ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU

SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK

Authors

  • Fila Suhartono Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu Manado State University image/svg+xml
  • Intama J. Polii Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8546

Keywords:

Kajian Pragmatik, Tindak Tutur, Situasi Formal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai jenis dan fungsi tindak tutur yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotaomobagu dalam situasi formal Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Pengumpulan data dilakukan melalui observasi perekaman dan pencatatan lapangan Analisis data melibatkan klasifikasi jenis tindak tutur serta analisis fungsi dari setiap tindak tutur Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotamobagu dengan jumlah responden 25 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu melibatkan penggunaan tindak tutur langsung literal Tindak tutur ini digunakan baik oleh guru maupun siswa dalam situasi formal terutama saat proses pembelajaran di kelas siswa menggunakan tindak tutur langsung literal dalam bentuk memberitakan atau menyatakan deklaratif Fungsi tindak tutur pada siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu adalah: tindak tutur langsung literasi tindak tutur langsung literal memerintah imperatif tindak tutur bertanya interogatif dan tindak tutur memberitakan atau menyatakan deklaratif sedangkan yang digunakan oleh siswa adalah tindak tutur langsung literal memberitaan atau menyatakan deklaratif Tindak tutur tindak langsung literal digunakan oleh guru ketika memerintah Namun perintah disampaikan dengan modus memberitakan atau menyatakan deklaratif < p>

References

Adisusilo S 2013 Pembelajaran Nilai Karakter Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aziza L F Amatullah M N 2020 Praanggapan dan fungsi bahasa pada tuturan tokoh dalam film Dzeeb karya Naji Abu Nowar ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa Sastra dan Budaya Arab 2 2 109 125 https: doi org 10 17509 alsuniyat v2i2 23667

Bawamenewi A 2020 Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran JRPP 3 2 200 208 https: doi org 10 31004 jrpp v3i2 1217

Bogdan R Biklen S 1982 Qualitative research for education Boston: Allyn and Bacon

Devianty R 2017 Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 2 79 101 Diakses dari http: repository uinsu ac id id eprint 6360

Djajasudarma F 2017 Wacana dan Pragmatik Bandung: Refika Aditama

Djojosuroto K Pelenkahu N 2009 Teori Apresiasi dan Pembelajaran Prosa Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Fajra M Jalinus N Jama J Dakhi O 2020 Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik Jurnal Pendidikan 21 1 51 63 https: doi org 10 33830 jp v21i1 746 2020

Hidayat N S 2014 Hubungan berbahasa berpikir dan berbudaya Sosial Budaya 11 2 190 205 http: dx doi org 10 24014 sb v11i2 834

Masril M Dakhi O Nasution T Ambiyar 2020 Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas Edukasi: Jurnal Pendidikan 18 2 182 191 https: doi org 10 31571 edukasi v18i2 1847

Noho F A Al Katuuk K Polii I J 2021 Resepsi Generasi Muda Tentang Nilai Nilai Moral dalam Film Bumi Manusia Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra Jurnal Bahtra 2 2

Nurulia L 2017 Analisis sikap bahasa dan motivasi berbahasa guru bahasa Inggris MTS peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016 Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 5 2 56 74

Poerwati L E 2013 Panduan memahami Kurikulum 2013 Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Purwanto P Tjahjono T 2021 Pendidikan Bahasa dan Sastra Sebagai Pengarakteran Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial 1 2 46 77

Rimbing J Kapoh R J 2020 Tindak tutur anak remaja di kabupaten Minahasa dalam percakapan keluarga dan penilaian kesantunan berbahasa Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia 5 1 43 52 http: dx doi org 10 30870 jmbsi v5i1 8074

Rimbing J Maru M G Tuna J R 2018 October Illocutionary Acts of Minahasans Men and Women in the Family Conversation: A Sociopragmatic Study In 1st International Conference on Social Sciences ICSS 2018 pp 873 877 Atlantis Press https: doi org 10 2991 icss 18 2018 180

Sanggor C P L Luntungan G S Tamboto J H 2023 Analisis Struktural Puisi Sous Les Arbres Karya Victor Hugo KOMPETENSI 3 11 2673 2681 Diaksed dari https: ejurnal unima ac id index php kompetensi article view 7768

Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suryaman M Wiyatmi Pratama A 2012 Puisi Indonesia Yogyakarta: Penerbit Ombak

Suyatno 2012 Menggali Nilai nilai Luhur Budaya Nusantara Dalam Makalah Seminar Internasional Bahasa Sastra dan Budaya Nusantara Program Studi Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Muhamadiya Prof Dr Hamka

Suyitno I 2012 Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal Jurnal pendidikan karakter 3 1 https: doi org 10 21831 jpk v0i1 1307

Syamsuddin A B 2022 Peningkatan Pengetahuan Serta Budaya Berbahasa Indonesia Pada Sdn 015 Pumbejagi Kelurahan Taramanu Kabupaten Polewali Mandar Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1 4 23 30

Wellek R Warren A 2016 Teori Kesusastraan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wirajayadi L Yunus M Suryanirmala N Winata A Haeri Z 2021 Cerminan Budaya Dalam Bahasa Daerah: Sebagai Penanda Identitas Diri Masyarakat Sasak Journal of Innovation Research and Knowledge 1 3 367 372 https: doi org 10 53625 jirk v1i3 206

Yermias E Al Katuuk K Torar S 2023 Analisis Karakteristik Tokoh Utama Dalam Novel Loved You Before I Met You Karya Lina Ramda Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah KOMPETENSI 3 6 2315 2323 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i6 6224

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU: SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK. (2025). KOMPETENSI, 4(3), 156 163. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8546