KAJIAN MORFOSINTAKSIS TERHADAP KESALAHAN BERBAHASA PADA GURU BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.6765Keywords:
Kajian Morfosintaksis, Kesalahan Berbahasa, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan Kabupaten Minahasa dari sudut pandang kajian morfosintaksis Penelitian kualitatif ini disusun dengan menggunakan strategi subyektif informatif Observasi pencatatan dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data Lima guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan adalah sumber data dalam penelitian in Data yang diperoleh dianalasis dengan menggunakan teknik analisis isi yang meliputi tahapan: reduki data penyajian data verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kawangkoan melakukan kesalahan berbahasa ditinjau dari sudut pandang kajian morfosintaksis Kesalahan bahasa dalam bidang morfologi yang ditemukan adalah kata tidak baku kesalahan permintaan kata dan kata relasional yang salah Kalimat kalimat tidak beraturan serta kalimat kalimat yang terbagi atas predikat mengandung kesalahan sintaksis Pengguna bahasa faktor lingkungan dan faktor pengaruh bahasa daerah merupakan faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa Indonesia < p>
References
Andrianti S 2018 Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Jurnal Fidei 1 2 235 249
Anggrianto F 2022 Analisis Wacana Kritis Kajian Eufemisme dan Disfemisme dalam Wacana CV Jejak Jejak Publisher
Ayu H 2020 Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Guru Bahasa Indonesia Di Sman 1 Plampang Kabupaten Sumbawa Kajian Morfosintaksis Skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram Diakses dari https: repository ummat ac id id eprint 1278
Chaer A 2009 Sintaksis Bahasa Indonesia Jakarta: PT Rineka Cipta
Dewi J 2013 Wujud Kesalahan Bahasa Guru Bahasa Indonesia SMP Laboratorium Undiksha: Tinjauan Aspek Struktur dan Diksi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 1 6
Haryanti E 2019 Penggunaan bahasa dalam perspektif tindak tutur dan implikasinya bagi pendidikan literasi Jurnal Tambora 3 1 21 26
Johan G M Simatupang Y J 2017 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia secara Sintaktis dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN MIRI Visipena 8 2 241 253
Kesuma T M J 2007 Pengantar Metode Penelitian Bahasa Yogyakarta: Carasvatibooks
Kridalaksana H 2001 Kamus Linguistik Jakarta: Gramedia
Mahsun 2014 Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi Metode dan Tekniknya Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mat P E Shaid N A N 2023 Kesalahan Bahasa Dalam Penulisan Karangan Murid Etnik Minoriti Jurnal Dunia Pendidikan 5 1 88 97
Moleong L J 2001 Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Pustaka Prima
Murdiyati S 2020 Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa Educatif Journal of Education Research 2 3 25 30
Muslich M 2008 Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian ke Arah Tata Bahasa Deskrptif Jakarta: Bumi Aksara
Noermanzah N 2019 Bahasa sebagai alat komunikasi citra pikiran dan kepribadian In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra pp 306 319
Nurkholis N 2018 Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab Al Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 1 01 10 21
Pateda 1987 Analisis Kesalahan Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah
Rahayu R 2018 Peran Media Massa dalam Rangka Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelasa 13 2 181 192
Rahmatiah 2016 Kesalahan Berbahasa dalam Karya Tulis Ilmiah Guru Guru Non bahasa Indonesia Kabupaten Luwu STIEYPUP Makassar
Ramlan 1987 Morfologi: Suatu Tujuan Deskrptif Yogyakarta: CV Karyono
Santika I G N Sudiana I N 2021 Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha 11 4 464 472
Setiyawati Nanik 2010 Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik Surakarta: Yuma Pustaka
Suandi I N 2014 Sosiolinguistik Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sumarsono 2014 Sosiolinguistik Yogyakarta: SABDA
Supriadi 1986 Analisis Kesalahan Berbahasa Jakarta: Karunika
Tarigan H G 1997 Pengajaran Pemerolehan Bahasa Bandung: Angkasa
Triwiyanto T 2022 Manajemen kurikulum dan pembelajaran Bumi Aksara