UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN MELALUI MEDIA PERMAINAN SCHNELL ARRANGIEREN SISWA SMA KRISTEN 1 TOMOHON

Authors

  • Theresia Seba Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Soflies M. E. Bingku Manado State University image/svg+xml
  • Denny Royke Sarajar Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.7043

Keywords:

Pembelajaran, Media Pembelajaran, Permaianan Bahasa, Permainan Schnell Arrangieren

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosa kata bahasa Jerman dan aktivitas siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya IBB SMA Kristen 1 Tomohon dimana peneliti guru dan siswa bekerja sama untuk memutuskan strategi yang akan digunakan Penelitian tindakan ini menggunakan proses analisis data deskriptif kualitatif dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi pada setiap siklus Waktu pelaksaan penelitian ini yaitu pada bulan Maret Mei 2023 metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah observasi kelas wawancara angket dan tes Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya IBB SMA Kristen 1 Tomohon hal ini dapat dilihat dari tahap pertama yaitu tahap Pra Tindakan dengan rata rata 76 10 kemudian kedua siklus II mengalami peningkatan dengan rata rata 82 8 dan yang ketiga siklus II pada tahap ini peningkatan penguasaan kosakata mencapai rata rata 90 2 Selain itu juga terjadi peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Jerman rata rata jumlah skor pada tahap Pra Tindakan adalah 2 45 kemudian pada tahap siklus II mengalami peningkatan menjadi 2 72 dan pada tahap ketiga rata rata jumlah skor keaktifan mencapai 3 18 < p>

References

Arsyad A 2009 Media pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada

Brown H D 2007 Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa Noor Cholis Yuli Avianto Pareanom Terj Jakarta: U S Embassy

Buttner A 2013 Aktivitas permainan dan strategi penilaian untuk kelas bahasa asing Jakarta: PT Indeks

Commission on Instructional Tecnology 2012 Surayya mengenai media pembelajaran Diunduh dari https: spada uns ac id articles pluginfile php 14480 mod_folder content 0 Teknologi 20Pembelajaran

Dardjowidjojo S 2012 Pengantar pemahaman bahasa manusia Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Djiwandono S 2011 Tes bahasa pegangan bagi pengajar bahasa Jakarta: PT Indeks

Girsang F Br 2020 Peningkatan belajar bahasa Jerman melalui penerapan model pembelajaran power of two Jurnal Pena Edukasi 21 28

Hamalik O Hadimiarso Y 1986 Media pendidikan dan pemanfaatannya Bandung: Alumni

Harmin M Toth M 2012 Pembelajaran aktif yang menginspirasi Jakarta: PT Indeks

Herawanto 2015 Pembelajaran menggunakan media permainan Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman Surabaya

Iskandarwassid Sunendar 2013 Strategi pembelajaran bahasa Bandung: Remaja Rosdakaya

Ismawati E 2009 Metode penelitian pendidikan bahasa sastra Yogyakarta: Cawanmas

Kudriyah 2006 Pengajaran bahasa Jerman di Indonesia Diunduh dari https: media neliti com media publications 76902 articles pengajaran bahasa jerman di indonesia blomberg

Lado R 2012 Pengertian kosakata dan kerangka berpikir Auliana Terj Makassar: Universitas Negeri Makassar

Madsen S H 2008 Techniques in testing New York Oxford: Oxford University Press

Musfiqon 2012 Pengembangan media sumber pembelajaran Jakarta: PT Prestasi Pustaka

Nababan Subyakto Madya S 2013 Metodologi pengajaran bahasa Jakarta: Dirjendikti

Nurgiyantoro B 2001 Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra Yogyakarta: BPFE

Parera J D 2000 Leksikon istilah pembelajaran bahasa Machfudz Terj Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Purba E T 2015 Upaya meningkatkan pembelajaran pemahaman dasar dasar bahasa Jerman dengan menggunakan metode mempoto bagi siswa kelas 2 SMA Negeri 51 Jakarta Timur Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan 41 50

Rifa I 2012 Koleksi games edukatif Yogyakarta: Flashbooks

Rifanty E 2019 Peningkatan keaktifan belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1 6

Sadiman A 2006 Media pendidikan pengertian pengembangan dan pemanfaatannya Jakarta: Raja Grafindo Persada

Salmaa 2021 16 Mei Angket penelitian [Weblog post] Diunduh dari https: penerbitdeepublish com angket penelitian

Sarajar D R 2019 Efektifitas dan efisiensi pembelajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing di SMA Negeri I Tondano International Journal of Social Science 644 654

Sudjana Rivai A 2002 Media pengajaran Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono 2020 Metode penelitian kuantatif kualitatif Bandung: Alfabeta

Sutopo H B 2006 Metode penelitian kualitatif Surakarta: UNS Press

Suyatno 2005 Permainan pendukung pembelajaran bahasa dan sastra Jakarta: PT Grasindo

Unaenah Azzahra 2022 Analisis penggunaan media pembelajaran Journal of Management and Basic Education 343 351

Uswatun 2010 Media pembelajaran Diunduh dari https: bdkdenpasar kemenag go id upload files Artikel 20Media 20Pembelajaran

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN MELALUI MEDIA PERMAINAN SCHNELL ARRANGIEREN SISWA SMA KRISTEN 1 TOMOHON. (2025). KOMPETENSI, 4(10), 661 672. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.7043