STRATEGI PEMBELAJARAN ALAT MUSIK KOLINTANG PADA GRUP PRIMA VISTA LEMBEAN
SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8855Keywords:
Metode Pembelajaran, Musik Kolintang, Grup Prima Vista LembeanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menggambarkan strategi pembelajaran musik kolintang yang diterapkan di Grup Prima Vista Lembean serta mengidentifikasi metode metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut Pendekatan kualitatif dan deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendalami fenomena pembelajaran musik kolintang dan memberikan gambaran yang komprehensif tentang topik penelitian Penelitian dilakukan di desa Lembean Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara selama dua bulan dengan melibatkan observasi wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data Analisis data menggunakan analisis data interaktif yang melibatkan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat metode pembelajaran ceramah demonstrasi latihan dan tutoring terintegrasi dengan baik dalam pembelajaran musik kolintang di Grup Prima Vista Lembean Jadwal pembelajaran yang terstruktur membantu memaksimalkan pembelajaran bagi anggota grup Faktor pendukung pembelajaran meliputi ketersediaan alat musik tempat latihan keberadaan pelatih yang kompeten dan minat anggota untuk belajar Namun faktor faktor seperti kurangnya pemahaman tentang irama dan kesulitan menentukan akord menjadi penghambat dalam pembelajaran Pembahasan strategi pembelajaran mencakup kegiatan pendahuluan penyampaian informasi partisipasi anggota evaluasi melalui praktik langsung dan kegiatan lanjutan Dengan demikian penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pembelajaran musik kolintang dan menyediakan panduan bagi penelitian selanjutnya dalam pengembangan musik kolintang < p>
References
Aji F A S 2013 Pembelajaran Ekstrakurikuler Alat Musik Kolintang di SD Fransiskus III Kampung Ambon Jakarta Timur Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta Diakses dari http: eprints uny ac id id eprint 19698
Apouw A I Sampe T A G S 2020 Strategi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Upaya Pelestarian Warisan Budaya Daerah Kota Tomohon Studi Kasus Budaya Bahasa Tombulu Dan Mapalus Politico: Jurnal Ilmu Politik 9 3 Diakses dari https: ejournal unsrat ac id v3 index php politico article view 31178
Arikunto S 1998 Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT Rineka Cipta
David J R 1976 Teaching Strategies for College Class Room P3G
Djohan 2016 Psikologi Musik Yogyakarta: Penerbit Indonesia Cerdas
Hamruni 2012 Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Insan Madani
Hendrik N Goni S Y Pongoh H W 2016 Pelestarian Musik Kolintang Di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Acta Diurna Komunikasi 5 5 Diakses dari https: ejournal unsrat ac id v3 index php actadiurnakomunikasi article view 14279
Jamalus 1988 Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik Jakarta: Depdikbud
Joseph W 2008 Akustik dan Organologi Hand Out Semarang: FBS UNNES
Latuni G Rattu J Loho A Saroinsong S Windewani M 2023 Kolintang Symbolic Construction of The Union Odd Numbers Three in Socio Cultural Meaning of Minahasa Community Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya 7 1 36 45 https: doi org 10 24114 gondang v7i1 47595
Lolong R G Rumengan P Dumais F E 2021 Penerapan Style Dalam Orkestrasi Ansambel Musik Kolintang Kayu Minahasa KOMPETENSI 1 02 289 301
Margono 1996 Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta
Maryam Siti dkk 2008 Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya Jakarta: Salemba Medika
Milles M M Huberman A M 1992 Analisis Data Kualitatif Terjemahan T Rehendi Rohidi Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong L J 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung
Nazir M 2003 Metode Penelitian Ghalia Indonesia
Parengkuan F E 1984 Nelwan Katuuk dan seni musik kolintang Minahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Petrus K 2013 Buku Panduan Kolintang Jakarta
Rumengan P Hartati D S 2020 Transmutasi Satu Proses Lahirnya Genre Musik Baru; Studi Tentang Kelahiran Ansambel Musik Kolintang Kayu Satu Genre Musik di Minahasa Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik 1 2 1 12 https: doi org 10 51667 cjmpm v1i2 346
Sanjaya W 2006 Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Jakarta: Kencana
Saputra A D 2018 Strategi Pembelajaran Musik Kolintang pada Grup Bapontar Ladies di Sanggar Bapontar Jakarta Skripsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta Diakses dari http: digilib isi ac id id eprint 3082
Soputan F A 2020 Aransemen Musik Populer dalam Ansambel Musik Kolintang Kayu Minahasa Urban: Jurnal Seni Urban 4 1 43 60 https: doi org 10 52969 jsu v4i1 63
Sudiyatsih 2000 Perancangan Teknik Bermain Ansambel Kolintang Sebagai
Media Apresiasi Musik Bagi Pemula Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Diakses dari http: opac isi ac id index php?p=show_detail id=24557
Sudjana 1988 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Titik Terang
Sugiyono 2010 Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Syaiful B Aswan Z 2006 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta