KESANTUNAN SEBAGAI LANDASAN PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA JEPANG

Authors

  • Mochamad Arief Komarudin Universitas Negeri Manado
  • Ruty Jacoba Kapoh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.7535

Keywords:

Kesantunan berbahasa, Pembelajaran bahasa Jepang, Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kesantunan berbahasa sebagai landasan pembelajaran bahasa Jepang. Kesantunan berbahasa merupakan aspek penting dalam komunikasi yang mencerminkan penghormatan dan tata krama dalam interaksi sosial. Di dalam konteks pembelajaran bahasa Jepang, pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip kesantunan ini sangat krusial karena bahasa Jepang memiliki sistem honorifik yang kompleks dan kaya akan nuansa budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kesantunan berbahasa dapat dijadikan dasar dalam metode pengajaran bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode fenomenologi yang digunakan untuk mengetahui gaya bahasa dan ujaran yang diucapkan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Manado. Hasil dari penelitian menunjukkan integrasi kesantunan berbahasa dalam kurikulum tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga memperdalam pemahaman mereka terhadap budaya Jepang. Dengan demikian, kesantunan berbahasa dapat dianggap sebagai komponen integral dalam pengajaran bahasa Jepang yang efektif.

References

Agustina, D., Sumarlam, S.S., & Rohmadi, M. (2020). Kesantunan Berbahasa sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa.

Aryanto, Bayu. 2017. Penyelamatan Muka Tindak Tutur Bahasa Jepang. Sebuah Kajian Pragmatik Lintas Bahasa di Kalangan Pembelajar Bahasa Jepang. Semarang.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. .2012. Linguistik Umum.Jakarta: Rineka Cipta.

Darmayanti, Luh. 2015. Kesantunan Dalam Pengajaran Bahasa Jepang. Denpasar : Linguistika Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana.

Diah, W. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Ungkapan Perintah Bahasa Jepang dalam Teks Percakapan : Kajian Kesantunan Berbahasa.

Etsuko Hirai., Sachiko Miwa. 2012. Minna no Nihongo Shokyuu Ichi. Jepang: 3A Corporation.

Guntur, Tarigan. 1981, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Penerbit Angkasa.

Ide, Sachiko. 1989. Formal Forms and Discerment: Two Neglected Aspects of Universals ofLinguistic Politeness. Australia: De Gruyter Mouton.

Ismail, M.L. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Kalangan Pelajar Universiti Utara Malaysia (Uum).

Komarudin, M. A., Kapoh, R.J., & Husain, S.W.J. Guide Conversations Method in Improving Speaking Skills in Kaiwa Learning (Japanese Language Conversation). Taiyou

Komarudin, M.A. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dengan Menggunakan Media Flipchart dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang : penelitian eksperimen kuasi pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016.

Kurniawaty, I., Afidah, N.N., & Faiz, A. (2022). Kesantunan Berbahasa Sebagai Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Nurjamilly, Wa Ode. 2015. Kesantunan Berbahasa Dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik).

Putri, Elisabeth Novita dan Aryanto Bayu. 2012. Strategi Kesantunan Tindak Tutur Direktif Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Sastra Jepang Tingkat 3 UDINUS. Semarang.

Setyawati, Rukni. 2017. Kesantunan Berbahasa Dalam Kelas. Semarang : Balai Bahasa Jawa Tengah.

Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2012. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc.

Sugiyono. (2010b). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriatningsih, Rina. 2017. Kesantunan Bertutur Mahasiswa Dengan Dosen Jepang Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Dalam Kelas. Yogyakarta.

Sutedi, Dedi. (2009). Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora Utama Press.

Sutedi, Dedi. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung:Humaniora Utama Press.

Widyahening, Evy Tri. 2011. Pentingnya Tindak Tutur Kesantunan Siswa Kepada Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Solo.

Willig, C. (2013). EBOOK: Introducing Qualitative Research In Psychology. McGraw-hill education (UK).

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Komarudin, M. A., & Kapoh, R. J. (2025). KESANTUNAN SEBAGAI LANDASAN PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA JEPANG. KOMPETENSI, 4(10), 654-660. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.7535