MENINGKATKAN PENGUASAAN ARTIKEL KATA BENDA BAHASA JERMAN MELALUI PERMAINAN DOMINO SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Abigael Bungkaesang Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Soflies Marry E. Bingku Manado State University image/svg+xml
  • Prilimercy E. Kojongian Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7670

Keywords:

Media pembelajaran, Artikel Kata Benda, Permainan Domino

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa permainan domino dapat meningkatkan penguasaan Artikel kata benda Bahasa Jerman pada siswa SMA Negeri 2 Tondano Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 16 orang Penelitian ini menggunakan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dari Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan Februari April 2023 Kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus dengan kurun waktu tiga bulan Pada siklus pertama ini terlihat siswa belum terbiasa dengan proses belajar mengajar yang menggunakan domino sebagai media pembelajaran Hal tersebut sangat berpengaru pada tingkat penguasaan Artikel kata benda siswa pada setiap materi yang diajarkan Pada siklus kedua terlihat adanya peningkatan karena terlihat guru maupun siswa sudah mulai terbiasa menggunakan domino sebagai media pembelajaran Hal itu dibuktikan dari hasil capaian yang diperoleh pada siklus pertama rata rata hanya 49 9 meningkat menjadi 70 5 pada siklus kedua < p>

References

Abdullah S H Edah R 2017 Keefektifan Penggunaan Permainan Domino Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta Diakses dari https: journal student uny ac id index php jerman article viewFile 10041 pdf

Ardiyani D K 2021 December Learners German Speaking Difficulties: A Case Study in Indonesia In International Seminar on Language Education and Culture ISoLEC 2021 pp 51 56 Atlantis Press https: doi org 10 2991 assehr k 211212 010

Ardiyani D K Hidayat E 2023 Zum Heutigen Aussprachetraining ZHA : Honing German As A Foreign Language Pronunciation Online Pegem Journal of Education and Instruction 13 2 15 20 https: doi org 10 47750 pegegog 13 02 02

Arikunto S 2010 Metode Penelitian Jakarta: Rineka Cipta

Chaer A 2010 Sosiolinguistik: Perkenalan Awal Jakarta: PT Rineka Cipta

Dilis R D S Bingku S M E Lendo S J 2023 Analisis Kontrastif Wortstellung Dalam Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Dan Bahasa Inggris KOMPETENSI 3 9 2547 2560 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i9 6523

Erawati E 2019 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Sprechen Melalui Role Playing Rollen Spiel Yang Digabungkan dengan Menyusun Dialog Sendiri Siswa Kelas XI MIPA 4 Di SMA Negeri 1 Kauman PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 5 1 48 52 https: doi org 10 29407 pn v5i1 13673

Fatchan A 2011 Metode Penelitian Kualitatif: Beserta contoh Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi Edisi kedua Surabaya: jenggala Pustaka Utama

Gabriela N D P 2021 Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 1 104 113 Diakses dari https: ummaspul e journal id MGR article download 1750 574

Ginnis P 2008 Trik Dan Taktik Mengajar Jakarta: PT Indeks Grafindo

Kusama W Dwitagama D 2009 Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Indeks

Mine S Lendo S J Sarajar D R 2023 Analisis Kesalahan Konjugasi Modalverben Pada Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Jerman Sebuah Studi Di SMA Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 9 2561 2573 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i9 6524

Nandya F A I 2016 Media Segitiga Domino untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Laterne 5 3 1 8 https: doi org 10 26740 lat v5n3 p 25p

Nurgiyantoro B 2010 Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Yogyakarta: BPFE

Rachmawan N Wahyuningsih F 2021 Deutsch Domino Untuk Pengaktifan Kosakata Bahasa Jerman Laterne 10 2 149 157 https: doi org 10 26740 lat v10n2 p149 157

Rahangiar 2014 Pembentukan Kata Benda Bahasa Jerman Dalam Jugend Magazin JUMA Rosdakarya

Sarajar D R 2022 Efektifitas Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Jerman Sebagai Bahasa Asing Di SMA Negeri 1 Tondano KOMPETENSI 1 07 644 654 https: doi org 10 53682 kompetensi v1i07 1999

Setiyadi B 2006 Metode Penelitian untuk pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Yogyakarta: Graha Ilmu

Susilo H Chotimah H Sari D Y 2022 Penelitian Tindakan Kelas Media Nusa Creative MNC Publishing

Syahid A Hadi M Z P 2018 Interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam karangan bahasa Jerman mahasiswa i Stiba Bumigora Mataram Angkatan 2015 Journal of Languages and Language Teaching 6 2 68 76 http: dx doi org 10 33394 jollt v6i2 1257

Wiriatmadja R 2005 Metode Penelitian Tindakan Kelas Bandung: Remaja Rosdakarya

Yudhistira D 2013 Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK Jakarta: CV Mulya Abadi

Yunia 2011 Buku Pintar Tata Bahasa Jerman Transmedia Pustaka

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

MENINGKATKAN PENGUASAAN ARTIKEL KATA BENDA BAHASA JERMAN MELALUI PERMAINAN DOMINO SISWA SMA NEGERI 2 TONDANO. (2024). KOMPETENSI, 4(1), 6 14. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7670