MENINGKATKAN PENGUASAAN ARTIKEL KATA BENDA BAHASA JERMAN MELALUI PERMAINAN DOMINO SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7670Keywords:
Media pembelajaran, Artikel Kata Benda, Permainan DominoAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa permainan domino dapat meningkatkan penguasaan Artikel kata benda Bahasa Jerman pada siswa SMA Negeri 2 Tondano Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 16 orang Penelitian ini menggunakan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan Februari April 2023 Kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus dengan kurun waktu tiga bulan Pada siklus pertama ini terlihat siswa belum terbiasa dengan proses belajar mengajar yang menggunakan domino sebagai media pembelajaran Hal tersebut sangat berpengaru pada tingkat penguasaan Artikel kata benda siswa pada setiap materi yang diajarkan Pada siklus kedua terlihat adanya peningkatan karena terlihat guru maupun siswa sudah mulai terbiasa menggunakan domino sebagai media pembelajaran Hal itu dibuktikan dari hasil capaian yang diperoleh pada siklus pertama rata rata hanya 49 9 meningkat menjadi 70 5 pada siklus kedua < p>
References
Abdullah S H Edah R 2017 Keefektifan Penggunaan Permainan Domino Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta Diakses dari https: journal student uny ac id index php jerman article viewFile 10041 pdf
Ardiyani D K 2021 December Learners German Speaking Difficulties: A Case Study in Indonesia In International Seminar on Language Education and Culture ISoLEC 2021 pp 51 56 Atlantis Press https: doi org 10 2991 assehr k 211212 010
Ardiyani D K Hidayat E 2023 Zum Heutigen Aussprachetraining ZHA : Honing German As A Foreign Language Pronunciation Online Pegem Journal of Education and Instruction 13 2 15 20 https: doi org 10 47750 pegegog 13 02 02
Arikunto S 2010 Metode Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Chaer A 2010 Sosiolinguistik: Perkenalan Awal Jakarta: PT Rineka Cipta
Dilis R D S Bingku S M E Lendo S J 2023 Analisis Kontrastif Wortstellung Dalam Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dan Bahasa Inggris KOMPETENSI 3 9 2547 2560 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i9 6523
Erawati E 2019 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Sprechen Melalui Role Playing Rollen Spiel Yang Digabungkan dengan Menyusun Dialog Sendiri Siswa Kelas XI MIPA 4 Di SMA Negeri 1 Kauman PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 5 1 48 52 https: doi org 10 29407 pn v5i1 13673
Fatchan A 2011 Metode Penelitian Kualitatif: Beserta contoh Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi Edisi kedua Surabaya: jenggala Pustaka Utama
Gabriela N D P 2021 Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 1 104 113 Diakses dari https: ummaspul e journal id MGR article download 1750 574
Ginnis P 2008 Trik Dan Taktik Mengajar Jakarta: PT Indeks Grafindo
Kusama W Dwitagama D 2009 Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Indeks
Mine S Lendo S J Sarajar D R 2023 Analisis Kesalahan Konjugasi Modalverben Pada Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Jerman Sebuah Studi Di SMA Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 9 2561 2573 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i9 6524
Nandya F A I 2016 Media Segitiga Domino untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Laterne 5 3 1 8 https: doi org 10 26740 lat v5n3 p 25p
Nurgiyantoro B 2010 Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Yogyakarta: BPFE
Rachmawan N Wahyuningsih F 2021 Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman Laterne 10 2 149 157 https: doi org 10 26740 lat v10n2 p149 157
Rahangiar 2014 Pembentukan Kata Benda Bahasa Jerman Dalam Jugend Magazin JUMA Rosdakarya
Sarajar D R 2022 Efektifitas Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Jerman Sebagai Bahasa Asing Di SMA Negeri 1 Tondano KOMPETENSI 1 07 644 654 https: doi org 10 53682 kompetensi v1i07 1999
Setiyadi B 2006 Metode Penelitian untuk pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Yogyakarta: Graha Ilmu
Susilo H Chotimah H Sari D Y 2022 Penelitian Tindakan Kelas Media Nusa Creative MNC Publishing
Syahid A Hadi M Z P 2018 Interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan bahasa Jerman mahasiswa i Stiba Bumigora Mataram Angkatan 2015 Journal of Languages and Language Teaching 6 2 68 76 http: dx doi org 10 33394 jollt v6i2 1257
Wiriatmadja R 2005 Metode Penelitian Tindakan Kelas Bandung: Remaja Rosdakarya
Yudhistira D 2013 Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK Jakarta: CV Mulya Abadi
Yunia 2011 Buku Pintar Tata Bahasa Jerman Transmedia Pustaka