MENINGKATKAN PENGUASAAN ARTIKEL KATA BENDA BAHASA JERMAN MELALUI PERMAINAN DOMINO SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7670Keywords:
Media pembelajaran, Artikel Kata Benda, Permainan DominoAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa permainan domino dapat meningkatkan penguasaan Artikel kata benda Bahasa Jerman pada siswa SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini menggunakan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan Februari - April 2023. Kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus dengan kurun waktu tiga bulan. Pada siklus pertama ini terlihat siswa belum terbiasa dengan proses belajar mengajar yang menggunakan domino sebagai media pembelajaran. Hal tersebut sangat berpengaru pada tingkat penguasaan Artikel kata benda siswa pada setiap materi yang diajarkan. Pada siklus kedua terlihat adanya peningkatan karena terlihat guru maupun siswa sudah mulai terbiasa menggunakan domino sebagai media pembelajaran. Hal itu dibuktikan dari hasil capaian yang diperoleh pada siklus pertama rata – rata hanya 49,9% meningkat menjadi 70,5% pada siklus kedua.
References
Abdullah, S. H., & Edah, R. (2017). Keefektifan Penggunaan Permainan Domino Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta. Diakses dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jerman/article/viewFile/10041/pdf.
Ardiyani, D. K. (2021, December). Learners’ German Speaking Difficulties: A Case Study in Indonesia. In International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021) (pp. 51-56). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211212.010.
Ardiyani, D. K., & Hidayat, E. (2023). Zum Heutigen Aussprachetraining (ZHA): Honing German As A Foreign Language Pronunciation Online. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(2), 15-20. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.02.
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dilis, R. D. S., Bingku, S. M. E. ., & Lendo, S. J. . (2023). Analisis Kontrastif Wortstellung Dalam Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dan Bahasa Inggris. KOMPETENSI, 3(9), 2547-2560. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6523.
Erawati, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman (Sprechen) Melalui Role Playing (Rollen Spiel) Yang Digabungkan dengan Menyusun Dialog Sendiri Siswa Kelas XI MIPA 4 Di SMA Negeri 1 Kauman. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 48-52. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.13673.
Fatchan, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif: Beserta contoh Proposal Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Edisi kedua. Surabaya: jenggala Pustaka Utama.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574.
Ginnis, P. (2008). Trik Dan Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks. Grafindo.
Kusama, W., & Dwitagama, D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Mine, S., Lendo, S. J., & Sarajar, D. R. (2023). Analisis Kesalahan Konjugasi Modalverben Pada Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Jerman (Sebuah Studi Di SMA Negeri 2 Tondano). KOMPETENSI, 3(9), 2561-2573. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i9.6524.
Nandya, F. A. I. (2016). Media Segitiga Domino untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Laterne, 5(3), 1-8. https://doi.org/10.26740/lat.v5n3.p%25p.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rachmawan, N., & Wahyuningsih, F. (2021). Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman. Laterne, 10(2), 149-157. https://doi.org/10.26740/lat.v10n2.p149-157.
Rahangiar. (2014). Pembentukan Kata Benda Bahasa Jerman Dalam Jugend Magazin (JUMA). Rosdakarya.
Sarajar, D. R. (2022). Efektifitas Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Jerman Sebagai Bahasa Asing Di SMA Negeri 1 Tondano. KOMPETENSI, 1(07), 644-654. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v1i07.1999.
Setiyadi, B. (2006). Metode Penelitian untuk pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susilo, H., Chotimah, H. & Sari, D. Y. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing)
Syahid, A., & Hadi, M. Z. P. (2018). Interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan bahasa Jerman mahasiswa/i Stiba Bumigora Mataram Angkatan 2015. Journal of Languages and Language Teaching, 6(2), 68-76. http://dx.doi.org/10.33394/jollt.v6i2.1257.
Wiriatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: CV Mulya Abadi
Yunia. (2011). Buku Pintar Tata Bahasa Jerman. Transmedia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.