ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA JEPUN POLY TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

Authors

  • Eliskawati Suleman Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Franky R. Najoan Manado State University image/svg+xml
  • Sandra Rakian Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7632

Keywords:

Media Jepun-Poly, Kosakata Bahasa Jepang, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menghafal kosakata dengan memanfaatkan Media Jepun Poly dan untuk menjelaskan tanggapan siswa terhadap penggunaan media tersebut Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental< em> dengan model Non< em> equivalent Control Group < em>Sampel penelitian melibatkan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tondano dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Jepun Poly Data menunjukkan bahwa nilai rata rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen setelah mengikuti pre test dan post test adalah 90 4 sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 56 25 Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Media Jepun Poly secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran kosakata bahasa Jepang Kesimpulan ini didukung oleh respons positif siswa terhadap penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi keberhasilan Media Jepun Poly sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Jepang < p>

References

Arikunto S 1997 Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik Rineka Cipta

Arikunto S 2005 Metode Penelitian Kuakitatif Sagung Seto

Ayu D T Rahayu N Widiati S W 2022 Keefektifan Permainan Monopoli Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas Viii SMP YLPI Perhentian Marpoyan Jurnal Pendidikan Indonesia 3 11 993 1001

Dananjaya U 2010 Media Pembelajaran Aktif Penerbit Nuansa

Fachrozi I F Rahmawati R Andini M A Tampubolon E M Tarigan E A B 2021 The Use of Crossword Puzzles as The Way to Increase Student s Vocabulary Mastery at SMA Tamansiswa Binjai Linguistic English Education and Art LEEA Journal 4 2 249 256

Hamalik O 1982 Media Pendidikan Bandung: Alumni

Keniten I G N A Adnyani K E K Hermawan G S 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Siswa Kelas XI di SMKN 4 Negara Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 3 1 33 43

Lensun S F 2019 Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru guru Bahasa Jepang di Manado ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 12 1

Made R S N Padmadewi N N Hermawan G S 2015 Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X 2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2014 2015 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 1 2

Milenia P F Sutiyarti U Rini W 2022 Analisis penggunaan media mind map pada pembelajaran bahasa jepang secara daring dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 8 1 37 44

Modjanggo V K 2020 Mastering Vocabulary by Using CrosswordPuzzle Sintuwu Maroso Journal of English Teaching 3 1 33 42

Putrilani K A Renariah R Sutjiati N 2016 Efektivitas media permainan sudoku dalam menghafal huruf kana menggunakan metode eksperimen quasi terhadap siswa Japanese club SMP laboratorium percontohan UPI JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang 1 3 35 43

Rakian S 2020 Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Praktis Pada Karyawan Objek Wisata Sumaru Endo Kecamatan Remboken Edupreneur: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan 3 1

Stovia A Firmansyah D B 2020 Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang dengan Menggunakan Media Teka Teki Silang Chi e: Journal of Japanese Learning and Teaching 8 2 77 84

Sugiyono 2010 Metode Penenlitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta

Supriadi I W Mardani D M S Hermawan G S 2016 Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Word Square Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IB SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2015 2016 Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 2 2

Sutedi D 2005 Pengantar Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang Bandung: UPI

Tarigan H G 1994 Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Angkasa

Yuliani S Nurhayati S Diner L 2018 Efektivitas Word Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas Xi Sma N 7 Semarang Chie 6 1 35 39

Published

2024-02-20

How to Cite

ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA JEPUN POLY TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. (2024). KOMPETENSI, 3(12), 2743 2749. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7632