KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP ISI CERPEN ADA YANG MENANGIS SEPANJANG HARI DAN KARTU POS DARI SURGA KARYA AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI TINGKAT SMP

Authors

  • Giska Pobela Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Nontje Jultje Pangemanan
  • Intama Jemy Polii

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.8501

Keywords:

Analisis Struktur Isi, Cerita Pendek, Pembelajaran Sastra, Agus Noor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur cerita pendek Ada Yang Menangis Sepanjang Malam< em> dan Kartu Pos Dari Surga< em> karya Agus Noor serta mengidentifikasi implikasi hasil analisis terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMP Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode struktural genetik Data penelitian berasal dari Ada Yang Menangis Sepanjang Malam< em> dan Kartu Pos Dari Surga< em> karya Agus Noor Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi kepustakaan Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerpen Ada Yang Menangis Sepanjang Malam< em> Agus Noor mengangkat tema kesedihan dengan latar waktu sepanjang hari dan malam serta suasana yang didominasi oleh perasaan sedih dan marah Alur cerita mengikuti pola maju dan gaya bahasa yang digunakan mencerminkan kekhasan penulis Sementara itu dalam cerpen Kartu Pos Dari Surga< em> Agus Noor mengeksplorasi tema kepercayaan seseorang yang mampu mengubah sesuatu yang tampak tidak mungkin menjadi mungkin Alur cerita menggunakan pola maju dan gaya bahasa yang diusung Agus Noor adalah kiasan atau simbol Hasil analisis ini dapat memberikan gambaran tentang proses pelibatan siswa dalam pembelajaran Sastra terutama dalam mengkaji dengan mendalam struktur isi karya sastra Hal ini akan membantu mereka agar dapat meresapi setiap peristiwa yang digambarkan Dengan demikian siswa dapat mengembangkan keterampilan menyimak dan analisis terhadap karya sastra < p>

References

Afrizal 2015 Metode Penelitian Kualitatif PT Rajagrafindo Persada

Ahmasa Putra H S 2006 Strukturalisme Levi Strauss: Mitos dan Karya Sastra Kepel Press

Aminuddin 1987 Pengantar Apresiasi Karya Sastra Sinar Baru

Angginaloy F F Palar W R Pangemanan N J 2021 Nilai Nilai Didaktis dalam Cerpen Guru dan Maaf Karya Putu Wijaya Serta Implikasinya Bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah KOMPETENSI 1 12 956 972

Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Alfabeta

Dewojati C 2010 Wacana Hedonisme dalam Sastra Populer Indonesia Pustaka Belajar

Dewojati C 2015 Sastra Populer Indonesia Gajah Mada University Press

Didaktis dalam Cerpen Guru dan Maaf karya Putu Wijaya serta Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah Universitas Negeri Manado

Endraswara S 2003 Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi Model Teori dan Aplikasi Pustaka Widyatama

Esti I 2013 Pengajaran Sastra Penerbit Ombak

Febriyanto D Suryani S 2020 Analisis Struktural Dan Nilai Moral Kumpulan Cerpen Tuhan Buat Vasty Suntingan Asep Sambodja Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2 1 13 25 https: doi org 10 30599 spbs v2i1 818

Kojong E 2020 Kemampuan menganalisis unsur Intrinsik Teks Cerpen Laki Laki Sejati Karya Putu Wijaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas Xi Akuntasi SMK Nasional Molompor Unpublished Skirpsi Universitas Negeri Manado

Kosasih E 2014 Jenis jenis Teks Yrama Widya

Mamonto F M Lensun S F Aror S C 2022 Analisis Unsur Unsur Intrinsik Dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues 1 3 214 224 https: doi org 10 53682 soculijrccsscli v1i3 2641

Meruntu O S Ratu D M Mumu S E 2019 Language Options Used By Communities manado Service Language Writingbased On Social Dimensions Diakses dari http: repository unima ac id:8080 handle 123456789 375

Muhammad 2016 Metode Penelitian Bahasa Ar Aruz Media

Muhammad A 2017 Budaya Anak Muda pada Sastra Populer UNPAD Press

Nurgiyantoro B 2013 Teori Pengkajian Fiksi UGM Press

Nurgiyantoro B 2014 Stilistika UGM Press

Nurhayati E 2019 Cipta Kreatif Karya Sastra Yrama Widya

Polii I J 2019 Pendidikan Karakter Dalam Lirik Lagu Minahasa Tei Tei Ra ar Karya Yan Sundah Kajian Antropolinguistik Seminar Internasional Riksa Bahasa Diakses dan diunduh dari http: proceedings upi edu index php riksabahasa article view 1013

Rahmadi 2011 Pengantar Metodologi Penelitian Banjarmasin: Antasari Press

Rohmawati N Suharto T Meikayanti E A 2020 Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Filosofi Kopi Karya Dee Lestari Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 8 01 60 65 http: doi org 10 25273 widyabastra v8i01 6766

Sanjaya M D Sanjaya M R Mustika D 2021 Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA Jurnal Bindo Sastra 5 1 19 24 https: doi org 10 32502 jbs v5i1 3144

Setyawan E Suryanto E 2022 Analisis Deiksis dalam Cerpen Jangan Tanyakan tentang Mereka yang Memotong Lidahku karya Faisal Oddang Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7 1 64 78 http: dx doi org 10 28926 briliant v7i1 724

Siburian T 2022 Unsur unsur Instrinsik Cerita Pendek Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata kata Karya Putu Wijaya EUNOIA Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 2 1 58 64

Siregar H Sahara A I Sitanggang J M Barus F L 2021 Analisis Grmatikal pada Cerpen Kopi dan Cinta yang Tak Pernah Mati Karya Agus Noor Jurnal Basataka JBT 4 1 41 45 Diakases dari https: jurnal pbsi uniba bpn ac id index php BASATAKA article view 102

Stanton R 2007 Teori Fiksi Terj Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad Pustaka Pelajar

Tifanny P H S Kusrini N Rosita D 2020 Unsur Intrinsik Pada Cerita Pendek Karya Guy De Maupassant dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis 3 1

Zuchdi D 1993 Panduan Penelitian Analisis Konten Lembaga Penelitian IKIP

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

KAJIAN STRUKTURAL TERHADAP ISI CERPEN ADA YANG MENANGIS SEPANJANG HARI DAN KARTU POS DARI SURGA KARYA AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI TINGKAT SMP. (2025). KOMPETENSI, 4(2), 74 82. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.8501