ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA JEPUN-POLY TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7632Keywords:
Media Jepun-Poly, Kosakata Bahasa Jepang, Media PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menghafal kosakata dengan memanfaatkan Media Jepun-Poly dan untuk menjelaskan tanggapan siswa terhadap penggunaan media tersebut. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental dengan model Non-equivalent Control Group. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tondano dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Jepun-Poly. Data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen setelah mengikuti pre-test dan post-test adalah 90,4, sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 56,25. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Media Jepun-Poly secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Kesimpulan ini didukung oleh respons positif siswa terhadap penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi keberhasilan Media Jepun-Poly sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Jepang.
References
Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto. S. (2005). Metode Penelitian Kuakitatif. Sagung Seto.
Ayu, D. T., Rahayu, N., & Widiati, S. W. (2022). Keefektifan Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas Viii SMP YLPI Perhentian Marpoyan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 993-1001.
Dananjaya, U. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Penerbit Nuansa.
Fachrozi, I. F., Rahmawati, R., Andini, M. A., Tampubolon, E. M., & Tarigan, E. A. B. (2021). The Use of Crossword Puzzles as The Way to Increase Student’s Vocabulary Mastery at SMA Tamansiswa Binjai. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 4(2), 249-256.
Hamalik, O. (1982). Media Pendidikan. Bandung: Alumni
Keniten, I. G. N. A., Adnyani, K. E. K., & Hermawan, G. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Siswa Kelas XI di SMKN 4 Negara. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 3(1), 33-43.
Lensun, S. F. (2019). Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru-guru Bahasa Jepang di Manado. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1).
Made, R. S. N., Padmadewi, N. N., & Hermawan, G. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 1(2).
Milenia, P. F., Sutiyarti, U., & Rini, W. (2022). Analisis penggunaan media mind map pada pembelajaran bahasa jepang secara daring dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(1), 37-44.
Modjanggo, V. K. (2020). Mastering Vocabulary by Using CrosswordPuzzle. Sintuwu Maroso Journal of English Teaching, 3(1), 33-42.
Putrilani, K. A., Renariah, R., & Sutjiati, N. (2016). Efektivitas media permainan sudoku dalam menghafal huruf kana (menggunakan metode eksperimen quasi terhadap siswa Japanese club SMP laboratorium percontohan UPI). JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 1(3), 35-43.
Rakian, S. (2020). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Praktis Pada Karyawan Objek Wisata Sumaru Endo Kecamatan Remboken. Edupreneur: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan, 3(1).
Stovia, A., & Firmansyah, D. B. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang. Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 8(2), 77-84.
Sugiyono. (2010). Metode Penenlitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriadi, I. W., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Word Square Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IB SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 2(2).
Sutedi, D. (2005). Pengantar Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI.
Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Yuliani, S., Nurhayati, S., & Diner, L. (2018). Efektivitas Word Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas Xi Sma N 7 Semarang. Chie, 6(1), 35-39.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.