ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TODAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN TERHADAP HASIL UJIAN JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST NOKEN

Authors

  • Gerin El Grace Wotulo Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Jusuf D. Ondang Manado State University image/svg+xml
  • Orestis Soidi Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7631

Keywords:

Aplikasi TODAI, Media Pembelajaran, JLPT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi TODAI sebagai media dalam proses pembelajaran terhadap hasil ujian JLPT Japanese Language Proficiency Test< em> NOKEN Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini di mana pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan pertanyaan berbentuk pilihan ganda Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan secara sistematis Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan aplikasi TODAI sebagai sarana persiapan menghadapi ujian JLPT Alasan utamanya adalah karena fitur soal latihan JLPT pada aplikasi TODAI yang sangat mirip dengan format ujian JLPT itu sendiri Beberapa responden juga memilih aplikasi ini atas rekomendasi dari teman atau karena kemudahan akses serta fitur menarik yang tersedia Secara keseluruhan motivasi pengguna aplikasi TODAI bervariasi mencakup keberagaman fitur latihan soal rekomendasi dari orang lain hingga kemudahan akses dan fitur yang memudahkan Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi TODAI mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan harapan penggunanya dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian JLPT < p>

References

Abdulkarim A Ratmaningsih N Anggraini D N 2018 Developing civicpedia as a civic education E learning media to improve students information literacy Journal of Social Studies Education Research 9 3 45 61

Abdurahman H Riswaya A R Id A 2014 Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti Jurnal Computech Bisnis 8 2 61 69

Adlini M N Dinda A H Yulinda S Chotimah O Merliyana S J 2022 Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 1 974 980

Fonna N 2019 Pengembangan revolusi industri 4 0 dalam berbagai bidang Guepedia

Gagne R M 1970 Learning Theory Educational Media and Individualized Instruction Accessed from https: files eric ed gov fulltext ED039752 pdf

Indriana Dina Ragam Alat Bantu Media Pengajaran Jakarta: PT Diva Press 2011 15

Junaidi J 2019 Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3 1 45 56

Mayer R E 2009 Multimedia learning: Prinsipprinsip dan aplikasi Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo Pustaka Pelajar

Miarso Yusufhadi Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group 2011 457

Miles M B Huberman A M 1994 Qualitative data analysis: An expanded sourcebook SAGE

Muhammad M 2017 Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Lantanida Journal 4 2 87 97

Nasution S Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bina Aksara 1990 7

Nurrita T 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Misykat 3 1 171 187

Prihartanta W 2015 Teori Teori Motivasi Jurnal Adabiya 1 83 1 14

Rahman S 2022 January Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TODAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN TERHADAP HASIL UJIAN JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST NOKEN. (2024). KOMPETENSI, 3(12), 2735 2742. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7631