PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT LEGENDA DANAU TONDANO
SEBUAH STUDI KASUS DI SMP NEGERI 3 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i1.7743Keywords:
Menyimak, Cerita Rakyat, Media AudiovisualAbstract
Menyimak adalah elemen penting dalam kehidupan manusia memungkinkan individu untuk memahami informasi sehari hari Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran menyimak cerita rakyat Legenda Danau Tondano< em> dengan media audiovisual pada siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Tondano serta mengevaluasi kemampuan mereka dalam mendengarkan cerita tersebut Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan tes berbentuk esai Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Tondano yang berjumlah 24 orang Penelitian ini dilakukan pada bulan April Mei 2023 Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa 13 dari 24 memiliki kemampuan menyimak yang sangat baik nilai 90 100 sedangkan sisanya memiliki kemampuan cukup baik nilai 80 89 kecuali satu siswa yang memiliki kemampuan kurang nilai 69 Ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat Legenda Danau Tondano< em> berhasil dengan rata rata nilai siswa mencapai 89 29 dalam kategori mampu < p>
References
Ali M 1987 Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi Bandung: Angkasa
Andriani R Kamal S J Afifah H Rahma S F 2024 Analisis Minat Baca Intensif Berbasis Cerita Rakyat Melalui Media Audiovisual pada Mahasiswa PBSI UIN Jakarta Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris 4 1 169 177 https: doi org 10 55606 jupensi v4i1 3355
Burhan Y 1971 Problema Bahasa dan Pengajaran Bahasa Indonesia Bandung: Ganeca
Gunawan Hari 2011 Peningkatan Ketrampilan Menyimak Wacana Berbahasa Jawa Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Blado Kabupaten Batang Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Diunduh dari https: eprints uny ac id 31674 1 Laras 20Wigati_07205244186 pdf
Irma N 2015 Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Sisa Kelas V SD Juara Yogyakarta Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Diakses dari http: eprints uny ac id 28152
Israfika 2017 Peningkatan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Penggunaan Media Audio Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bajeng Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar Diunduh dari https: digilibadmin unismuh ac id upload 4025 Full_Text pdf
Kusmana 2011 Menyimak Suatu Proses Mendengarkan Bahasa Lisan Bandung: Angkasa
Muhaimin N R Mumu S E Paath R C 2022 Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP KOMPETENSI 2 11 1752 1761 https: doi org 10 53682 kompetensi v2i11 5598
Nurgiantoro 2005 Sastra Anak Yogyakarta: UGM Press
Nurzuldianta N Peningkatan Kemampuan Siswa Menyimak Cerita Rakyat Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas V SDN Watutinonggo Jurnal Kreatif Tadulako 4 6 110711
Pantow M F Ratu D M Meruntu O S 2021 Nilai nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid Gus Dur dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Jurnal Bahtra 1 2
Salsabila A Sukartono S 2023 Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7 2 310 319 https: doi org 10 24036 jippsd v7i2 122915
Sambuaga M G Palar W R Polii I J 2023 Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning PjBL Pada Siswa Kelas IX A BINSUS SMP Negeri 2 Tondano KOMPETENSI 3 02 1980 1989 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i02 5882
Suwarsono V S Pengemanan N J Meruntu O S 2021 Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Mamanua dan Walansendow dan Burung Kekekow yang Malang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Jurnal Bahtra 1 2
Talanggai A 2021 Legenda Danau Tondano Manado: Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara
Tarigan D 1986 Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa
Tarigan 1990 Fungsi Menyimak Bandung: Angkasa
Umi Hijriyah 2016 Menyimak Stategi Dalam Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Wigati L 2012 Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas VII Mts Al Islam Bojongsari Kedungreja Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Diakses dari http: eprints uny ac id id eprint 31674
Winkel 2009 Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar Jakarta: Gramedia
Wulandari H 2009 Peningkatan Kemampuan Menyimak Dengan Memanfaatkan Media Cerita Dan Teknik Menjawab Pertanyaan Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri I Kadipiro Kecamatan Jumapolo Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta Diakses dari http: eprints ums ac id id eprint 4490