STRATEGI PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK VOKAL DI TINGKAT SMA
SEBUAH STUDI KASUS DI SMA YADIKA LANGOWAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i4.8636Keywords:
Pendekatan Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Seni Musik VokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penerapan model Problem-based Learning (PBL) dalam pembelajaran Seni Musik Vokal di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SMA Yadika Langowan dengan durasi penelitian selama 3 bulan (Mei s.d Juli 2023) pada Kelas XA dan XB. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui model interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem-based Learning (PBL) dalam pengajaran seni musik vokal di SMA Yadika Langowan melibatkan aspek persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, dan konten materi seperti konsep vokal (penyanyian), dasar teknik vokal (termasuk sikap atau posisi tubuh saat menyanyi, latihan pernapasan, artikulasi, dan latihan vokalisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Implikasi dari kontribusi proses pembelajaran terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan program pembelajaran dengan memanfaatkan media dapat efektif memengaruhi hasil belajar siswa.
References
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hills.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. Bumi Karsa
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem-based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303.
Darwis, U. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media IT dan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD 064987 Medan. Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4063.
Hendarwati, E., Nurlaela, L., Bachri, B., & Sa'ida, N. (2021). Collaborative problem-based learning integrated with online learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(13), 29-39.
Hendarwati, E., Nurlaela, L., Bachri, B., & Sa'ida, N. (2021). Collaborative problem-based learning integrated with online learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(13), 29-39.
Hursen, C. (2021). The effect of problem-based learning method supported by web 2.0 tools on academic achievement and critical thinking skills in teacher education. Technology, Knowledge and Learning, 26, 515-533.
Jamalus. (1988). Musik dan Praktek Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV. Titik Terang.
Lapuz, A. M., & Fulgencio, M. N. (2020). Improving the critical thinking skills of secondary school students using problem-based learning. Lapuz, AME, & Fulgencio, MN (2020). Improving the Critical Thinking Skills of Secondary School Students using Problem-Based Learning. International Journal of Academic Multidisciplinary Research, (4), 1, 1-7.
Marwan dan Suardi. (2019). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset
Milles, M. B., dan Hubberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (Alih Bahasa Tetjep Rohendi Rohidi). Universitas Indoneisa
Moust, J., Bouhuijs, P., & Schmidt, H. (2021). Introduction to problem-based learning. Routledge.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199-1209.
Oja, K. J. (2011). Using problem-based learning in the clinical setting to improve nursing students’ critical thinking: an evidence review. Journal of Nursing Education, 50(3), 145-151.
Paul, R., & Elder, L. (2008). Miniatur guide to critical thinking concepts and tools. Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem-based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
Prier, Karl-Edmund. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Purba, J. P. (2003). Pengembangan Dan Implementasi Model Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah. Disertasi. PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada PPS UPI: tidak diterbitkan.
Ridwan, S. (2000). Identifikasi dan Penanggulangan Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Konsep Cahaya di kelas II-G SLTPN 12 Bandung. Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
Roesminingsih dan Susarno, L. H. (2016). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: BINTANG Surabaya
Runi. (2005). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Sains Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Tesis pada PPS UPI: tidak diterbitkan.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press
Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 2(2), 19-237.
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z's critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Indonesia
Widodo, W. (2017). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 14(2), 22-37.
Wijayanto, P. W., Priyatiningsih, N., Herman, H., Sudadi, S., & Saputra, N. (2023). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Early Childhood Abilities in Creative Thinking.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.