ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN

Authors

  • Jordan Rivaldo Moniung Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Meyny Kaunang Universitas Negeri Manado
  • R. A. Dinar Sri Hartati Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8728

Keywords:

Pembelajaran, Seni Musik, SMP Negeri 1 Tumpaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menggambarkan proses pembelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Tumpaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengungkap temuan lapangan dan menjelaskan data yang terkumpul. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tumpaan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi perekaman. Penelitian ini melalui serangkaian tahapan observasi yang dimulai pada tanggal 02 Februari 2023, dengan menggunakan alat bantu seperti kamera dan perekam suara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Tumpaan menghadapi tantangan terkait sarana dan prasarana yang terbatas. Meskipun demikian, metode pembelajaran yang diterapkan menunjukkan upaya untuk menciptakan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, terdapat ruang bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa secara lebih efektif. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam seni musik.

References

Abdi. (2006). Seni Budaya. Demak: Erlangga.

Alwi, H. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ambriani, M. (2014). Strategi Pembelajaran Seni Musik Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Wates Tahun 2013/2014. Yogyakarta: Skripsi

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik. (2014). Kurikulum & Pembelajaran, Edisi 1 Cetaka Kedua Belas

Jamalus. (1988). Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jakarta: CV Titik Terang.

Listari, A., Imansyah, F., & Marleni, M. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar Terhadap Siswa Kelas V Tahun 2021. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 451-460. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.285.

Luhviati, A. R. Y. (2016). “Penerapan Model Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kabupaten Purbalingga Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.”

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Milles, M.B., dan Hubberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Alih Bahasa Tetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indoneisa

Muhamad, A. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS

Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munib, A. dkk. (2016). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia

Purwanto, A., Widaningrum, I., & Fitri, K. N. (2019). Aplikasi musicroid sebagai media pembelajaran seni musik berbasis android. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 5(1), 78-87. https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7772.

Rianto, Milan. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP

Rifa’i, A & Anni, C. T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Rorintulus, A. S. (2018). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Musik Tradisional di SMP Negeri 2 Motoling. Skripsi, Universitas Negeri Manado

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153-164. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2526.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi ke-2). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputri, D. R. (2013). Proses pembelajaran seni musik bagi siswa tunanetra. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2531.

Savira, D., & Sunaryo, S. (2023). Analisis Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik Kelas VI SDN Pinang 8 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20974-20978. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9594.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Soedarso. (1990). Tinjauan Seni Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Suku Dayar Sana

Soemanto, W. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori& Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar

Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru, Untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan Bimbingan Konseling. PT Raja Grafindo Indonesia

Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Utomo, U. (2013). Analisis kebutuhan guru seni musik dalam konteks pelaksanaan pembelajaran berbasis action learning di sekolah. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i2.2777.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, D. A., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Musik dan Tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(3), 348-355. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i3.692.

Zaelani, K. (2014). Strategi Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Skrispi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari https://core.ac.uk/download/pdf/33516713.pdf.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Moniung, J. R., Kaunang, M., & Sri Hartati, R. A. D. (2025). ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN . KOMPETENSI, 4(6), 357-369. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8728