PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA MELALUI MEDIA FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK
SEBUAH STUDI DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i12.7647Keywords:
Pembelajaran, Menulis cerpen, Media FilmAbstract
Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan kemampuan siswa kelas XI SMA dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan media film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck< em> Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Remboken dan 16 orang siswa kelas XI Bahasa menjadi objek penelitian ini Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 siswa hanya satu siswa yang mendapat nilai 100 dan 1 siswa lagi yang mendapat nilai 92 Sisanya 14 siswa mendapat nilai antara 55 dan 63 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melalui media film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck< em> siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Remboken masih jauh dari yang diharapkan mayoritas 64 39 tergolong kurang mampu Guru diharapkan mampu memotivasi siswa agar mau belajar membekali siswa dengan materi yang menarik minatnya metode pembelajaran yang tepat dan memudahkan siswa dalam mengikutinya < p>
References
Ali M 1984 Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi Bandung: Angkasa
Barus I 2018 Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek Journal of Education Action Research 2 2 142
Dimyati Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineke Cipta
Dumat N P P Iroth S Rotty V N 2022 Kajian Sikap Pemeran Utama Dalam Film Matilda 1996 Karya Danny Devito Dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra Di Sekolah KOMPETENSI 2 05 1335 1347
Gagne R M 1970 Principles of Instructional Design New York: Holt
Kansil S S Mumu S E Pangemanan N J 2023 Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IX SMP KATOLIK ST Fransiskus De Salles Kokoleh KOMPETENSI 2 12 1887 1895 https: doi org 10 53682 kompetensi v2i12 5836
Kasmawati K 2022 Kritik Sastra dengan Pendekatan Pragmatik pada Cerpen Malaikat Juga Tahu Karya Dewi Lestari DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial 3 2 253 261 https: doi org 10 53299 diksi v3i2 245
Mantiri C S L Paath R C Meruntu O S 2023 PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO KOMPETENSI 3 7 2393 2401 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i7 6297
Moleong L J 2005 Metodologi penelitian kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana Y M 2017 Penggunaan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII 6 SMP Negeri 9 Kota Bandung International Journal Pedagogy of Social Studies 1 1 47 59
Mutia M B Polii I J Meruntu O S 2022 Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kotamobagu KOMPETENSI 2 05 1357 1365
Nugraheni W U 2004 Efektivitas Cuplikan Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bagi Siswa SMP Jurnal Universitas Negeri Malang JPPI 6 9 901 1020
Nurgiyantoro B Gunawan Marzuki 2009 Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu ilmu Sosial Gadjah Mada University Press
Rawung S C M 2022 Kemampuan Mengonversi Teks Sangkuriang Kedalam Bentuk Teks Film Siswa Kelas XI SMK Kristen 2 Tomohon KOMPETENSI 2 07 1526 1533 https: doi org 10 53682 kompetensi v2i07 5463
Sambuaga M G Palar W R Polii I J 2023 Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning PjBL Pada Siswa Kelas IX A BINSUS SMP Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 02 1980 1989 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i02 5882
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Tarigan H G 2013 Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa
Tebo A Djojosuroto K Kamagi L 2014 Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Biaro Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi 2 4
Warsita B 2008 Teknologi Pembelajaran: Landasan Aplikasinya Jakarta: Rineka