ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU

SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK

Authors

  • Fila Suhartono Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu Universitas Negeri Manado
  • Intama J. Polii Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8546

Keywords:

Kajian Pragmatik, Tindak Tutur, Situasi Formal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai jenis dan fungsi tindak tutur yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotaomobagu dalam situasi formal. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, perekaman, dan pencatatan lapangan. Analisis data melibatkan klasifikasi jenis tindak tutur, serta analisis fungsi dari setiap tindak tutur. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotamobagu dengan jumlah responden 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu melibatkan penggunaan tindak tutur langsung literal. Tindak tutur ini digunakan baik oleh guru maupun siswa dalam situasi formal, terutama saat proses pembelajaran di kelas, siswa menggunakan tindak tutur langsung literal dalam bentuk memberitakan atau menyatakan (deklaratif). Fungsi tindak tutur pada siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu adalah: tindak tutur langsung literasi tindak tutur langsung literal memerintah (imperatif), tindak tutur bertanya (interogatif) dan tindak tutur memberitakan atau menyatakan (deklaratif), sedangkan yang digunakan oleh siswa adalah tindak tutur langsung literal memberitaan atau menyatakan (deklaratif). Tindak tutur tindak langsung literal digunakan oleh guru ketika memerintah. Namun, perintah disampaikan dengan modus memberitakan atau menyatakan (deklaratif).

References

Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aziza, L. F., & Amatullah, M. N. (2020). Praanggapan dan fungsi bahasa pada tuturan tokoh dalam film Dzeeb karya Naji Abu Nowar. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 2(2), 109-125. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v2i2.23667.

Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 200-208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217

Bogdan R., Biklen S. (1982). Qualitative research for education. Boston: Allyn and Bacon.

Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101. Diakses dari http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6360.

Djajasudarma, F. (2017). Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

Djojosuroto, K., & Pelenkahu, N. (2009). Teori Apresiasi dan Pembelajaran Prosa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 21(1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Hidayat, N. S. (2014). Hubungan berbahasa, berpikir, dan berbudaya. Sosial Budaya, 11(2), 190-205. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v11i2.834.

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Noho, F. A., Al Katuuk, K., & Polii, I. J. (2021). Resepsi Generasi Muda Tentang Nilai-Nilai Moral dalam Film “Bumi Manusia” Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahtra, 2(2).

Nurulia, L. (2017). Analisis sikap bahasa dan motivasi berbahasa guru bahasa Inggris MTS peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(2), 56-74.

Poerwati, L. E. (2013). Panduan memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, P., & Tjahjono, T. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Sebagai Pengarakteran. Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(2), 46-77.

Rimbing, J., & Kapoh, R. J. (2020). Tindak tutur anak remaja di kabupaten Minahasa dalam percakapan keluarga dan penilaian kesantunan berbahasa. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 43-52. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i1.8074

Rimbing, J., Maru, M. G., & Tuna, J. R. (2018, October). Illocutionary Acts of Minahasans Men and Women in the Family Conversation: A Sociopragmatic Study. In 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018) (pp. 873-877). Atlantis Press. https: //doi.org/10.2991/icss-18.2018.180

Sanggor, C. P. L., Luntungan, G. S., & Tamboto, J. H. (2023). Analisis Struktural Puisi Sous Les Arbres Karya Victor Hugo. KOMPETENSI, 3(11), 2673-2681. Diaksed dari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kompetensi/article/view/7768

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M., Wiyatmi, & Pratama, A. (2012). Puisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suyatno. (2012). Menggali Nilai-nilai Luhur Budaya Nusantara. Dalam Makalah Seminar Internasional Bahasa, Sastra, dan Budaya Nusantara. Program Studi Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Muhamadiya Prof. Dr. Hamka.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal pendidikan karakter, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1307.

Syamsuddin, A. B. (2022). Peningkatan Pengetahuan Serta Budaya Berbahasa Indonesia Pada Sdn 015 Pumbejagi Kelurahan Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 23-30.

Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wirajayadi, L., Yunus, M., Suryanirmala, N., Winata, A., & Haeri, Z. (2021). Cerminan Budaya Dalam Bahasa Daerah: Sebagai Penanda Identitas Diri Masyarakat Sasak. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(3), 367-372. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i3.206

Yermias, E., Al Katuuk, K., & Torar, S. (2023). Analisis Karakteristik Tokoh Utama Dalam Novel Loved You Before I Met You Karya Lina Ramda Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah. KOMPETENSI, 3(6), 2315-2323. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i6.6224.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Suhartono, F., Meruntu, O. S., & Polii, I. J. . (2025). ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU: SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK. KOMPETENSI, 4(3), 156-163. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8546