PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII
SEBUAH STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 TOMBULU
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i5.8768Keywords:
Keterampilan menulis, Project-based learning, Teks DeskriptifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa kelas VII di SMPN 1 Tombulu dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Project based Learning< em> PjBL Penelitian ini menggunakan metode campuran mix method yang melibatkan teknik pengumpulan data seperti observasi tes dan wawancara Instrumen tes yang digunakan adalah tes menulis teks deskripsi yang menilai ketepatan isi teks identifikasi deskripsi bagian serta kesimpulan atau pesan yang ingin disampaikan Penelitian ini dilakukan di SMP negeri 1 Tombulu pada bulan Juni 2023 dimana dalam pembelajaran PjBL guru memberikan tugas menulis teks kepada siswa Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa cenderung menulis tentang aspek keseharian mereka Tes menunjukkan bahwa 90 4 siswa menunjukkan minat yang tinggi terhadap pembelajaran sedangkan hasil observasi menunjukkan tingkat keberhasilan pembelajaran sebesar 95 8 yang dikategorikan sebagai sangat baik Berdasarkan temuan ini diharapkan bahwa penggunaan Project based Learning< em> dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa < p>
References
Fadly A Kartikasari R D Baihaqi F H 2020 October Analisis Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Kelas VII In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Vol 2020
Farhurohman O 2017 Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD MI Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar 9 1 23 34 Diakses dari https: ftk uinbanten ac id journals index php primary article view 412
Inggriyani F Pebrianti N A 2021 Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7 01 1 22 https: doi org 10 36989 didaktik v7i01 175
Irawati R Santaria R 2020 Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3 2 264 270 https: doi org 10 30605 jsgp 3 2 2020 286
Jamal S Syamsudduha S Taufik M 2018 Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa Skripsi Universitas Negeri Makassar Diakses dari http: eprints unm ac id id eprint 11577
Munirah M Hardian H 2016 Pengaruh kemampuan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa SMA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 16 1 78 87 https: doi org 10 17509 bs_jpbsp v16i1 3064
Nurjamal D Sumirat W Darwis R 2011 Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik Memandu Acara MC Moderator dan Menulis Surat Penerbit Alfabeta Bandung
Perayani K Rasna I W 2022 Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project based Learning PjBL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11 1 108 117 https: doi org 10 23887 jurnal_bahasa v11i1 741
Puspitasari D Riskiana R Aziz A 2012 Kemampuan Siswa Man 2 Pekalongan Dalam Menulis Teks Deskriptif Dan Recount Bahasa Inggris Jurnal Pendidikan 9 1 144 158 Diakses dari http: e journal uingusdur ac id index php Penelitian article view 135
Putro A S 2023 Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Index Card Match Materi Teks Deskripsi Kelas VII Atmosfer: Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Seni Budaya dan Sosial Humaniora 1 3 66 79 https: doi org 10 59024 atmosfer v1i3 202
Saragih J Y Girsang M L Indryani N 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732 Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia 7 2 194 205
Sari N Kusmana A Kuntarto E 2020 Strategi Menangani Kesulitan Menulis Disgrafia Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 1 56 63 https: doi org 10 19105 ghancaran v2i1 3265
Sulasih E S 2018 Pengaruh Minat Membaca Karya Sastra dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Novel Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra 2 2 24 34 https: doi org 10 47313 pujangga v2i2 392
Syaifudin A Rokhman F Zulaeha I 2017 Pengembangan strategi pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran bahasa indonesia jenjang pendidikan dasar Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 2 2
Wahyudi D 2016 Pembelajaran ips berbasis kecerdasan intrapersonal interpersonal dan eksistensial Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus 1 1 https: doi org 10 31949 educatio v9i3 5589
Widyastuti L Iswara P D 2017 Penerapan Metode Pantau Pangkas Padukan Panggil 4P untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meringkas Cerita Jurnal Pena Ilmiah 2 1 91 100 https: doi org 10 23819 jpi v2i1 9530
Wulandari Y Purwanto W E 2017 Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 2 162 172 https: doi org 10 22202 jg 2017 v3i2 2049
Yusuf W F 2018 Implementasi Kurikulum 2013 K 13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar SD Jurnal Al Murabbi 3 2 263 278 Diakses dari https: jurnal yudharta ac id v2 index php pai article view 1097