ANALISIS KESALAHAN PEMBENTUKAN KALIMAT PERFEKT PADA TULISAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI, UNIVERSITAS NEGERI MANADO (FBS UNIMA)

Authors

  • Ririn Angelia Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Johanna Rimbing Universitas Negeri Manado
  • Prilimercy E. Kojongian Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.6738

Keywords:

Analisis kesalahan, Kalimat Perfekt, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan pembentukan kalimat Perfekt serta mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut ditinjau melalui siasat Taksonomi permukaan. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk penelitian ini. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMA semester VIII. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa, jenis kesalahan yang terdapat dalam pembentukan kalimat Perfekt ialah kesalahan penggunaan Hilfsverb haben dan sein serta kesalahan dalam meletakkan posisi Hilfsverb haben dan sein. Faktor-faktor yang melatarbelakangi kesalahan-kesalahan tersebut yaitu, Intralingual errors, Interlingual errors, dan ketidakcermatan mahasiswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa dalam hal meminimalisir kesalahan pembentukan kalimat Perfekt bahasa Jerman, diperlukan suatu usaha untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kemampuan mahasiswa semester VIII Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Oleh karena itu, pengajaran kaidah-kaidah bahasa Jerman haruslah disajikan dengan lebih variatif dan berulang-ulang, khususnya dalam pembelajaran bentuk Partizip Perfekt untuk regelmäβigen verben und unregelmäβigen verben. Selain itu, pengajar juga perlu memberikan penjelasan yang lebih mendetail mengenai penggunaan Hilfsverb haben und sein agar Mahasiswa tidak keliru dalam membentuk kalimat Perfekt bahasa Jerman. Mahasiswa harus lebih serius dan cermatdalam mempelajari kaidah-kaidah bahasa Jerman agar dapat lebih baik lagi dalam menguasainya.

References

Alber, A., & Febria, R. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis dalam Kumpulan Makalah Mahasiswa Universitas Islam Riau. GERAM, 6(2), 77-90. Diakses dari https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/download/2143/1412/92.

Aprianti, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bagian Pendahuluan Skripsi Mahasiswa IAIN Bengkulu. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/5853/1/SKRIPSI%20RIKA%20APRIANTI.pdf.

Bingku, S. M. E. (2017). Buku Ajar LBJ 2 (Edisi Revisi Februari 2017). Universitas Negeri Manado.

Dalle, A., & Anwar, M. (2019). Penerapan Media Flashcard dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 22(2), 89-93.

Dengler S., Lorenz, H., & Gerbes, J. (2016). B1 Goethe Zertifikat B1 Übungssatz Erwachsene Kandidaten-Blätter Prüferblätter. München

Dür, S. (1990). Einführung in die desriptive Linguistik. Deutschland: Westdeutscher Verlag.

Farhana, Y., Anwar, M., & Asri. W. K. (2022). Card Sort Dalam Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature 2(2), 224-229. http://dx.doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35304.

Hastuti, H. T., Ekawati, M., & Wijayanti, A. (2023). Disfungsi Kata Di Mana dan Yang Mana sebagai Konjungsi pada Teks Pidato Bahasa Indonesia. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 65-75. https://doi.org/10.31002/repetisi.v6i1.4168.

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan koherensi paragraf dalam karangan narasi mahasiswa teknik angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 73-82. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3924

Malik, A. R., & Fatimah, S. (2017). Analisis kesalahan morfologi dalam karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 2 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 65. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2992

Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of economic development, environment and people, 7(1), 23-48.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261.

Nurcaya, N., & Ningsih, W. (2023). Kesalahan Penulisan Kalimat pada Karangan Pribadi Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 11-28. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.899.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102-114. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020201

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Celeban Timur: Pustaka Pelajar.

Rimbing, J., & Kapoh, R. J. (2020). Tindak tutur anak remaja di kabupaten Minahasa dalam percakapan keluarga dan penilaian kesantunan berbahasa. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 43-52. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i1.8074.g5452

Sitanggang, S. M., Fatimah, S., & Saud, S. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1), 28-34. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5634.

Tambunsaribu, G. (2022). Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Skripsi dan Laporan Magang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 447-454. Diakses dari https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/711.

Tarigan, H. G. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarwiyati, P. A., & Sabardila, A. (2022). Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 125-135.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Angelia, R., Rimbing, J., & Kojongian, P. E. (2025). ANALISIS KESALAHAN PEMBENTUKAN KALIMAT PERFEKT PADA TULISAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI, UNIVERSITAS NEGERI MANADO (FBS UNIMA). KOMPETENSI, 4(3), 164-170. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.6738