ANALISIS STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i11.6601Keywords:
Strategi Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, SMA Negeri 1 KotamobaguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovasi pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Musikologi Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi pengelolaan kegiatan termasuk penyampaian materi penggunaan peralatan dan media serta penentuan bahan dan waktu Selain itu strategi berbasis masalah SPMB juga diadopsi sebagai metode pembelajaran di kelas Terdapat lima komponen yang ikut serta dalam strategi pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran materi pembelajaran metode media dan evaluasi Selain strategi penelitian ini juga mengidentifikasi tiga model inovasi pembelajaran yang diterapkan yaitu inovasi pembelajaran kuantum inovasi pembelajaran kompetensi dan inovasi pembelajaran kontekstual Temuan ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana guru seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu menghadapi tantangan pembelajaran dan mengembangkan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa < p>
References
Agustini D 2020 Peranan Lagu Anak Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial 1 1 25 46
Ansori A Sari A F 2020 Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19 Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara 1 2 133 148
Anurrahman 2012 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Arikunto S 1991 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Asep Jihad Abdul Haris 2009 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Press
Bahari N 2008 Kritik Seni Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bustomi S 1992 Seni dan Budaya Jawa Semarang: IKIP Semarang Press
Darsono M dkk 2000 Belajar dan Pembelajaran Semarang: IKIP Semarang Press
Daryanto M R 2012 Model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Gava Media
Dimyati M 1999 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah S B 1997 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta
Ekosiswoyo R 1996 Belajar dan Pembelajaran Semarang: FIP Semarang
Haeran S S Mainuddin M P I Muhibullah M Umami R Syatriadin S Pd M M Syahid M 2022 Gagasan Konsep Inovasi Pendidikan Edu Publisher
Hamdani 2011 Strategi Belajar Mengajar Bandung: CV Pustaka Setia
Jamalus 1998 Musik Dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru Jakarta: CV Titik Terang
Khanifatul 2014 Pembelajaran Inovatif Jogjakarta: Ar ruzz Media
Kusumastuti E 2010 Pendidikan Seni Tari melalui Pendekatan Ekspresi Bebas Disiplin Ilmu dan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Harmonia: Journal of Arts Research and Education 10 2
Mack D 2002 Komposisi Di Sekolah Sebagai Jalur Keluar Dari Dilema Pendidikan Musik Semiloka Pendidikan Seni Semarang Pasca Sarjana UNNES
Moleong L 1994 Metode Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhidayati T 2015 Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences Jurnal Pendidikan Agama Islam Journal of Islamic Education Studies 3 1 23 56
Octavia S A 2020 Model model pembelajaran Deepublish
Pradoko S Pitoyo W P P D 2016 Rancang bangun musik angklung model SATB dasar aransemen model orchestra Imaji 14 1 90 97
Rohman A Ningsih Y E 2018 October Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4 0 In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Vol 1 pp 44 50
Rokhmat J Wildan W Sukardi S 2018 Profil Alumni Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 3 2
Sa ud U S 2009 Inovasi Pendidikan Bandung: Alfabeta
Sanjaya W 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Seknun M F 2013 Strategi Pembelajaran BIOSEL Biology Science and Education : Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan 2 2 120 128
Simanjuntak P 1983 Proses Belajar Mengajar Bandung: Tarsito
Sukarman H 2003 Dasar dasar Didaktik Pembelajaran Jakarta: Direktorat Kependidikan
Sumaryanto T F 2007 Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni Semarang: UNNES PRESS
Suryosubroto B 2002 Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Jakarta: Rineka Cipta
Tarsa A 2016 Apresiasi seni: Imajinasi dan kontemplasi dalam karya seni JPGI Jurnal Penelitian Guru Indonesia 1 1
Usman M U Setiawati L 1993 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya
Wijaya D H I 2022 Pembelajaran Musik Untuk Anak Abk Dengan Metode Garap Di Pondok Sosial Kalijudan Surabaya Jurnal Pendidikan Sendratasik 11 1 51 69