PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN

Authors

  • Vena I. Tampemawa Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Johanna Rimbing Manado State University image/svg+xml
  • Soflies M. E. Bingku Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8629

Keywords:

Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Amurang melalui metode tutor sebaya atau peer teaching< em> Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Semester 1 Tahun pelajaran 2023 2024 Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode tutor sebaya dan keterampilan berbicara siswa Penelitian dilakukan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan Teknik pengumpulan data melibatkan observasi dokumentasi dan tes Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I keterampilan berbicara siswa masih rendah dengan nilai rata rata 67 1 atau masuk dalam kategori kurang Namun pada siklus II setelah menerapkan metode tutor sebaya keterampilan berbicara meningkat secara signifikan dengan nilai rata rata mencapai 89 4 atau masuk dalam kategori sangat baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya atau peer teaching< em> efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas XII Akuntansi < p>

References

Alhafiz N 2022 Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru J Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 8 1913 1922 https: doi org 10 53625 jabdi v1i8 946

Ariga W 2022 Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Kabupaten Bungo Skripsi Universitas Jambi Diakses dari https: repository unja ac id id eprint 43371

Basrowi Suwandi 2008 Memahami Penelitian Kualitatif Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi 2017 Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman M 2015 Model Model Pembelajaran Inovatif Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Febianti Y N 2014 Peer teaching tutor sebaya sebagai metode pembelajaran untuk melatih siswa mengajar Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 2

Hamdayama J 2022 Metodologi pengajaran Bumi Aksara

Haris I N 2018 Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 4 01 Diakses dari https: www ejournal unsub ac id index php FKIP article view 191

Kudriyah S 2008 Pengajaran Bahasa Jerman di Indonesia Artikel Ilmiah Universitas Negeri Medan Diakses dari http: digilib unimed ac id id eprint 544

Lackey Cornelison W L Bauler L D Smith J 2020 A comparison of the effectiveness of dissection and prosection on short term anatomic knowledge retention in a reciprocal peer teaching program Advances in Physiology Education 44 2 239 246 https: doi org 10 1152 advan 00031 2020

Lendo S J Widodo H P Fadlilah S Qonnita T R 2023 Cultural representation in German as a foreign language textbook used in Indonesia: A critical social semiotic analysis Foreign Language Annals 56 3 580 599 https: doi org 10 1111 flan 12716

Mahbubah A 2018 Penerapan model Peer Teaching method pada proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab Skripsi Universitas Negeri Malang Diakses dari http: repository um ac id id eprint 11449

Nasution M K 2017 Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11 01 9 16 Diakses dari https: jurnal uinbanten ac id index php studiadidaktika article view 515

Nurgiyantoro B 2010 Penilaian Pembelajaran Bahasa Yogyakarta: BPFE

Nurmiati N Mantasiah R 2017 Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Peer Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 1

Pringgawidagda S 2002 Strategi Penguasaan Berbahasa Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Rosanti D 2018 Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 9 2 1 10 https: dx doi org 10 26418 jpmipa v9i2 26773

Setiawati S M 2018 Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Jurnal Bimbingan Dan Konseling 35 1 31 46

Sotiropoulos M G Karamaroudis S Poulogiannopoulou E Johnson E O 2019 Implementation and evaluation of a near peer teaching program in a Neuroanatomy course for medical students The FASEB Journal 33 S1 601 605 https: doi org 10 1096 fasebj 2019 33 1_supplement 605 1

Zumirah S 2022 Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi pada Keterampilan Berbicara Skripsi UIN Ar Raniry Diakses dari https: repository ar raniry ac id id eprint 24279

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN. (2025). KOMPETENSI, 4(3), 171 179. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8629