KAJIAN MORFOSINTAKSIS TERHADAP KESALAHAN BERBAHASA PADA GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.6765Keywords:
Kajian Morfosintaksis, Kesalahan Berbahasa, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan Kabupaten Minahasa dari sudut pandang kajian morfosintaksis. Penelitian kualitatif ini disusun dengan menggunakan strategi subyektif informatif. Observasi, pencatatan, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Lima guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan adalah sumber data dalam penelitian in. Data yang diperoleh dianalasis dengan menggunakan teknik analisis isi yang meliputi tahapan: reduki data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan melakukan kesalahan berbahasa ditinjau dari sudut pandang kajian morfosintaksis. Kesalahan bahasa dalam bidang morfologi yang ditemukan adalah kata tidak baku, kesalahan permintaan kata, dan kata relasional yang salah. Kalimat-kalimat tidak beraturan serta kalimat-kalimat yang terbagi atas predikat mengandung kesalahan sintaksis. Pengguna bahasa, faktor lingkungan, dan faktor pengaruh bahasa daerah merupakan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa Indonesia.
References
Andrianti, S. (2018). Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Jurnal Fidei, 1(2), 235-249.
Anggrianto, F. (2022). Analisis Wacana Kritis (Kajian Eufemisme dan Disfemisme dalam Wacana). CV Jejak (Jejak Publisher).
Ayu, H. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Guru Bahasa Indonesia Di Sman 1 Plampang Kabupaten Sumbawa Kajian Morfosintaksis. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Mataram. Diakses dari https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1278.
Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewi, J. (2013). Wujud Kesalahan Bahasa Guru Bahasa Indonesia SMP Laboratorium Undiksha: Tinjauan Aspek Struktur dan Diksi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(6).
Haryanti, E. (2019). Penggunaan bahasa dalam perspektif tindak tutur dan implikasinya bagi pendidikan literasi. Jurnal Tambora, 3(1), 21-26.
Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN MIRI. Visipena, 8(2), 241-253.
Kesuma, T. M. J. (2007). Pengantar Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.
Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mat, P. E., & Shaid, N. A. N. (2023). Kesalahan Bahasa Dalam Penulisan Karangan Murid Etnik Minoriti. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(1), 88-97.
Moleong, L. J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Prima.
Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25-30.
Muslich, M. (2008). Tata Bentuk Bahasa Indonesia (Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskrptif). Jakarta: Bumi Aksara.
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).
Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 10-21.
Pateda, (1987). Analisis Kesalahan. Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
Rahayu, R. (2018). Peran Media Massa dalam Rangka Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kelasa, 13(2), 181-192.
Rahmatiah, 2016. Kesalahan Berbahasa dalam Karya Tulis Ilmiah Guru Guru Non bahasa Indonesia Kabupaten Luwu. STIEYPUP Makassar.
Ramlan, 1987. Morfologi: Suatu Tujuan Deskrptif. Yogyakarta: CV. Karyono.
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.
Setiyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA.
Supriadi, (1986). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Karunika.
Tarigan, H. G. (1997). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.