ANALISIS KESULITAN BELAJAR GOI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.7499Keywords:
Penguasaan Kosakata, Kesulitan Belajar, Bahasa JepangAbstract
Penelitian ini disusun dengant tujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang dalam menghafal goi (kosakata) bahasa Jepang. Selain itu penelitian ini disusun untuk melihat efektivitas teknik menghafal dalam penguasaan kosa kata bahasa Jepang mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Manado (UNIMA). Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode eksperimen kelompok tunggal. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara kepada sumber data dalam penelitian ini, mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Bahasa Jepang tahun pelajaran 2022-2023 yang berjumlah 18 orang. Analisi data dilakukan melalui analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa teknik menghafal dengan menggunakan rekaman dapat meningkatkan penguasaan kosakata (goi) mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini terlihat dari nilai post-test (86,72) yang lebih tinggi dari pre-test (51,5). Hal ini mengimplikasikan bahwa penguasaan kosakata bahasa jepang mahasiswa dapat dibantu dengan menggunakan teknik menghafal dengan cara merekam kosa kata untuk didengarkan kembali.
References
Alimin, A. A., & Ramaniyar, E. (2020). Sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa: studi kasus pendekatan dwi bahasa di kampus dasar kelas rendah. Putra Pabayo Perkasa.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta
Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 37-47.
Dewi, D. U., & Ali, M. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6).
Dwiyanti, F. N., Nidhafar, N. N., Anshar, L. F., Erita, R., & Budiani, D. (2022). Pembelajaran Daring Kotoba (Kosakata) Bahasa Jepang Di SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 167-177.
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal of Education Research, 1(1), 46-54.
Govinda, P. S. A., & Hanami, Y. (2023). Pengalaman Intercultural Adjustment Mahasiswa Indonesia di Jepang. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 6(1), 01-20.
Hamalik. (1983). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Sinar Utama
Kartika, D., & Izmayanti, D. K. (2023). The Influence Of Anime On Japanese Literature Students At Bung Hatta University. Hikari: Jurnal Bahasa dan Kebudayaan, 2(2), 161-171.
Muhammad. (1999). Bimbingan Belajar di Perguruan Tinggi. Depdikbud.
Nasution, T. O. S., Fatimah, S., & Yulia, N. (2018). Hubungan Kebiasaan Menonton Anime dengan Penguasaan Kosakata (Goi) Mahasiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 1(1).
Pertiwi, K. P. (2017) Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Strategi Bamboo Dancing Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang Di SMK Wijaya Kusuma (Penelitian Eksperimen terhadap Mahasiswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Universitas Negeri Jakarta (diakses melalui http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29258).
Pongilatan, T. T. D., Sambeka, F. L., & Lensun, S. F. (2022). Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu “Kutsu” Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. KOMPETENSI, 2(05), 1366-1374.
Pramesti, A. V. (2023, August). Pengaruh Strategi Pengulangan Kosa Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 MI Banjarharjo. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP Unila (Vol. 2, No. 1).
Pratama, H. (2017). Pembelajaran Repetitif Sebagai Strategi Pemerolehan Kemahiran Membaca Dan Menulis Aksara Kanji Bagi Pembelajar Tingkat Madya. In Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya.
Pujiono, M., & Gapur, A. (2020). Japanese Vocabulary Acquisition Of Indonesia Adult Learners. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 4(2), 202-210.
Ramliyana, R. (2016). Penerapan media komik pada pembelajaran BIPA (studi kasus pada peserta Korea tingkat pemula di Universitas Trisakti Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).
Saifuddin, A. (2020). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan?. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1-22.
Saifuddin, A. (2020). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan?. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1-22.
Satiani, L. N. (2020). Masalah–Masalah Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Periwisata Pada Program Studi Destinasi Pariwisata (Despar) Di Universitas Kristen Satya Wacana. Prosiding MINASAN, 1, 140-160.
Sudjianto, A. D. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta.
Sudrajat, H. N., & Herlina, H. (2015). Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 114-121.
Tamamura, F. (2001). Nihongogaku o Manabu Hito no Tameni. Sekaishishousha
Tarigan, H. G. (1993). Berbicara sebagai suatu keterampilan Berbahasa.Angkasa
The Japan Foundation. (2002). Kaigai Kyoushi no Tame Nihongo no Kyoujuhou. Saitama.
Wahidati, L., & Rahmawati, D. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Kesulitan yang Dihadapi Saat Menempuh JLPT: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 3(1), 41-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.