ANALISIS STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK

Authors

  • Fredo Ronaldo Lalamentik Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Meyny Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Glenie Latuni Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i11.6601

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, SMA Negeri 1 Kotamobagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovasi pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Musikologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi pengelolaan kegiatan, termasuk penyampaian materi, penggunaan peralatan dan media, serta penentuan bahan dan waktu. Selain itu, strategi berbasis masalah (SPMB) juga diadopsi sebagai metode pembelajaran di kelas. Terdapat lima komponen yang ikut serta dalam strategi pembelajaran, yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, dan evaluasi. Selain strategi, penelitian ini juga mengidentifikasi tiga model inovasi pembelajaran yang diterapkan, yaitu inovasi pembelajaran kuantum, inovasi pembelajaran kompetensi, dan inovasi pembelajaran kontekstual. Temuan ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana guru seni musik di SMA Negeri 1 Kotamobagu menghadapi tantangan pembelajaran dan mengembangkan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

References

Agustini, D. (2020). Peranan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 1(1), 25-46.

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148.

Anurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Jihad, Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Bahari, N. (2008). Kritik Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bustomi, S. (1992). Seni dan Budaya Jawa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Darsono, M., dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Daryanto, M. R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, M. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, R. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: FIP Semarang.

Haeran, S. S., Mainuddin, M. P. I., Muhibullah, M., Umami, R., Syatriadin, S., Pd, M. M., ... & Syahid, M. (2022). Gagasan Konsep Inovasi Pendidikan. Edu Publisher.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jamalus. (1998). Musik Dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV. Titik Terang.

Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Kusumastuti, E. (2010). Pendidikan Seni Tari melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2).

Mack, D. (2002). Komposisi Di Sekolah Sebagai Jalur Keluar Dari Dilema Pendidikan Musik. Semiloka Pendidikan Seni, Semarang, Pasca Sarjana UNNES.

Moleong, L. (1994). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, T. (2015). Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 23-56.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Pradoko, S., & Pitoyo, W. P. P. D. (2016). Rancang bangun musik angklung model SATB, dasar aransemen model orchestra. Imaji, 14(1), 90-97.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).

Rokhmat, J., Wildan, W., & Sukardi, S. (2018). Profil Alumni Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2).

Sa’ud, U. S. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 2(2), 120-128.

Simanjuntak, P. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sukarman, H. (2003). Dasar-dasar Didaktik & Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Kependidikan.

Sumaryanto, T. F. (2007). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES PRESS.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarsa, A. (2016). Apresiasi seni: Imajinasi dan kontemplasi dalam karya seni. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 1(1).

Usman, M. U., & Setiawati, L. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, D. H. I. (2022). Pembelajaran Musik Untuk Anak Abk Dengan Metode Garap Di Pondok Sosial Kalijudan Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 51-69.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Lalamentik, F. R., Kaunang, M. ., & Latuni, G. . (2024). ANALISIS STRATEGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN SENI MUSIK. KOMPETENSI, 3(11), 2714-2722. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i11.6601