PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN

Authors

  • Vena I. Tampemawa Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Johanna Rimbing Universitas Negeri Manado
  • Soflies M. E. Bingku Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8629

Keywords:

Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Amurang melalui metode tutor sebaya atau peer teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Semester 1 Tahun pelajaran 2023/2024. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode tutor sebaya dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berbicara siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 67,1, atau masuk dalam kategori kurang. Namun, pada siklus II, setelah menerapkan metode tutor sebaya, keterampilan berbicara meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 89,4, atau masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya atau peer teaching efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas XII Akuntansi.

References

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946.

Ariga, W. (2022). Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Kabupaten Bungo. Skripsi, Universitas Jambi. Diakses dari https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43371.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Febianti, Y. N. (2014). Peer teaching (tutor sebaya) sebagai metode pembelajaran untuk melatih siswa mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Diakses dari https://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/191.

Kudriyah, S. (2008). Pengajaran Bahasa Jerman di Indonesia. Artikel Ilmiah, Universitas Negeri Medan. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/544.

Lackey-Cornelison, W. L., Bauler, L. D., & Smith, J. (2020). A comparison of the effectiveness of dissection and prosection on short-term anatomic knowledge retention in a reciprocal peer-teaching program. Advances in Physiology Education, 44(2), 239–246. https://doi.org/10.1152/advan.00031.2020.

Lendo, S. J., Widodo, H. P., Fadlilah, S., & Qonnita, T. R. (2023). Cultural representation in German as a foreign language textbook used in Indonesia: A critical social semiotic analysis. Foreign Language Annals, 56(3), 580-599.. https://doi.org/10.1111/flan.12716

Mahbubah, A. (2018). Penerapan model Peer Teaching method pada proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Skripsi, Universitas Negeri Malang. Diakses dari http://repository.um.ac.id/id/eprint/11449.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16. Diakses dari https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurmiati, N., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Pringgawidagda, S. (2002). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–10. https://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.

Sotiropoulos, M. G., Karamaroudis, S., Poulogiannopoulou, E., & Johnson, E. O. (2019). Implementation and evaluation of a near‐peer teaching program in a Neuroanatomy course for medical students. The FASEB Journal, 33(S1), 601–605. https://doi.org/10.1096/fasebj.2019.33.1_supplement.605.1.

Zumirah, S. (2022). Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi pada Keterampilan Berbicara. Skripsi, UIN Ar-Raniry. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24279.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Tampemawa, V. I., Rimbing, J., & Bingku, S. M. E. . (2025). PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN. KOMPETENSI, 4(3), 171-179. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i3.8629