ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOBALLANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN

Authors

  • Prischa Jackqualine Djae Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Sandra Rakian
  • Sherly F. Lensun

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.7826

Keywords:

Efektivitas, Media Aplikasi Globallang, Pembelajaran, Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. 20 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Remboken menjadi objek penelitia ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai thitung yang diperoleh sebesar 24,798 > 2,109 dan nilai signikansi 0,000 < 0,05 yang artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, dan perhitungan lembar respon siswa melalui angket hasil diperoleh sebesar 86,1 yang artinya berada pada kriteria sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai pretest dan posttest dan juga respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Globallang. Maka dari itu, penggunaan media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Remboken dapat dikatakan efektif.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Banun, F. B. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Aplikasi Handphone Bahasa Jepang Berbasis Android Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Di SMAN 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Brawijaya.

Dani, A., Rahayu, N., & Yohani, A. M. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizlet Sebagai Media Pembelajaran Kanji. Skripsi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Riau, Pekanbaru.

Depdiknas (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Departemen Pendidikan Nasional.

Huda, A. N., Ummah, A. K., Salmah, N., Rismawati, R., & Raharja, A. T. (2022). Perkembangan Gaya Hidup Remaja Terhadap Perilaku Imitasi di Kalangan Komunitas Japan Club East Borneo Kota Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 7(3), 215-229.

Lensun, S. (2014). Pembelajaran Empat Keterampilan Berbahasa. Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni.

Mariyana, R. (2015). Proses Pembelajaran SMA Berbasis Modern. Jurnal Modern Learning.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran : sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nazruddin, S. H. (2011). Android (Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Informatika, Bandung.

Pardaus, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Sistem Pendingin Siswa Kelas XI SMK Negeri Merauke Provinsi Papua.

Pratama, A., Yordania, Harisin, R., & Halim, A. (2013). Penelitian Keefektivitasan Pembelajaran Kanji Bahasa Jepang Menggunakan Mobile Phone Berbasis Android dan IOS. Computer Science Department School of Computer Science, Binus University.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2008). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, D., Firdaus, R. N., Amelia, Y. O., Fajrianti, W. N., & Supriyono, S. (2023). Wibunisme: Apakah bukti fanatisme menurunkan nasionalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(3), 131-143.

Sirait, M. (2021). Aplikasi Tiktok Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. Skripsi PBJ FBS UNIMA.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soenardi, S. (1998). Dasar Proses dan Efektivitas Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, F. (2016). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti Surakarta. Jurnal Teknologi Informasi.

Suryani, N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Toliwongi, M. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang "Kaiwa". Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 2.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Djae, P. J., Rakian, S., & Lensun, S. F. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOBALLANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG: SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN. KOMPETENSI, 4(2), 116-122. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.7826