KESANTUNAN SEBAGAI LANDASAN PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i10.7535Keywords:
Kesantunan berbahasa, Pembelajaran bahasa Jepang, Bahasa JepangAbstract
Penelitian ini membahas mengenai kesantunan berbahasa sebagai landasan pembelajaran bahasa Jepang Kesantunan berbahasa merupakan aspek penting dalam komunikasi yang mencerminkan penghormatan dan tata krama dalam interaksi sosial Di dalam konteks pembelajaran bahasa Jepang pemahaman dan penerapan prinsip prinsip kesantunan ini sangat krusial karena bahasa Jepang memiliki sistem honorifik yang kompleks dan kaya akan nuansa budaya Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kesantunan berbahasa dapat dijadikan dasar dalam metode pengajaran bahasa Jepang Metode penelitian yang digunakan adalah metode fenomenologi yang digunakan untuk mengetahui gaya bahasa dan ujaran yang diucapkan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Manado Hasil dari penelitian menunjukkan integrasi kesantunan berbahasa dalam kurikulum tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa siswa tetapi juga memperdalam pemahaman mereka terhadap budaya Jepang Dengan demikian kesantunan berbahasa dapat dianggap sebagai komponen integral dalam pengajaran bahasa Jepang yang efektif < p>
References
Agustina D Sumarlam S S Rohmadi M 2020 Kesantunan Berbahasa sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa
Aryanto Bayu 2017 Penyelamatan Muka Tindak Tutur Bahasa Jepang Sebuah Kajian Pragmatik Lintas Bahasa di Kalangan Pembelajar Bahasa Jepang Semarang
Chaer Abdul 2010 Kesantunan Berbahasa Jakarta: Rineka Cipta 2012 Linguistik Umum Jakarta: Rineka Cipta
Darmayanti Luh 2015 Kesantunan Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Denpasar : Linguistika Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana
Diah W 2018 Faktor Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Ungkapan Perintah Bahasa Jepang dalam Teks Percakapan : Kajian Kesantunan Berbahasa
Etsuko Hirai Sachiko Miwa 2012 Minna no Nihongo Shokyuu Ichi Jepang: 3A Corporation
Guntur Tarigan 1981 Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Penerbit Angkasa
Ide Sachiko 1989 Formal Forms and Discerment: Two Neglected Aspects of Universals ofLinguistic Politeness Australia: De Gruyter Mouton
Ismail M L 2017 Kesantunan Berbahasa Dalam Kalangan Pelajar Universiti Utara Malaysia Uum
Komarudin M A Kapoh R J Husain S W J Guide Conversations Method in Improving Speaking Skills in Kaiwa Learning Japanese Language Conversation Taiyou
Komarudin M A 2015 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Partisipatif Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan PAKEM dengan Menggunakan Media Flipchart dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang : penelitian eksperimen kuasi pada siswa kelas XII IPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2015 2016
Kurniawaty I Afidah N N Faiz A 2022 Kesantunan Berbahasa Sebagai Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Nurjamilly Wa Ode 2015 Kesantunan Berbahasa Dalam Lingkungan Keluarga Kajian Sosiopragmatik
Putri Elisabeth Novita dan Aryanto Bayu 2012 Strategi Kesantunan Tindak Tutur Direktif Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Sastra Jepang Tingkat 3 UDINUS Semarang
Setyawati Rukni 2017 Kesantunan Berbahasa Dalam Kelas Semarang : Balai Bahasa Jawa Tengah
Sudjianto dan Ahmad Dahidi 2012 Pengantar Linguistik Bahasa Jepang Jakarta : Kesaint Blanc
Sugiyono 2010b Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta
Supriatningsih Rina 2017 Kesantunan Bertutur Mahasiswa Dengan Dosen Jepang Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Dalam Kelas Yogyakarta
Sutedi Dedi 2009 Dasar Dasar Linguistik Bahasa Jepang Bandung: Humaniora Utama Press
Sutedi Dedi 2009 Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang Bandung:Humaniora Utama Press
Widyahening Evy Tri 2011 Pentingnya Tindak Tutur Kesantunan Siswa Kepada Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Solo
Willig C 2013 EBOOK: Introducing Qualitative Research In Psychology McGraw hill education UK