrations And Drill Methods For Music Ensemble Practise In Junior High School Student In The Social Interaction Perspective Jurnal Seni Musik 10 1 5 10
Pasandaran S 2016 Desentralisasi Pendidikan dan Masalah Pemberdayaan Sekolah Jurnal Ilmu Pendidikan 11 2
Primayana K H Lasmawan I W Adnyana P B 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas Iv Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 9 2 72 79
Putri H D Wardiah D Nurdin N 2023 Pembelajaran Tari Siwar Menggunakan Metode Drill pada Kegiatan Ekstrakurikuler di Mts Negeri 1 Lahat Indonesian Research Journal on Education 3 1 188 197
Raharjo I B Wijaya I P Lestariningrum A 2018 Optimalisasi Penggunaan Metode Drill Pada Pembelajaran Gitar Pemula Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI PGRI Kabupaten Kediri Jurnal Pendidikan Anak 7 2 138 145
Retnawati H 2015 Hambatan guru matematika sekolah menengah pertama dalam menerapkan kurikulum baru Jurnal Cakrawala Pendidikan 34 3
Setyaningsih K 2017 Esensi tranformasi sistem sentralisasi desentralisasi pendidikan dalam pembangunan masyarakat El Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 1 76 94
Sugiyono 2010 Metode Penelitian kuantitaif kualitatif dan R D Penerbit ALFABETA Indonesia
Sumpena S Nurhamidah S Hilman C 2022 Kebijakan Desentralisasi Pendidikan dan Implementasinya dalam Pendidikan di Indonesia Jurnal Inovasi Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran JIEPP 2 2 41 51
Supriyadi U D 2009 Pengaruh Desentralisasi Pendidikan Dasar Terhadap Kualitas Pendidikan Di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 39 1
Tae L F Ramdani Z Shidiq G A 2019 Analisis tematik faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran sains Indonesian Journal of Educational Assessment 2 1