ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKER SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • Indah Syaloom Metekohi Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii
  • Oldie Stevie Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7646

Keywords:

Karakter, Tokoh Utama, Novel Panggil Aku Kartini Saja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam novel  Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer dan implikasinya bagi pendidikan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Novel Panggil Aku Kartini Saja Karya Pramoedya Ananta Toer adalah sumber data utama dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka (library research) dan analisis data dilakukan melalui teknik analisis isi (content analisys). Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: 1) Membaca teks novel Panggil Aku Kartini Saja Karya Pramoedya Ananta Toer; 2) Memberi kode dengan cara menggarisbawahi aspek-aspek yang berkaitan dengan masalah yang diteliti; 3) Membuat konsep berdasarkan kode-kode yang telah digaris bawahi; dan 4) Menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan tokoh utama dalam novel, Kartini, memiliki karakter : jujur, menghormati, menghargai dan membanggakan leluhur, toleransi terhadap umat beragama, demokratis, kesetaraan/kesamaan, dan kekeluargaan, peduli terhadap rakyat (merakyat), membanggakan orang tua, belajar dalam pingitan, memiliki jiwa yang agung, mengagungkan kemampuan, menjunjung tinggi kesusilaan dan peradaban, suka membaca, religious, rela berkorban, pantang menyerah. Implikasinya dalam rangka pembentukan karakter siswa adalah siswa dapat diajarkan tentang menghargai, dan menghormati,  orang tua siswa diajarkan untuk tetap semangat dalam menghadapi kehidupan apapun rintanganya; siswa dapat mencontohi Kartini melalui kehidupan toleransi antar umat beragama, saling menghargai, saling menghormati; siswa dapat berpendapat dengan mengemukakan alasan-alasan yang logis; siswa diajarkan untuk dapat hidup dalam suasana demokratis, kesetaraan/ kesamaan, saling menghargai, dan hidup dalam suasana kekeluargaan.

References

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruksi dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Alfiawati, R. (2020). Pengajaran Sastra dan Pembinaan Karakter Siswa. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra,2(1),81-92.

Byl, J. J. (2016). Analisis karakter Tokoh Utama dalam Novel Lolita Karya Vladimir Nabokov. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3(3).

Dondo, L., Djojosuroto, K., Wengkang, T. (2015). Karakter Tokoh Utama dalam Novel “Hadiah Kecil dari Tuhan” karya Adi Rustandi danmo Implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP suatu kajian Psikologi Sastra. Skripsi, Universitas Negeri Manado

Fadli, M. R. ( (2021)). Memahami desain metode penelitian kualitatif.Humanika,KajianIlmiah Mata Kuliah Umum,21(1), 33-54.

Fitriani, F. (2021). Analisis nilai-nilai pendidikan agama Islam pada novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi. Skripsi, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

Guru, T. A. (2006) . Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta:: Erlangga.

Harni, H. (2009) Dimensi Jender Dalam Novel Pengakuan Pariyem Dunia Batin Seorang Wanita Jawa Karya Linus Suryadi: Tinjauan Feminisme. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hermanto, P. (2022). — Karakteristik Tokoh Utama dalam Novel “Simple. Miracles Doa dan Arwah” Karya Ayu Utami. Skripsi, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,2(2), 190-204.

Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020, November). Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal. In Prosiding Seminar Nasional PendidikAN FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 84-96).

Khan, S., Paath, R., & Roty, V. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Film “Dua Garis Biru” Karya Gina S. Noer dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI, 1(09), 780-785.

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Marliati, A. (2018). Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 210-220.

Mowilos, L. L. T., Polii, I. J., & Rotty, V. N. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(04), 1313-1324.

Pardede, O. B., Sinaga, E. A., Depari, A. W. B., & Gultom, R. J. B. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thingking) Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 24-41.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (2000). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: CV. Armico.

Toer, P. A. (2003). Panggil Aku Kartini Saja. Lantera di Pantara.

Triana, L. (2011). Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Ulfah, N. M. (2012). Analisis Wacana Nilai-nilai Dakwah dalam Novel Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi. Masters thesis, IAIN Walisongo.

Usman, J. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SDN 2 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wellek, R. & Warren, A. (2006) Teori Kesusastraan (Terj. Melani Budianta). Gramedia Pustkaa Utama

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian prosa fiksi (Edisi revisi). Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Metekohi, I. S., Polii, I. J., & Meruntu, O. S. . (2024). ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PANGGIL AKU KARTINI SAJA KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN KARAKER SISWA DI SEKOLAH. KOMPETENSI, 3(12), 2761-2772. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7646