ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKER SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Indah Syaloom Metekohi Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii
  • Oldie Stevie Meruntu Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7646

Keywords:

Karakter, Tokoh Utama, Novel Panggil Aku Kartini Saja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam novel < strong>Panggil Aku Kartini Saja< em> karya Pramoedya Ananta Toer dan implikasinya bagi pendidikan karakter siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Novel Panggil Aku Kartini Saja< em> Karya Pramoedya Ananta Toer adalah sumber data utama dalam penelitian ini Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka library research< em> dan analisis data dilakukan melalui teknik analisis isi content analisys< em> Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: 1 Membaca teks novel Panggil Aku Kartini Saja< em> Karya Pramoedya Ananta Toer; 2 Memberi kode dengan cara menggarisbawahi aspek aspek yang berkaitan dengan masalah yang diteliti; 3 Membuat konsep berdasarkan kode kode yang telah digaris bawahi; dan 4 Menyimpulkan Hasil penelitian menunjukkan tokoh utama dalam novel Kartini memiliki karakter : jujur menghormati menghargai dan membanggakan leluhur toleransi terhadap umat beragama demokratis kesetaraan kesamaan dan kekeluargaan peduli terhadap rakyat merakyat membanggakan orang tua belajar dalam pingitan memiliki jiwa yang agung mengagungkan kemampuan menjunjung tinggi kesusilaan dan peradaban suka membaca religious rela berkorban pantang menyerah Implikasinya dalam rangka pembentukan karakter siswa adalah siswa dapat diajarkan tentang menghargai dan menghormati orang tua siswa diajarkan untuk tetap semangat dalam menghadapi kehidupan apapun rintanganya; siswa dapat mencontohi Kartini melalui kehidupan toleransi antar umat beragama saling menghargai saling menghormati; siswa dapat berpendapat dengan mengemukakan alasan alasan yang logis; siswa diajarkan untuk dapat hidup dalam suasana demokratis kesetaraan kesamaan saling menghargai dan hidup dalam suasana kekeluargaan < p>

References

Adisusilo S 2013 Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aektif Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Alfiawati R 2020 Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Siswa Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra 2 1 81 92

Byl J J 2016 Analisis karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 3 3

Dondo L Djojosuroto K Wengkang T 2015 Karakter Tokoh Utama dalam Novel Hadiah Kecil dari Tuhan karya Adi Rustandi danmo Implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP suatu kajian Psikologi Sastra Skripsi Universitas Negeri Manado

Fadli M R 2021 Memahami desain metode penelitian kualitatif Humanika KajianIlmiah Mata Kuliah Umum 21 1 33 54

Fitriani F 2021 Analisis nilai nilai pendidikan agama Islam pada novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi Skripsi STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Guru T A 2006 Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta:: Erlangga

Harni H 2009 Dimensi Jender Dalam Novel Pengakuan Pariyem Dunia Batin Seorang Wanita Jawa Karya Linus Suryadi: Tinjauan Feminisme Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hermanto P 2022 Karakteristik Tokoh Utama dalam Novel Simple Miracles Doa dan Arwah Karya Ayu Utami Skripsi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Hidayah N 2015 Penanaman nilai nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2 2 190 204

Hilaliyah T Wahid F I 2020 November Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP Vol 3 No 1 pp 84 96

Khan S Paath R Roty V 2021 Analisis Nilai Moral dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra KOMPETENSI 1 09 780 785

Kristiyani T 2020 Self regulated learning: Konsep implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia Sanata Dharma University Press

Marliati A 2018 Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 2 210 220

Mowilos L L T Polii I J Rotty V N 2022 Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah KOMPETENSI 2 04 1313 1324

Pardede O B Sinaga E A Depari A W B Gultom R J B 2020 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Critical Thingking Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kode: Jurnal Bahasa 9 4 24 41

Stanton R 2007 Teori Fiksi Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan H G 2000 Prinsip prinsip Dasar Sastra Bandung: CV Armico

Toer P A 2003 Panggil Aku Kartini Saja Lantera di Pantara

Triana L 2011 Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati Skripsi Universitas Negeri Semarang

Ulfah N M 2012 Analisis Wacana Nilai nilai Dakwah dalam Novel Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi Masters thesis IAIN Walisongo

Usman J 2020 Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SDN 2 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar

Wellek R Warren A 2006 Teori Kesusastraan Terj Melani Budianta Gramedia Pustkaa Utama

Wicaksono A 2017 Pengkajian prosa fiksi Edisi revisi Garudhawaca

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKER SISWA DI SEKOLAH. (2024). KOMPETENSI, 3(12), 2761 2772. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7646