PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DALAM PADUAN SUARA

Authors

  • Joam Nieckens Mokoagow Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Meyny Kaunang Universitas Negeri Manado
  • RAD Sri Hartati Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6602

Keywords:

Pembelajaran, Teknik Vokal, SMA Negeri 3 Kotamobagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses pembelajaran teknik vokal pada Paduan Suara SMA Negeri 3 Kotamobagu. Paduan suara, sebagai kegiatan sosial yang sangat sukses dalam ranah seni, memiliki berbagai manfaat. Paduan suara merupakan entitas dasar yang dapat diorganisir dan disutradarai oleh kelompok paduan suara dan aransemen vokal. Dalam konteks paduan suara, setiap suara memiliki perannya masing-masing dalam komposisi, terbagi menjadi sopran, alto, tenor, dan bass (SATB). Namun, paduan suara siswa di sekolah belum mencapai standar SATB. Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran teknik vokal dalam paduan suara SMA Negeri 3 Kotamobagu dan implikasinya. Pendekatan kualitatif dan metodologi Musikologi digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran teknik vokal dalam paduan suara merupakan komponen integral dalam proses belajar mengajar. Ini memegang peran kunci dalam upaya siswa dalam menguasai isi pembelajaran, yang sekaligus menjadi dasar bagi penilaian kemampuan siswa dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anggraini, F. S., Pratamawati, E. S. D., & Hartono, H. (2023). Media Audio Visual untuk Meningkatkan Teknik Vokal Unisono bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(8), 1184-1197.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Balai Pustaka.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.

Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Selecting and Using Media: Principles of Instructional Design. Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Handayani, F., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Implementasi Seni Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370-11378.

Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Pemimpin P2LPTK.

Kansil, C. P., Hartati, R. D. S., & Takalumang, L. M. (2021). Strategi dan Penerapan Balance dan Blending dalam Paduan Suara. KOMPETENSI, 1(11), 947-955.

Lubis, K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal of Elementary Education, 6(1), 894-901.

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teknik Vokal Chest Voice di Amabile Music Studio. Melodious: Journal Of Music, 1(2), 74-84.

Nugroho, P. Y. S., & Sadewo, F. X. S. (2023). Gaya Hidup Mahasiswa Penikmat Musik Jazz di Unit Kegiatan Paduan Suara dan Musik Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 12(3), 151-160.

Olong, A. N. (2023). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Angkasa Lanud Padang. EDUMUSIKA, 1(1), 66-75.

Ranam, S., & Amaliah, D. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Research and Development Journal of Education, 3(2).

Resih, R. (2021). Teknik Vokal Pada Grup Salam Nasyid Di Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi, Universitas Islam Riau. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7789

Roestiyah. (1980). Tujuan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., Hartatik, S., & Septyani, M. D. (2022). Pelestarian Suling Bambu melalui Ekstrakurikuler Kesenian: Program Pengabdian Masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 943-948.

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., Hartatik, S., & Septyani, M. D. (2022). Pelestarian Suling Bambu melalui Ekstrakurikuler Kesenian: Program Pengabdian Masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 943-948.

Saputra, A. A., Kadir, T. H., & Syahrel, S. (2013). Minat Siswa Terhadap Musik: Studi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 37-44.

Saputri, R. D. (2013). Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tunanetra. Harmonia: Journal of Arts and Education, 13(1), 38-39.

Savira, D., & Sunaryo, S. (2023). Analisis Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik Kelas VI SDN Pinang 8 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20974-20978.

Siahaan, A., & Sihombing, L. (2022). Pembelajaran Teknik Vokal Riff and Runs Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Medan. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(1), 46-54.

Sitinjak, L. (2016). Vokalista Divina: Penerapan Eksistensi Transjender pada Paduan Suara Sebagai Sebuah Identitas Sosial. PROMUSIKA, 4(1), 57-66.

Telaumbanua, E. H. (2022). Pengembangan Model WICDIE dalam pembelajaran paduan suara. Publica Indonesia Utama.

Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas dalam pembelajaran musik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2).

Yunanto, R. P. (2023). Formasi Warna Komposisi Lagu Gundul-gundul Pacul Oleh Paduan Suara Anak" Vocalista Angels". Sandaoni, 1(1), 1-13.

Yunita, S., & Syeilendra, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Teknik Vokal Di Kelas VII-3 SMP Negeri 12 Sijunjung. Jurnal Sendratasik, 9(1), 24-32.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Mokoagow, J. N., Kaunang, M. ., & Hartati, R. S. . (2023). PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DALAM PADUAN SUARA. KOMPETENSI, 3(10), 2656-2663. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i10.6602