ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOBALLANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG
SEBUAH STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 REMBOKEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.7826Keywords:
Efektivitas, Media Aplikasi Globallang, Pembelajaran, Bahasa JepangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Remboken Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen 20 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Remboken menjadi objek penelitia ini Pengumpulan data dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE Analysis Design Development Implementation< em> Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas uji reliabilitas uji normalitas dan uji t Hasil dari penelitian ini yaitu nilai thitung< sub>< em> yang diperoleh sebesar 24 798 gt; 2 109 dan nilai signikansi 0 000 lt; 0 05 yang artinya nilai thitung< sub>< em> lebih besar dari nilai ttabel< sub>< em> dan perhitungan lembar respon siswa melalui angket hasil diperoleh sebesar 86 1 yang artinya berada pada kriteria sangat kuat Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai pretest dan posttest dan juga respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Globallang Maka dari itu penggunaan media aplikasi Globallang dalam pembelajaran bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Remboken dapat dikatakan efektif < p>
References
Arsyad A 2011 Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsyad A 2013 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo
Banun F B 2018 Efektivitas Penggunaan Media Aplikasi Handphone Bahasa Jepang Berbasis Android Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Di SMAN 4 Malang Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya
Dani A Rahayu N Yohani A M 2023 Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizlet Sebagai Media Pembelajaran Kanji Skripsi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau Pekanbaru
Depdiknas 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa
Emzir 2010 Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif Jakarta: Rajawali Pers Departemen Pendidikan Nasional
Huda A N Ummah A K Salmah N Rismawati R Raharja A T 2022 Perkembangan Gaya Hidup Remaja Terhadap Perilaku Imitasi di Kalangan Komunitas Japan Club East Borneo Kota Samarinda EDUCASIA: Jurnal Pendidikan Pengajaran dan Pembelajaran 7 3 215 229
Lensun S 2014 Pembelajaran Empat Keterampilan Berbahasa Kompetensi Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Mariyana R 2015 Proses Pembelajaran SMA Berbasis Modern Jurnal Modern Learning
Mulyatiningsih E 2011 Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan Jakarta: Alfabeta
Munadi Y 2010 Media Pembelajaran : sebuah pendekatan baru Jakarta: Gaung Persada Press
Nazruddin S H 2011 Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Informatika Bandung
Pardaus R 2019 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Sistem Pendingin Siswa Kelas XI SMK Negeri Merauke Provinsi Papua
Pratama A Yordania Harisin R Halim A 2013 Penelitian Keefektivitasan Pembelajaran Kanji Bahasa Jepang Menggunakan Mobile Phone Berbasis Android dan IOS Computer Science Department School of Computer Science Binus University
Purwanto 2014 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Riduwan 2011 Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian Bandung: Alfabeta
Sagala S 2008 Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan Jakarta: Alfabeta
Sanjaya W 2010 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana
Saputra D Firdaus R N Amelia Y O Fajrianti W N Supriyono S 2023 Wibunisme: Apakah bukti fanatisme menurunkan nasionalisme di Kalangan Mahasiswa Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25 3 131 143
Sirait M 2021 Aplikasi Tiktok Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Skripsi PBJ FBS UNIMA
Slameto 2013 Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Soenardi S 1998 Dasar Proses dan Efektivitas Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sudjana N 2010 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2014 Statistika Untuk Penelitian Bandung: Alfabeta
Sukmawati F 2016 Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti Surakarta Jurnal Teknologi Informasi
Suryani N 2012 Strategi Belajar Mengajar Yogyakarta: Ombak
Toliwongi M 2021 Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Kaiwa Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia 2
Uyanto S 2009 Pedoman Analisis Data Dengan SPSS Yogyakarta: Graha Ilmu