ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TODAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN TERHADAP HASIL UJIAN JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST NOKEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7631Keywords:
Aplikasi TODAI, Media Pembelajaran, JLPTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi TODAI sebagai media dalam proses pembelajaran terhadap hasil ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test) NOKEN. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, di mana pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan aplikasi TODAI sebagai sarana persiapan menghadapi ujian JLPT. Alasan utamanya adalah karena fitur soal latihan JLPT pada aplikasi TODAI yang sangat mirip dengan format ujian JLPT itu sendiri. Beberapa responden juga memilih aplikasi ini atas rekomendasi dari teman atau karena kemudahan akses serta fitur menarik yang tersedia. Secara keseluruhan, motivasi pengguna aplikasi TODAI bervariasi, mencakup keberagaman fitur latihan soal, rekomendasi dari orang lain, hingga kemudahan akses dan fitur yang memudahkan. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi TODAI mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan harapan penggunanya dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian JLPT.
References
Abdulkarim, A., Ratmaningsih, N., & Anggraini, D. N. (2018). Developing civicpedia as a civic education E-learning media to improve students’ information literacy. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 45-61.
Abdurahman, H., Riswaya, A. R., & Id, A. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 61-69.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.
Gagne, R. M. (1970). Learning Theory, Educational Media, and Individualized Instruction. Accessed from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED039752.pdf.
Indriana Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran (Jakarta: PT. Diva Press. 2011), 15.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45-56.
Mayer, R.E. (2009). Multimedia learning: Prinsipprinsip dan aplikasi (Terjemahan Baroto Tavip Indrojarwo). Pustaka Pelajar.
Miarso Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011), 457.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97.
Nasution,S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar (Jakarta: Bina Aksara 1990), 7.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.