EFEKTIVITAS PERMAINAN MENCOCOKKAN KANJI BERDASARKAN PIKTOGRAF DAN STORY DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KANJI DI SMA NEGERI 7 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8735Keywords:
Pembelajaran Kanji, Piktorgraf dan Story, Media Pembelajaran, Bahasa JepangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan mencocokkan kanji berdasarkan metode piktograf dan story pada siswa kelas XII Bahasa di SMA Negeri 7 Manado Metode kuantitatif dengan desain pre eksperimental digunakan untuk mengukur perubahan dalam pemahaman kanji sebelum dan sesudah perlakuan Proses penelitian melibatkan 25 siswa yang dipilih secara purposive sampling Data dikumpulkan melalui tes pre test dan post test yang terdiri dari 20 soal Analisis menggunakan uji t menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai pre test rata rata 13 44 ke post test rata rata 19 04 dengan peningkatan sebesar 5 6 Hasil uji statistik menunjukkan t hitung< sub> 16 92 yang jauh melebihi t tabel< sub> 1 71 menegaskan penerimaan hipotesis penelitian Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan mencocokkan kanji berdasarkan piktograf dan story efektif dalam meningkatkan pemahaman kanji siswa serta mendorong motivasi kreativitas dan partisipasi dalam proses pembelajaran Penemuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran huruf kanji yang lebih efektif dan dapat menjadi pedoman bagi peneliti masa depan < p>
References
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Rineka Cipta
Badar N J Lensun S F Usoh E J 2021 Phyctograf Kanji Dasar Dalam Buku Minna No Nihongo Kanji Edition 1 KOMPETENSI 1 02 255 260 https: doi org 10 36412 kjibs v9i2 2668 g1494
Creswell J W 2021 A concise introduction to mixed methods research SAGE publications
Dewanty V L Kusrini D Putri R A 2022 Literature Review: Penggunaan komik dalam pembelajaran bahasa asing untuk pengembangan media ajar bahasa Jepang berfokus pada bentuk dan tampilan komik Chi e: Journal of Japanese Learning and Teaching 10 1 1 10 https: doi org 10 15294 chie v10i1 48541
Fauzi S A Mustika D 2022 Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 4 3 2492 2500 https: doi org 10 31004 jpdk v4i3 5113
Hamdayama J 2022 Metodologi pengajaran Bumi Aksara
Komarudin R Noor R R 2017 Analisis Perancangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Mengenal Bahasa Jepang Jurnal Pilar Nusa Mandiri 13 1 12 20
Lensun S F 2016 Peningkatan Penguasaan Kanji dengan Met Ode Nemonik melalui Multimedia Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 15 1 107 117 https: doi org 10 21009 BAHTERA 151 010
Munqidzah Z 2014 Model Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Diponegoro Tumpang Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 1 1 20 32 Diakses dari https: ejournal unikama ac id index php JIBS article view 332
Nelson A 2017 Kamus Kanji Modern Jepang Indonesia Jakarta: Kesaint Blanc Indah
Nugraha W S 2018 Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning Jurnal Pendidikan Dasar 10 2 115 127 https: doi org 10 17509 eh v10i2 11907
Padmadewi N N 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja JPI Jurnal Pendidikan Indonesia 4 1 https: doi org 10 23887 jpi undiksha v4i1 4893
Primayana K H 2020 Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss HOTS Pada Anak Sekolah Dasar Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 3 2 85 92
Saifudin A 2017 Penggunaan manga humor dalam pembelajaran bahasa dan penelitian bahasa Jepang JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang 2 2 99 113
Sari N L M Sadyana I W Suartini N N 2021 Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja LPK Bulan Palapa Desa Landih Bangli Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 7 1 42 53
Satriani F B Sutiyarti U Wahyuningsih R 2022 Analisis Metode Pembelajaran 4C dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Kelas X Bahasa SMAN 1 Batu Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 8 1 45 56 https: doi org 10 23887 jpbj v8i1 41177
Sugiyono 2014 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Toliwongi M 2021 Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Kaiwa Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6 5 2336 2345
Usoh E J 2016 Learning Hiragana And Katakana With Mnemonics By Using Digital Tools Application Teaching and Researching Technology Enhanced Language Learning 50
Wahid A H Muali C Mutmainnah M 2018 Manajemen kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif; upaya peningkatan prestasi belajar siswa Al Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5 2 179 194 http: dx doi org 10 31958 jaf v5i2 1106