PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MELALUI MEDIA FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN

Authors

  • Amelia Tendean Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth C. Paath Universitas Negeri Manado
  • Joni J. Loho Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7647

Keywords:

Pembelajaran, Menulis cerpen, Media Film

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan kemampuan siswa kelas XI SMA dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan media film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Remboken dan 16 orang siswa kelas XI Bahasa menjadi objek penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 siswa, hanya satu siswa yang mendapat nilai 100 dan 1 siswa lagi yang mendapat nilai 92. Sisanya, 14 siswa, mendapat nilai antara 55 dan 63. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melalui media film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Remboken masih jauh dari yang diharapkan, mayoritas (64,39%) tergolong kurang mampu. Guru diharapkan mampu memotivasi siswa agar mau belajar, membekali siswa dengan materi yang menarik minatnya, metode pembelajaran yang tepat, dan memudahkan siswa dalam mengikutinya.

References

Ali, M. (1984). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Barus, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek. Journal of Education Action Research, 2(2), 142.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Dumat, N. P. P., Iroth, S., & Rotty, V. N. (2022). Kajian Sikap Pemeran Utama Dalam Film “Matilda 1996” Karya Danny Devito Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(05), 1335-1347.

Gagne, R.M., (1970). Principles of Instructional Design. New York: Holt,

Kansil, S. S., Mumu, S. E., & Pangemanan, N. J. (2023). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IX SMP KATOLIK ST. Fransiskus De Salles Kokoleh. KOMPETENSI, 2(12), 1887-1895. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i12.5836

Kasmawati, K. (2022). Kritik Sastra dengan Pendekatan Pragmatik pada Cerpen “Malaikat Juga Tahu” Karya Dewi Lestari. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 253-261. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.245.

Mantiri, C. S. L., Paath, R. C., & Meruntu, O. S. (2023). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO. KOMPETENSI, 3(7), 2393-2401. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297

Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Y. M. (2017). Penggunaan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-6 SMP Negeri 9 Kota Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 47-59.

Mutia, M. B., Polii, I. J., & Meruntu, O. S. (2022). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kotamobagu. KOMPETENSI, 2(05), 1357-1365.

Nugraheni, W. U. (2004). Efektivitas Cuplikan Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMP. Jurnal Universitas Negeri Malang JPPI, 6(9), 901-1020.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, & Marzuki (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Gadjah Mada University Press.

Rawung, S. C. M. (2022). Kemampuan Mengonversi Teks Sangkuriang Kedalam Bentuk Teks Film Siswa Kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon. KOMPETENSI, 2(07), 1526-1533. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i07.5463

Sambuaga, M. G., Palar, W. R., & Polii, I. J. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IX A BINSUS SMP Negeri 2 Tondano. KOMPETENSI, 3(02), 1980-1989. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5882

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tebo, A., Djojosuroto, K., & Kamagi, L. (2014). Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Biaro. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni–Kompetensi, 2(4).

Warsita, B. (2008). Teknologi.Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Tendean, A., Paath, R. C. ., & Loho, J. J. . (2024). PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MELALUI MEDIA FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK: SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN. KOMPETENSI, 3(12), 2773-2778. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7647