STRATEGI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK VOKAL DI TINGKAT SMA
SEBUAH STUDI KASUS DI SMA YADIKA LANGOWAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i4.8636Keywords:
Pendekatan Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Seni Musik VokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penerapan model Problem based Learning< em> PBL dalam pembelajaran Seni Musik Vokal di tingkat SMA Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi Lokasi penelitian adalah SMA Yadika Langowan dengan durasi penelitian selama 3 bulan Mei s d Juli 2023 pada Kelas XA dan XB Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui model interaktif dengan langkah langkah pengumpulan reduksi penyajian dan verifikasi data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem based Learning< em> PBL dalam pengajaran seni musik vokal di SMA Yadika Langowan melibatkan aspek persiapan pembelajaran proses pembelajaran dan konten materi seperti konsep vokal penyanyian dasar teknik vokal termasuk sikap atau posisi tubuh saat menyanyi latihan pernapasan artikulasi dan latihan vokalisi Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa Implikasi dari kontribusi proses pembelajaran terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan program pembelajaran dengan memanfaatkan media dapat efektif memengaruhi hasil belajar siswa < p>
References
Arends R I 2008 Belajar untuk mengajar Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto Sri Mulyantini Soetjipto New York: McGraw Hills
Arikunto S 2009 Prosedur Penelitian Bumi Karsa
Ati T P Setiawan Y 2020 Efektivitas problem based learning problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4 1 294 303
Darwis U 2012 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media IT dan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD 064987 Medan Diakses dari http: digilib unimed ac id id eprint 4063
Hendarwati E Nurlaela L Bachri B Sa ida N 2021 Collaborative problem based learning integrated with online learning International Journal of Emerging Technologies in Learning iJET 16 13 29 39
Hendarwati E Nurlaela L Bachri B Sa ida N 2021 Collaborative problem based learning integrated with online learning International Journal of Emerging Technologies in Learning iJET 16 13 29 39
Hursen C 2021 The effect of problem based learning method supported by web 2 0 tools on academic achievement and critical thinking skills in teacher education Technology Knowledge and Learning 26 515 533
Jamalus 1988 Musik dan Praktek Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru Jakarta: CV Titik Terang
Lapuz A M Fulgencio M N 2020 Improving the critical thinking skills of secondary school students using problem based learning Lapuz AME Fulgencio MN 2020 Improving the Critical Thinking Skills of Secondary School Students using Problem Based Learning International Journal of Academic Multidisciplinary Research 4 1 1 7
Marwan dan Suardi 2019 Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Dua Satria Offset
Milles M B dan Hubberman A M 1992 Analisis Data Kualitatif Alih Bahasa Tetjep Rohendi Rohidi Universitas Indoneisa
Moust J Bouhuijs P Schmidt H 2021 Introduction to problem based learning Routledge
Nazir M 2003 Metode Penelitian Ghalia Indonesia
Nurrohma R I Adistana G A Y P 2021 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 4 1199 1209
Oja K J 2011 Using problem based learning in the clinical setting to improve nursing students critical thinking: an evidence review Journal of Nursing Education 50 3 145 151
Paul R Elder L 2008 Miniatur guide to critical thinking concepts and tools Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press
Pratiwi E T Setyaningtyas E W 2020 Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning Jurnal Basicedu 4 2 379 388
Prier Karl Edmund 2014 Kamus Musik Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Purba J P 2003 Pengembangan Dan Implementasi Model Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Disertasi PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan
Ratnaningsih N 2003 Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Siswa Sekolah Menengah Umum SMU melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Tesis pada PPS UPI: tidak diterbitkan
Ridwan S 2000 Identifikasi dan Penanggulangan Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Konsep Cahaya di kelas II G SLTPN 12 Bandung Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
Roesminingsih dan Susarno L H 2016 Teori dan Praktek Pendidikan Surabaya: BINTANG Surabaya
Runi 2005 Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Sains Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning Tesis pada PPS UPI: tidak diterbitkan
Rusman 2011 Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Rajawali Press
Sadia I W 2008 Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis suatu persepsi guru Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha 2 2 19 237
Seibert S A 2021 Problem based learning: A strategy to foster generation Z s critical thinking and perseverance Teaching and Learning in Nursing 16 1 85 88
Sudjana N 2011 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tohirin 2012 Metode Penelitian Kualitatif dan Bimbingan Konseling PT Raja Grafindo Indonesia
Widodo W 2017 Wujud kenyamanan belajar siswa pembelajaran menyenangkan dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar Jurnal Ilmiah Ar Risalah: Media Ke Islaman Pendidikan Dan Hukum Islam 14 2 22 37
Wijayanto P W Priyatiningsih N Herman H Sudadi S Saputra N 2023 Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Early Childhood Abilities in Creative Thinking