ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Brigita Tumanduk Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii
  • Oldie S. Meruntu

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.8502

Keywords:

Membaca Pemahaman, Hasil Belajar, Korelasi

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan dalam menjalani proses pendidikan Oleh karena itu kemampuan membaca dan kemampuan memahami bacaan menjadi bagian penting dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan siswa Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemampuan membaca memahami siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA dalam pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Motoling pada bulan September 2023 Sebanyak 178 siswa kelas XI menjadi populasi dalam penelitian ini Melalui teknik Cluster Random Sampling< em> dipilihlah 60 siswa sebagai sampel penelitian Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara hubungan kemampuan membaca memahami siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Hasil uji statistik menunjukkan bahwa angka korelasinya 0 132 gt;0 05 Hasl ini berarti ada korelasi antara kemampuan membaca memahami meski dalam derajat yang sangat rendah Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan membaca mehamami bukanlah satu satunya faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Motoling < p>

References

Abidin Y 2012 Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter Bandung: PT Refika Aditama

Adler M J Van Doren C 2007 Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca A Santoso A P Ajeng Terjemahan Jakarta: PT Indonesia Publishing

Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto S 2012 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman 2014 Belajar dan Pembelajaran Bandung: Alfabeta

Auzar 2013 Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika Murid Murid Kelas 5 Sd 006 Pekanbaru Jurnal Bahas 8 33 38

Dalman 2014 Keterampilan Membaca Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Djamarah S B Zain A 2013 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta

Djiwandono S 2011 Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa Jakarta: Indeks

Doyin M Wagiran 2012 Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah Semarang: SUNNES PRESS

Elvionita Sunarti 2015 Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Se Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakartatahun Pelajaran 2013 2014 Jurnal PGSD Indonesia 1 33 42

Fathonah F S 2016 Penerapan Model Poe Predict Observe Explain Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar 1 1 171 178

Hamalik O 2014 Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara

Imam O A Mastura M A Jamil H 2013 Correlation between Reading Comprehension Skills and Students Performance in Mathematics International Journal of Evaluation and Research in Education IJERE 2 1 8

Ismail I Pabur H E Yasim S Umar U 2023 The Contribution Of Brain Dominance To Reading Skill Of IELTS SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues 3 1 758 766 https: doi org 10 53682 soculijrccsscli v3i1 7534

Joyo A 2018 Gerakan literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal menuju siswa berkarakter Jurnal Kajian Bahasa Sastra Dan Pengajaran KIBASP 1 2 159 170

Laily I F 2014 Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar EduMa 3 52 62

Muhidin S A Abdurahman M 2011 Analisis Korelasi Regresi dan Jalur dalam Penelitian Bandung: Pustaka Setia

Nirmala S D 2019 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Se Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10 2

Priadana M S Sunarsi D 2021 Metode Penelitian Kuantitatif Pascal Books

Purwanto 2014 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahim F 2008 Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar Jakarta: Bumi Aksara

Rifa i A Tri Anni C 2012 Psikologi Pendidikan Semarang: UNNES PRESS

Rokhayati A 2010 Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Kartu Kalimat di Kelas 3 SDN Nyantong Kota Tasikmalaya Jurnal Saung Guru 1 84 88

Romafi Musfiroh T 2015 Hubungan Minat Membaca Fasilitas Orang Tua Dan Pemberian Tugas Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa LingTera 2 185 199

Sani R A 2021 Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum Bumi Aksara

Sari E I Wiarsih C Bramasta D 2021 Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas iv sekolah dasar Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 1 74 82

Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Somadayo S 2011 Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca Yogyakarta: Graha Ilmu

Somadayo S et al 2013 The Effect of Learning Model DRTA Directed Reading Thingking Activity Toward Students Reading Comprehension Ability Seeing from Their Reading Interest Journal of Education and Practice 4 115 122

Sudjana 2005 Metode Statistika Bandung: Tarsito

Sugiyono 2012 Statistika untuk Penelitian Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta

Sukmadinata N S 2013 Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono A 2014 Coperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surono R N Muzakka M 2009 Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Semarang: Fasindo Press

Susilawati T M Suhardi 2016 Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Ketepatan Menemukan Gagasan dengan Keterampilan Membaca Pemahaman LingTera 3 112 121

Tantri A A S 2016 Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi 2 1

Tarigan H G 2008 Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa

Usman R 2015 Penggunaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahamaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 4 105 114

Wahyuni D 2016 Kreativitas Berbahasa dalam Sastra Anak Indonesia Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra 7 2 127 146

Zare P Othman M 2013 The Relationship between Reading Comprehension and Reading Strategy Use among Malaysian ESL Learners International Journal of Humanities and Social Science 3 187 193

Zulela 2012 Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di SD Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA. (2025). KOMPETENSI, 4(2), 83 90. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i2.8502