PENGGUNAAN LAGU MEMORIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7630Keywords:
Pembelajaran kosakata, Media pembelajaran, Pembelajaran bahasa Jepang, LaguAbstract
Penelitian ini disusun untuk mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Manado dalam menghafalkan kosakata menggunakan Lagu sebagai media ajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test. Tes tersebut untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sebelum dan sesudah menghafalkan kosakata menggunakan lagu. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persespi yang positif terhadap pembelajaran menghafal kosakata dengan lagu. Pembelajaran kosakata dengan menggunakan lagu dapat membantu mahasiswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang dan menambah motivasi mahasiswa dalam mempelajari lebih banyak kosakata. Penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa Jepang juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami tata bahasa, belajar hirgana, katakana maupun kanji. Oleh karena itu, penggunaan media lagu dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, terutama untuk kata-kata yang sulit diingat oleh mahasiswa.
References
Alqadri, F., & Fadilah, S. (2018). The Effect of Using English Song on Vocabulary Mastery of the Eleventh Grade Students of SMAN 2 Metro. Journal of English Language Teaching, 106-114.
Andrian, Mangatur Sinaga, Nana Rahayu. (2018). Penggunaan Lagu Berbahasa Jepang Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru). Skripsi, Universitas Riau.
Aror, S. (2021). Metode Mnemonik Dalam Lagu Sebagai Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2525-2536.
Chaer, A. (2010). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, N. W. D. A., & Adnyani, K. E. K. (2022). Pengembangan Media Video Lagu Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 2.
Kurniawan, D. (2019). The Effectiveness of Song Lyrics on Vocabulary Retention of the Seventh Grade Students of SMP Negeri 1 Cirebon. Journal of English Language Teaching, 8(1), 1-10.
Mac Millan, Bonnie. (2004). Permainan Kata dan Musik (Word and Music Game). Batam: Kharisma Publishing Group.
Nggiri, A. M. (2014). Keefektifan Penggunaan Media Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Novi Deriska Kumalasari. (2011). Efektivitas Media Lagu Dalam Meningkatkan Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Temanggung. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Pertalola, M., & Yulia, N. (2019). Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang Terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 05 Padang. Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2(2), 20-26.
Sugiyono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.
Suhad S., Schmitt Norbert. (2009). Direct Teaching of Vocabulary After Reading: Is it Worth the Effort?. ELT Journal, 253-260.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Tito, Reza Muhammad. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Lagu Berbahasa Jepang Pada Pembelajaran Kosakata Dalam Bahasa Jepang. Skripsi, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahidati, L., Kharismawati, M., & Mahendra, A. O. (2018). Pengaruh konsumsi anime dan manga terhadap pembelajaran budaya dan bahasa Jepang. Izumi, 7(1), 1-10.
Yuliana, Y., & Puspitasari, L. (2018). The Effectiveness of Song Lyrics on Vocabulary Mastery of Seventh Graders. Journal of English Language Teaching, 214-225.
Yunisah, Aris. (2007). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP 1 Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.