PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII

SEBUAH STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 TOMBULU

Authors

  • Michiko M. C. Waworuntu Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Intama Jemy Polii Universitas Negeri Manado
  • Thelma I. M. Wengkang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i5.8768

Keywords:

Keterampilan menulis, Project-based learning, Teks Deskriptif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas VII di SMPN 1 Tombulu dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Project-based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix-method), yang melibatkan teknik pengumpulan data seperti observasi, tes, dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah tes menulis teks deskripsi, yang menilai ketepatan isi teks, identifikasi, deskripsi bagian, serta kesimpulan atau pesan yang ingin disampaikan. Penelitian ini dilakukan di SMP negeri 1 Tombulu pada bulan Juni 2023, dimana dalam pembelajaran PjBL, guru memberikan tugas menulis teks kepada siswa. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa cenderung menulis tentang aspek keseharian mereka. Tes menunjukkan bahwa 90,4% siswa menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran, sedangkan hasil observasi menunjukkan tingkat keberhasilan pembelajaran sebesar 95,8%, yang dikategorikan sebagai sangat baik. Berdasarkan temuan ini, diharapkan bahwa penggunaan Project-based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

References

Fadly, A., Kartikasari, R. D., & Baihaqi, F. H. (2020, October). Analisis Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34. Diakses dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/412.

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1-22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286.

Jamal, S., Syamsudduha, S., & Taufik, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi, Universitas Negeri Makassar. Diakses dari http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11577.

Munirah, M., & Hardian, H. (2016). Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 78-87. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3064.

Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2011). Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik. Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project-based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 108-117. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741.

Puspitasari, D., Riskiana, R., & Aziz, A. (2012). Kemampuan Siswa Man 2 Pekalongan Dalam Menulis Teks Deskriptif Dan Recount Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan, 9(1), 144-158. Diakses dari http://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/135/.

Putro, A. S. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Index Card Match Materi Teks Deskripsi Kelas VII. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(3), 66-79. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i3.202.

Saragih, J. Y., Girsang, M. L., & Indryani, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 194-205.

Sari, N., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 56-63. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3265.

Sulasih, E. S. (2018). Pengaruh Minat Membaca Karya Sastra dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Novel. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 24-34. https://doi.org/10.47313/pujangga.v2i2.392.

Syaifudin, A., Rokhman, F., & Zulaeha, I. (2017). Pengembangan strategi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran bahasa indonesia jenjang pendidikan dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2(2).

Wahyudi, D. (2016). Pembelajaran ips berbasis kecerdasan intrapersonal interpersonal dan eksistensial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus,1(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5589.

Widyastuti, L., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meringkas Cerita. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 91-100. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9530.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049.

Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Al-Murabbi, 3(2), 263-278. Diakses dari https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1097.

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Waworuntu, M. M. C., Polii, I. J., & Wengkang, T. I. M. (2025). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII: SEBUAH STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 TOMBULU. KOMPETENSI, 4(5), 284-292. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i5.8768