ANALISIS KESULITAN BELAJAR GOI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.7499Keywords:
Penguasaan Kosakata, Kesulitan Belajar, Bahasa JepangAbstract
Penelitian ini disusun dengant tujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang dalam menghafal goi < em> kosakata bahasa Jepang Selain itu penelitian ini disusun untuk melihat efektivitas teknik menghafal dalam penguasaan kosa kata bahasa Jepang mahasiswa Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Manado UNIMA Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode eksperimen kelompok tunggal Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara kepada sumber data dalam penelitian ini mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Bahasa Jepang tahun pelajaran 2022 2023 yang berjumlah 18 orang Analisi data dilakukan melalui analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif nbsp;Hasil penelitian menujukkan bahwa teknik menghafal dengan menggunakan rekaman dapat meningkatkan penguasaan kosakata goi< em> mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Hal ini terlihat dari nilai post test< em> 86 72 yang lebih tinggi dari pre test< em> 51 5 Hal ini mengimplikasikan bahwa penguasaan kosakata bahasa jepang mahasiswa dapat dibantu dengan menggunakan teknik menghafal dengan cara merekam kosa kata untuk didengarkan kembali < p>
References
Alimin A A Ramaniyar E 2020 Sosiolinguistik dalam pengajaran bahasa: studi kasus pendekatan dwi bahasa di kampus dasar kelas rendah Putra Pabayo Perkasa
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta
Arsyam M Tahir M Y 2021 Ragam jenis penelitian dan perspektif Al Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2 1 37 47
Dewi D U Ali M 2014 Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa JPPK 2 6
Dwiyanti F N Nidhafar N N Anshar L F Erita R Budiani D 2022 Pembelajaran Daring Kotoba Kosakata Bahasa Jepang Di SMAN 8 Pekanbaru Jurnal Manajemen Pendidikan 5 2 167 177
Fauziddin M Fikriya M 2020 Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata Journal of Education Research 1 1 46 54
Govinda P S A Hanami Y 2023 Pengalaman Intercultural Adjustment Mahasiswa Indonesia di Jepang Jurnal Psikologi Islam dan Budaya 6 1 01 20
Hamalik 1983 Strategi Belajar dan Pembelajaran Sinar Utama
Kartika D Izmayanti D K 2023 The Influence Of Anime On Japanese Literature Students At Bung Hatta University Hikari: Jurnal Bahasa dan Kebudayaan 2 2 161 171
Muhammad 1999 Bimbingan Belajar di Perguruan Tinggi Depdikbud
Nasution T O S Fatimah S Yulia N 2018 Hubungan Kebiasaan Menonton Anime dengan Penguasaan Kosakata Goi Mahasiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang Tahun Ajaran 2017 2018 Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang 1 1
Pertiwi K P 2017 Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Strategi Bamboo Dancing Terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang Di SMK Wijaya Kusuma Penelitian Eksperimen terhadap Mahasiswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Wijaya Kusuma Lenteng Agung Tahun Ajaran 2016 2017 Skripsi Universitas Negeri Jakarta diakses melalui http: repository unj ac id id eprint 29258
Pongilatan T T D Sambeka F L Lensun S F 2022 Kemampuan Menguasai Kosakata Melalui Media Lagu Kutsu Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang KOMPETENSI 2 05 1366 1374
Pramesti A V 2023 August Pengaruh Strategi Pengulangan Kosa Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 MI Banjarharjo In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP Unila Vol 2 No 1
Pratama H 2017 Pembelajaran Repetitif Sebagai Strategi Pemerolehan Kemahiran Membaca Dan Menulis Aksara Kanji Bagi Pembelajar Tingkat Madya In Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya
Pujiono M Gapur A 2020 Japanese Vocabulary Acquisition Of Indonesia Adult Learners Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra 4 2 202 210
Ramliyana R 2016 Penerapan media komik pada pembelajaran BIPA studi kasus pada peserta Korea tingkat pemula di Universitas Trisakti Jakarta SAP Susunan Artikel Pendidikan 1 1
Saifuddin A 2020 Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan? Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi Perspektif 1 1 1 22
Saifuddin A 2020 Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan? Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi Perspektif 1 1 1 22
Satiani L N 2020 Masalah Masalah Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Periwisata Pada Program Studi Destinasi Pariwisata Despar Di Universitas Kristen Satya Wacana Prosiding MINASAN 1 140 160
Sudjianto A D 2004 Pengantar Linguistik Bahasa Jepang Jakarta
Sudrajat H N Herlina H 2015 Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo JIV Jurnal Ilmiah Visi 10 2 114 121
Tamamura F 2001 Nihongogaku o Manabu Hito no Tameni Sekaishishousha
Tarigan H G 1993 Berbicara sebagai suatu keterampilan Berbahasa Angkasa
The Japan Foundation 2002 Kaigai Kyoushi no Tame Nihongo no Kyoujuhou Saitama
Wahidati L Rahmawati D 2020 Persepsi Mahasiswa tentang Kesulitan yang Dihadapi Saat Menempuh JLPT: Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada JLA Jurnal Lingua Applicata 3 1 41 52