ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 TUMPAAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8728Keywords:
Pembelajaran, Seni Musik, SMP Negeri 1 TumpaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menggambarkan proses pembelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Tumpaan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengungkap temuan lapangan dan menjelaskan data yang terkumpul Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tumpaan Data dikumpulkan melalui observasi wawancara studi pustaka dan studi perekaman Penelitian ini melalui serangkaian tahapan observasi yang dimulai pada tanggal 02 Februari 2023 dengan menggunakan alat bantu seperti kamera dan perekam suara Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk naratif Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran seni musik di SMP Negeri 1 Tumpaan menghadapi tantangan terkait sarana dan prasarana yang terbatas Meskipun demikian metode pembelajaran yang diterapkan menunjukkan upaya untuk menciptakan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Namun terdapat ruang bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa secara lebih efektif Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam seni musik < p>
References
Abdi 2006 Seni Budaya Demak: Erlangga
Alwi H 2002 Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Jakarta: Balai Pustaka
Ambriani M 2014 Strategi Pembelajaran Seni Musik Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Wates Tahun 2013 2014 Yogyakarta: Skripsi
Djamarah S B 2011 Psikologi Belajar Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik 2014 Kurikulum Pembelajaran Edisi 1 Cetaka Kedua Belas
Jamalus 1988 Musik dan Praktik Perkembangan Buku Sekolah Pendidikan Guru Jakarta: CV Titik Terang
Listari A Imansyah F Marleni M 2022 Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar Terhadap Siswa Kelas V Tahun 2021 Indonesian Research Journal on Education 2 2 451 460 https: doi org 10 31004 irje v2i2 285
Luhviati A R Y 2016 Penerapan Model Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kabupaten Purbalingga Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Majid A 2014 Strategi Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Maleong L J 2009 Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi Bandung: Remaja Rosdakarya
Milles M B dan Hubberman A M 1992 Analisis Data Kualitatif Alih Bahasa Tetjep Rohendi Rohidi Universitas Indoneisa
Muhamad A 2013 Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah Semarang: UNISSULA PRESS
Mulyasa 2015 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munib A dkk 2016 Pengantar Ilmu Pendidikan Semarang: Unnes Press
Nazir M 2003 Metode Penelitian Ghalia Indonesia
Purwanto A Widaningrum I Fitri K N 2019 Aplikasi musicroid sebagai media pembelajaran seni musik berbasis android Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika 5 1 78 87 https: doi org 10 23917 khif v5i1 7772
Rianto Milan 2006 Pendekatan Strategi dan Metode Pembelajaran Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP
Rifa i A Anni C T 2012 Psikologi Pendidikan Semarang: UNNES Press
Rorintulus A S 2018 Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Musik Tradisional di SMP Negeri 2 Motoling Skripsi Universitas Negeri Manado
Rusdewanti P P Gafur A 2014 Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 1 2 153 164 https: doi org 10 21831 tp v1i2 2526
Rusman 2013 Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi ke 2 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sagala S 2003 Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Sanjaya W 2006 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya W 2007 Strategi Pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya W 2008 Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Saputri D R 2013 Proses pembelajaran seni musik bagi siswa tunanetra Harmonia: Journal of Arts Research and Education 13 1 https: doi org 10 15294 harmonia v13i1 2531
Savira D Sunaryo S 2023 Analisis Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik Kelas VI SDN Pinang 8 Kota Tangerang Jurnal Pendidikan Tambusai 7 3 20974 20978 https: doi org 10 31004 jptam v7i3 9594
Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta
Soedarso 1990 Tinjauan Seni Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni Yogyakarta: Suku Dayar Sana
Soemanto W 2003 Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana 2009 Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya
Suprijono A 2015 Cooperative Learning Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suprijono A 2012 Cooperative Learning Teori Aplikasi PAIKEM Surabaya: Pustaka Belajar
Surya M 2013 Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru Untuk Guru Bandung: Alfabeta
Susanto A 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta: Kencana
Tohirin 2012 Metode Penelitian Kualitatif dan Bimbingan Konseling PT Raja Grafindo Indonesia
Usman U 2013 Menjadi Guru Profesional Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Utomo U 2013 Analisis kebutuhan guru seni musik dalam konteks pelaksanaan pembelajaran berbasis action learning di sekolah Harmonia: Journal of Arts Research and Education 13 2 https: doi org 10 15294 harmonia v13i2 2777
Winkel W S 1991 Psikologi Pengajaran Yogyakarta: Media Abadi
Wulandari D A Subekti E E Wardana M Y S 2020 Analisis Nilai Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Musik dan Tari di SD Negeri Candi 01 Semarang DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah 1 3 348 355 https: doi org 10 35473 dwijaloka v1i3 692
Zaelani K 2014 Strategi Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 12 Yogyakarta Skrispi Universitas Negeri Yogyakarta Diunduh dari https: core ac uk download pdf 33516713 pdf