EFEKTIVITAS PERMAINAN MENCOCOKKAN KANJI BERDASARKAN PIKTOGRAF DAN STORY DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KANJI DI SMA NEGERI 7 MANADO

Authors

  • Siti Nur Haliza Makahenggeng Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Sherly F. Lensun Universitas Negeri Manado
  • Ruty J. Kapoh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8735

Keywords:

Pembelajaran Kanji, Piktorgraf dan Story, Media Pembelajaran, Bahasa Jepang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan mencocokkan kanji berdasarkan metode piktograf dan story pada siswa kelas XII Bahasa di SMA Negeri 7 Manado. Metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental digunakan untuk mengukur perubahan dalam pemahaman kanji sebelum dan sesudah perlakuan. Proses penelitian melibatkan 25 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test yang terdiri dari 20 soal. Analisis menggunakan uji-t menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai pre-test (rata-rata 13,44) ke post-test (rata-rata 19,04), dengan peningkatan sebesar 5,6. Hasil uji statistik menunjukkan t-hitung (16,92) yang jauh melebihi t-tabel (1,71), menegaskan penerimaan hipotesis penelitian. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan mencocokkan kanji berdasarkan piktograf dan story efektif dalam meningkatkan pemahaman kanji siswa, serta mendorong motivasi, kreativitas, dan partisipasi dalam proses pembelajaran. Penemuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran huruf kanji yang lebih efektif dan dapat menjadi pedoman bagi peneliti masa depan.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta

Badar, N. J., Lensun, S. F., & Usoh, E. J. (2021). Phyctograf Kanji Dasar Dalam Buku Minna No Nihongo Kanji Edition 1. KOMPETENSI, 1(02), 255-260. https://doi.org/10.36412/kjibs.v9i2.2668.g1494.

Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Dewanty, V. L., Kusrini, D., & Putri, R. A. (2022). Literature Review: Penggunaan komik dalam pembelajaran bahasa asing untuk pengembangan media ajar bahasa Jepang berfokus pada bentuk dan tampilan komik. Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.15294/chie.v10i1.48541.

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113.

Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

Komarudin, R., & Noor, R. R. (2017). Analisis Perancangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Mengenal Bahasa Jepang. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12-20.

Lensun, S. F. (2016). Peningkatan Penguasaan Kanji dengan Met Ode Nemonik melalui Multimedia. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 107-117. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.151.010.

Munqidzah, Z. (2014). Model Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Diponegoro Tumpang. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-32. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/332.

Nelson, A. 2017. Kamus Kanji Modern Jepang Indonesia. Jakarta: Kesaint Blanc Indah.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907.

Padmadewi, N. N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4893.

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.

Saifudin, A. (2017). Penggunaan manga humor dalam pembelajaran bahasa dan penelitian bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(2), 99-113.

Sari, N. L. M., Sadyana, I. W., & Suartini, N. N. (2021). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bulan Palapa Desa Landih Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 7(1), 42-53.

Satriani, F. B., Sutiyarti, U., & Wahyuningsih, R. (2022). Analisis Metode Pembelajaran 4C dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(1), 45-56. https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.41177.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toliwongi, M. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang “Kaiwa’’. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2336-2345.

Usoh, E. J. (2016). Learning Hiragana And Katakana With Mnemonics By Using Digital Tools Application. Teaching and Researching Technology Enhanced Language Learning, 50.

Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif; upaya peningkatan prestasi belajar siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179-194. http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Makahenggeng, S. N. H., Lensun, S. F., & Kapoh, R. J. (2025). EFEKTIVITAS PERMAINAN MENCOCOKKAN KANJI BERDASARKAN PIKTOGRAF DAN STORY DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KANJI DI SMA NEGERI 7 MANADO. KOMPETENSI, 4(6), 390-396. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8735