NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DI BAWAH UMUR KARYA ERISCA FEBRIANI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7658Keywords:
Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra, Di Bawah Umur, FilmAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Di Bawah Umur dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di tingkat SMP. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik simak-catat (note-taking) terhadap dialog-dialog dan adegan-adegan dalam film Di Bawah Umur karya Erisca Febriani, sebagai sumber data utama dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara desrkiptif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya 6 nilai pendidikan karakter: 1) Jujur, 2) Disiplin, 3) Percaya Diri, 4) Bertanggungjawab, 5) Kerja keras, dan (6) Bergaya hidup sehat. Adapun implikasinya terhadap pembelajaran sastra dilihat dari nilai pendidikan karakter yang telah diteliti, peneliti menemukan bahwa film menjadi media yang efektif dalam pembelajaran sastra sehingga dapat membangun nilai pendidikan karakter yang positif.
References
Al Katuuk, K. (2020). Kecerdasan Budaya Kiai Mojo Dalam Mendirikan Kampung Jawa Tondano (Kiai Mojo's Culture Intelligence in Establishing Kampung Jawa Tondano). Al-Qalam, 26(2), 401-410. http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i2.851.
Asyya, A. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Film Animasi Riko The Series. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 104-110. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.589.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hartini, S. (2013). Pengkajian Nilai-Nilai Leluhur Budaya Spiritual Bangsa Daerah Jawa Tengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Sukarta: UNS Press&Yuma Pustaka.
Ishar, Y. S. (2009). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film laskar Pelangi (sebuah adopsi karya Andrea Hirata). Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Iskandar, A. M., & Kasim, H. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film “Sepatu Dahlan” Karya Benni Setiawan dan Manfaatnya Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA. EDULEC: Education, Language, And Culture Journal, 3(3), 318-328. https://doi.org/10.56314/edulec.v3i3.179.
Leong, J., Al Katuuk, U., & Iroth, S. (2022). Telaah Pendidikan Karakter Tokoh Tupon- Sekardalam Film “Mars” (Mimpi Ananda Raih Semesta) Sutradara Sahrul Gibran dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra. KOMPETENSI, 2(11), 1780-1789. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i11.5362.
Mudjiaraharjo. (2010). Analisis Data PenelitianKualitatif. Malang.
Mulyana, (2006). Komunikasi Efektif. PT. RemajaRosdaKarya.
Noho, F. A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Resepsi Generasi Muda Tentang Nilai-Nilai Moral dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahtra, 2(2).
Nur‘Afni, M., & Taja, N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Film Omar dan Hana. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 57-64. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.986.
Purnomo, F. S. (2016). Analisis Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin Produksi Les Copaque Tahun 2010. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3411.
Ratu, A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Semiotika Perubahan Sikap Tokoh Annelies dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo”. Jurnal Bahtra, 1(2).
Saryono. (2010). Metode penelitian kualitatif. PT. Alfabeta
Soilo, A. G., Iroth, S.., & Meruntu, O. S. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Trio Detektif Misteri Kurcaci Gaib” Karya Robert Arthur Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Di Sekolah. KOMPETENSI, 2(10), 1696-1704. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i10.5589.
Supomo, I. D., Wengkang, T. I. M., & Rotty, V. N. J. (2023). Sikap Pemeran Utama Dalam Film The Greatest Showman Karya Michael Gracey Dan Implikasinya Pada Pendidikan Karakter. KOMPETENSI, 3(03), 2094-2105. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i03.5908.
Suseno, F. M. (1988). Model Pendekatan Etika Bunga RampaiTeks-teks Etika Dari Plato sampai dengan Nietzche. Kanisius.
Susni, E., Al Katuuk, U. M. K., & Kamagi, L. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Guru Hidupmu Hanya Untuk Kami” Karya Edel Weis Almira. Serta Implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Kompetensi, 3(1).
Suwarsono, V. S., Pengemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow “dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).
Wahyuni, Sri. (2018). Unsur Moral Dalam Karya Fiksi. Fakultas Sastra. Universitas Muslim Indonesia. Makassar.
Widiyarto, S., & Sartono, L. N. (2020). Analisis nilai pendidikan karakter dan moral film koala kumal. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 9(2), 50-53. http://dx.doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2328.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.