ANALISIS NILAI MORAL DALAM LIRIK LAGU UNTUK KITA RENUNGKAN KARYA EBIET G. ADE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/kompetensi.v4i6.8929Keywords:
Nilai Moral, Moralitas, Lirik Lagu, Ebiet G. Ade, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam lagu Untuk Kita Renungkan karya Ebiet G. Ade dan mengidentifikasi implikasi nilai moral tersebut dalam pembentukan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dikumpulkan dari lirik lagu dan berbagai sumber kepustakaan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu ini mengandung nilai moral yang mendalam tentang menyucikan diri, meninggalkan perbuatan yang tidak baik, memiliki kekuatan hati, dan berbenah diri. Selain itu, lagu ini juga menyampaikan pesan tentang pentingnya tidak menghakimi orang lain, memiliki kesadaran diri bersama, dan menyadari kemahakuasaan Tuhan. Dalam konteks teori moralitas, terdapat aspek moralitas heteronom dan otonom yang tercermin dalam lirik lagu ini. Kesimpulannya, lagu Untuk Kita Renungkan bukan hanya sebuah karya seni musik, tetapi juga sebuah medium yang menginspirasi pendengarnya untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan nilai-nilai kebaikan yang terinternalisasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam dua hal. Pertama, sebagai bahan referensi bagi pembelajaran sastra di sekolah, khususnya dalam pembentukan karakter siswa. Kedua, sebagai pedoman bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut dalam bidang ini.
References
Antari, L.P.S.,& De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687.
Calista, R., & Mayar, F. (2021). Pendidikan Moral Anak Usia Dini yang Bernilaikan Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9907-9911.
Endraswara, S. (2023). Seksologi Sastra Konsep, Teori, dan Terapan.Eureka Media Aksara.
Fadlillah, M. (2023, May). Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan-permainan edukatif. “In Prosiding Seminar Nasional and Cal For Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponogoroh.
Febriani, N. R., Laila, A., & Damariswara, R. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Lirik Lagu Karya AT Mahmud Pada Buku Siswa Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 901-908.
Gusmian, I. (2024). Filsafat Moral Immanuel Kant: Suatu Tinjauan Paradigmatik. Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 11(2), 57-66.
Istiana, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasiula dilingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara, 19.1
Kant, I. (1949). The Philosophy of Immanuel Kant. New York: Modern Library.
Lase, F., & Halawa, N. (2022). Mendidik Peserta Didik Dengan Nilai Nilai Karakter Cerdas Jujur. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 190-206.
Melati, I. K., Iswatiningsih, D., & Zahidi, M. K. (2023). Pesan moral pada lirik lagu Kanjuruhan karya Iwan Fals. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 29-40.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57.
Nurhuda, A. (2022). Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Aku Bukan Jodohnya Karya Tri Suaka. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 17-23.
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-127.
Pane, R. N., & Sihotang, M. A. I. (2022, February). Etnomatematika Pada Rumah Bolon Batak Toba. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 384-390).
Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Model Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 2019, 1.1.
Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1-15.
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.
Rahmawati, W., Asbari, M., & Cahyono, Y. (2023). Nilai Moral dan Etika: Perspektif Emile Durkheim. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 12-16.
Siswanto, W., Kholidah, L. N., & Widjaja, S. U. M. (2010). Membentuk kecerdasan spiritual anak.
Winerugan, S., Lintjewas, J., & Polii, I. J. (2021). Nilai Sosial Budaya yang Terkandung dalam Cerita Rakyat Minahasa yang Berjudul Lipan dan Konimpis. Jurnal Bahtra, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KOMPETENSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.