KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP ISI CERPEN ADA YANG MENANGIS SEPANJANG HARI DAN KARTU POS DARI SURGA KARYA AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI TINGKAT SMP
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.8501Keywords:
Analisis Struktur Isi, Cerita Pendek, Pembelajaran Sastra, Agus NoorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur cerita pendek Ada Yang Menangis Sepanjang Malam dan Kartu Pos Dari Surga karya Agus Noor, serta mengidentifikasi implikasi hasil analisis terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMP. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode struktural genetik. Data penelitian berasal dari Ada Yang Menangis Sepanjang Malam dan Kartu Pos Dari Surga karya Agus Noor. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerpen Ada Yang Menangis Sepanjang Malam, Agus Noor mengangkat tema kesedihan dengan latar waktu sepanjang hari dan malam, serta suasana yang didominasi oleh perasaan sedih dan marah. Alur cerita mengikuti pola maju, dan gaya bahasa yang digunakan mencerminkan kekhasan penulis. Sementara itu, dalam cerpen Kartu Pos Dari Surga, Agus Noor mengeksplorasi tema kepercayaan seseorang yang mampu mengubah sesuatu yang tampak tidak mungkin menjadi mungkin. Alur cerita menggunakan pola maju, dan gaya bahasa yang diusung Agus Noor adalah kiasan atau simbol. Hasil analisis ini dapat memberikan gambaran tentang proses pelibatan siswa dalam pembelajaran Sastra, terutama dalam mengkaji dengan mendalam struktur isi karya sastra. Hal ini akan membantu mereka agar dapat meresapi setiap peristiwa yang digambarkan. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan keterampilan menyimak dan analisis terhadap karya sastra.
References
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada.
Ahmasa-Putra, H. S.. (2006). Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Kepel Press.
Aminuddin, (1987). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru.
Angginaloy, F. F., Palar, W. R., & Pangemanan, N. J. (2021). Nilai-Nilai Didaktis dalam Cerpen “Guru” dan “Maaf” Karya Putu Wijaya Serta Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. KOMPETENSI, 1(12), 956-972.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Alfabeta.
Dewojati, C. (2010). Wacana Hedonisme dalam Sastra Populer Indonesia. Pustaka Belajar.
Dewojati, C. (2015). Sastra Populer Indonesia. Gajah Mada University Press.
Didaktis dalam Cerpen “Guru dan “Maaf’ karya Putu Wijaya serta Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Universitas Negeri Manado.
Endraswara, S. (2003). Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Pustaka Widyatama.
Esti, I. (2013). Pengajaran Sastra. Penerbit Ombak.
Febriyanto, D., & Suryani, S. (2020). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Kumpulan Cerpen Tuhan Buat Vasty Suntingan Asep Sambodja. Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 13-25. https://doi.org/10.30599/spbs.v2i1.818.
Kojong, E. (2020). Kemampuan menganalisis unsur Intrinsik Teks Cerpen Laki-Laki Sejati Karya Putu Wijaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas Xi Akuntasi SMK Nasional Molompor. Unpublished Skirpsi, Universitas Negeri Manado.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Yrama Widya.
Mamonto, F. M., Lensun, S. F. ., & Aror, S. C. (2022). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214 - 224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Meruntu, O. S., Ratu, D. M., & Mumu, S. E. (2019). Language Options Used By Communities manado Service Language Writingbased On Social Dimensions. Diakses dari http://repository.unima.ac.id:8080/handle/123456789/375.
Muhammad (2016). Metode Penelitian Bahasa. Ar-Aruz Media.
Muhammad, A. (2017). Budaya Anak Muda pada Sastra Populer. UNPAD Press.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
Nurgiyantoro, B. (2014). Stilistika. UGM Press.
Nurhayati, E. (2019). Cipta Kreatif Karya Sastra. Yrama Widya.
Polii, I. J. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Lirik Lagu Minahasa Tei Tei Ra’ar Karya Yan Sundah Kajian Antropolinguistik. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Diakses dan diunduh dari http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1013.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rohmawati, N., Suharto, T., & Meikayanti, E. A. (2020). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen “Filosofi Kopi” Karya Dee Lestari. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(01), 60-65. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i01.6766.
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24. https://doi.org/10.32502/jbs.v5i1.3144.
Setyawan, E., & Suryanto, E. (2022). Analisis Deiksis dalam Cerpen “Jangan Tanyakan tentang Mereka yang Memotong Lidahku” karya Faisal Oddang. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 64-78. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i1.724.
Siburian, T. (2022). Unsur-unsur Instrinsik Cerita Pendek Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-kata Karya Putu Wijaya. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 58-64.
Siregar, H., Sahara, A. I., Sitanggang, J. M., & Barus, F. L. (2021). Analisis Grmatikal pada Cerpen Kopi dan Cinta yang Tak Pernah Mati Karya Agus Noor. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 41-45. Diakases dari https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/102.
Stanton, R. (2007). Teori Fiksi, Terj. Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad. Pustaka Pelajar.
Tifanny, P. H. S., Kusrini, N., & Rosita, D. (2020). Unsur Intrinsik Pada Cerita Pendek Karya Guy De Maupassant dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 3(1).
Zuchdi, D. (1993). Panduan Penelitian Analisis Konten. Lembaga Penelitian IKIP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.