ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU
SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8546Keywords:
Kajian Pragmatik, Tindak Tutur, Situasi FormalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai jenis dan fungsi tindak tutur yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotaomobagu dalam situasi formal Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Pengumpulan data dilakukan melalui observasi perekaman dan pencatatan lapangan Analisis data melibatkan klasifikasi jenis tindak tutur serta analisis fungsi dari setiap tindak tutur Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotamobagu dengan jumlah responden 25 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu melibatkan penggunaan tindak tutur langsung literal Tindak tutur ini digunakan baik oleh guru maupun siswa dalam situasi formal terutama saat proses pembelajaran di kelas siswa menggunakan tindak tutur langsung literal dalam bentuk memberitakan atau menyatakan deklaratif Fungsi tindak tutur pada siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu adalah: tindak tutur langsung literasi tindak tutur langsung literal memerintah imperatif tindak tutur bertanya interogatif dan tindak tutur memberitakan atau menyatakan deklaratif sedangkan yang digunakan oleh siswa adalah tindak tutur langsung literal memberitaan atau menyatakan deklaratif Tindak tutur tindak langsung literal digunakan oleh guru ketika memerintah Namun perintah disampaikan dengan modus memberitakan atau menyatakan deklaratif < p>
References
Adisusilo S 2013 Pembelajaran Nilai Karakter Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aziza L F Amatullah M N 2020 Praanggapan dan fungsi bahasa pada tuturan tokoh dalam film Dzeeb karya Naji Abu Nowar ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa Sastra dan Budaya Arab 2 2 109 125 https: doi org 10 17509 alsuniyat v2i2 23667
Bawamenewi A 2020 Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran JRPP 3 2 200 208 https: doi org 10 31004 jrpp v3i2 1217
Bogdan R Biklen S 1982 Qualitative research for education Boston: Allyn and Bacon
Devianty R 2017 Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 2 79 101 Diakses dari http: repository uinsu ac id id eprint 6360
Djajasudarma F 2017 Wacana dan Pragmatik Bandung: Refika Aditama
Djojosuroto K Pelenkahu N 2009 Teori Apresiasi dan Pembelajaran Prosa Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Fajra M Jalinus N Jama J Dakhi O 2020 Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik Jurnal Pendidikan 21 1 51 63 https: doi org 10 33830 jp v21i1 746 2020
Hidayat N S 2014 Hubungan berbahasa berpikir dan berbudaya Sosial Budaya 11 2 190 205 http: dx doi org 10 24014 sb v11i2 834
Masril M Dakhi O Nasution T Ambiyar 2020 Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas Edukasi: Jurnal Pendidikan 18 2 182 191 https: doi org 10 31571 edukasi v18i2 1847
Noho F A Al Katuuk K Polii I J 2021 Resepsi Generasi Muda Tentang Nilai Nilai Moral dalam Film Bumi Manusia Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra Jurnal Bahtra 2 2
Nurulia L 2017 Analisis sikap bahasa dan motivasi berbahasa guru bahasa Inggris MTS peserta diklat di Balai Diklat Keagamaan Semarang Tahun 2016 Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 5 2 56 74
Poerwati L E 2013 Panduan memahami Kurikulum 2013 Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya
Purwanto P Tjahjono T 2021 Pendidikan Bahasa dan Sastra Sebagai Pengarakteran Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial 1 2 46 77
Rimbing J Kapoh R J 2020 Tindak tutur anak remaja di kabupaten Minahasa dalam percakapan keluarga dan penilaian kesantunan berbahasa Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia 5 1 43 52 http: dx doi org 10 30870 jmbsi v5i1 8074
Rimbing J Maru M G Tuna J R 2018 October Illocutionary Acts of Minahasans Men and Women in the Family Conversation: A Sociopragmatic Study In 1st International Conference on Social Sciences ICSS 2018 pp 873 877 Atlantis Press https: doi org 10 2991 icss 18 2018 180
Sanggor C P L Luntungan G S Tamboto J H 2023 Analisis Struktural Puisi Sous Les Arbres Karya Victor Hugo KOMPETENSI 3 11 2673 2681 Diaksed dari https: ejurnal unima ac id index php kompetensi article view 7768
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Suryaman M Wiyatmi Pratama A 2012 Puisi Indonesia Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suyatno 2012 Menggali Nilai nilai Luhur Budaya Nusantara Dalam Makalah Seminar Internasional Bahasa Sastra dan Budaya Nusantara Program Studi Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Muhamadiya Prof Dr Hamka
Suyitno I 2012 Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal Jurnal pendidikan karakter 3 1 https: doi org 10 21831 jpk v0i1 1307
Syamsuddin A B 2022 Peningkatan Pengetahuan Serta Budaya Berbahasa Indonesia Pada Sdn 015 Pumbejagi Kelurahan Taramanu Kabupaten Polewali Mandar Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi 1 4 23 30
Wellek R Warren A 2016 Teori Kesusastraan Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wirajayadi L Yunus M Suryanirmala N Winata A Haeri Z 2021 Cerminan Budaya Dalam Bahasa Daerah: Sebagai Penanda Identitas Diri Masyarakat Sasak Journal of Innovation Research and Knowledge 1 3 367 372 https: doi org 10 53625 jirk v1i3 206
Yermias E Al Katuuk K Torar S 2023 Analisis Karakteristik Tokoh Utama Dalam Novel Loved You Before I Met You Karya Lina Ramda Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sekolah KOMPETENSI 3 6 2315 2323 https: doi org 10 53682 kompetensi v3i6 6224